Beranda News Kenali Penyebab Dispenser Bocor Agar tidak Panik

Kenali Penyebab Dispenser Bocor Agar tidak Panik

108
0

Setiap benda atau peralatan elektronik pasti memiliki masa pakai tertentu. Sebaik apapun produk tersebut, suatu saat pasti akan mengalami kerusakan. Hanya saja, kapan waktunya? Itu sangat bergantung pada cara pemakaian dan perawatan.

Dispenser adalah salah satu peralatan elektronik rumah tangga yang cukup populer, sehingga tak mengherankan apabila kita bisa dengan mudah menemukannya di rumah-rumah.

Fungsinya yang sangat membantu dalam memperoleh air minum terutama bagi mereka yang mengandalkan air isi ulang atau terbiasa membeli air mineral galonan. Keberadaan dispenser pasti akan sangat membantu.

Tidak hanya memudahkan kita mengambil air minum disaat butuh, dispenser dewasa ini juga semakin banyak fungsinya. Tidak sedikit diantaranya yang dilengkapi dengan fungsi pemanas dan juga pendingin air.

Bagi Anda yang berniat untuk membeli dispenser. Agar tak salah pilih, ada baiknya Anda membaca artikel yang telah kami tulis mengenai beberapa pilihan merk dispenser terbaik yang awet dan kaya fitur.

Baca Juga: 7 Merk Dispenser Terbaik yang Awet dan Kaya Fitur

Seperti yang telah diungkapkan di atas, setiap benda pasti memiliki masa pakai sehingga suatu saat bisa mengalami kerusakan. Begitu juga dengan dispenser. Peralatan elektronik rumah tangga yang satu ini bisa saja mengalami kerusakan berupa: kebocoran, sistem pemanas atau pendingin tidak bekerja, atau bisa juga air tidak mengalir pada saat keran dibuka.

Dari sekian banyak masalah yang kerap ditemukan pada dispenser, kebocoran adalah salah satunya. Apa penyebab dispenser bocor dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab dispenser bocor di bagian kran

Kerusakan engsel keran

Bagian dispenser yang paling sering mengalami masalah adalah keran. Tidak mengherankan, karena keran setiap hari selalu digunakan untuk menuangkan air.

Karena setiap hari digunakan, maka lambat laun engsel keren bisa saja longgar dan patah. Hal ini akan menyebabkan keran tidak lagi dapat menghentikan air, sehingga air yang ada di dispenser akan terus-menerus mengalir.

Kerusakan pada stopper

Sedangkan penyebab yang kedua bisa karena, stopper pada keran sudah mulai aus sehingga air tetap bisa mengalir keluar sekalipun dalam bentuk tetesan-tetesan kecil.

Namun walaupun hanya tetesan-tetesan kecil, tentu saja kebocoran tersebut tetap perlu diatasi agar air tidak terus-menerus mengalir hingga menyebabkan air jadi mudah habis.

Cara mengatasi dispenser bocor akibat keran yang rusak sebenarnya cukup mudah. Salah satu cara yang paling direkomendasikan adalah dengan mengganti keran tersebut.

Tidak perlu khawatir, karena banyak sekali toko online yang menjual kran dispenser dengan harga murah, yang pilihannya bisa Anda sesuaikan dengan tipe dan merk dispenser masing-masing.

Harga kran dispenser di toko online rata-rata cukup terjangkau dan pilihannya sangat beragam. Agar tak salah beli, pastikan Anda memperhatikan dua poin berikut ini:

  • Sebisa mungkin, carilah keran dispenser sesuai dengan merk serta tipe dispenser yang Anda gunakan. Jika tidak menemukannya,
  • Belilah keran dispenser yang kira-kira sama. Hanya saja, perhatikan ukuran bagian ulir dan penyangga. Pastikan ukurannya tepat dan tidak kekecilan atau kebesaran.

Di bagian atas telah dijelaskan bahwa salah satu penyebab kran dispenser bocor adalah karena pemakaian yang terus-menerus sehingga menyebabkan keran tersebut mengalami keausan atau kerusakan. Untuk meminimalisir kerusakan, pastikan Anda menggunakan keran dispenser secara hati-hati.

Baca Juga: Macam-macam Dispenser serta Kelebihan dan Kekurangannya

Walau demikian, tentu akan sangat sulit untuk menghindari kerusakan apabila yang memakainya adalah anak-anak. Selain mengajarkan mereka cara menggunakan dispenser yang baik, Anda juga perlu mempertimbangkan membeli dispenser yang bagus dan berkualitas.

Saat ini semakin banyak kita jumpai dispenser yang telah dibekali dengan tombol elektronik. Sehingga, alih-alih membuka/tutup keran secara manual, kita bisa mengambil air minum dari dispenser hanya dengan menekan tombol saja.

Pilihan dispenser ini tentu saja harganya lebih mahal. Akan tetapi, kualitas dan fitur yang akan kita dapatkan pun akan setara dengan harganya tersebut. Disamping lebih awet, dispenser seperti ini biasanya telah dibekali dengan berbagai teknologi canggih yang akan memudahkan kita serta memberikan keamanan apabila dispenser tersebut kerap digunakan oleh anak kecil.

Kebocoran pada galon

Apabila suatu saat Anda menjumpai air yang merembes pada bodi dispenser, terlebih dahulu periksa galon yang Anda pasang. Apakah galon tersebut mengalami keretakan atau tidak?

Apabila galon retak, segera ganti galon tersebut dengan galon yang baru. Karena kebocoran pada galon umumnya sangat sulit diperbaiki.

Kebocoran pada corong galon atau selang

Kebocoran pada corong galon dispenser umumnya dialami oleh dispenser galon atas (top loading dispenser). Kerusakan ini sering diakibatkan karena kita kurang hati-hati saat mengganti galon.

Untuk menghindarinya, ada baiknya penggantian galon dilakukan oleh orang yang punya tenaga cukup kuat. Dan sebelum mengganti galon, biasakan membersihkan dan mengeringkan tangan agar tidak licin sehingga galon tidak akan terlepas dari tangan saat proses penggantian berlangsung.

Selain corong, bagian yang juga bisa mengalami kebocoran adalah bagian selang. Sekalipun sangat jarang terjadi, kebocoran pada selang relatif mudah diatasi. Jika selang mengalami kebocoran, sebisa mungkin hindari menambal kebocoran tersebut menggunakan selotip atau yang sejenisnya.

Baca Juga: Penyebab Air Dispenser Tidak Panas dan Cara Memperbaikinya

Sebaliknya, sangat disarankan untuk mengganti selang yang bocor dengan selang baru. Sama seperti keran dispenser, selang dispenser juga bisa dengan mudah Anda jumpai dan beli di toko online, harganya pun relatif terjangkau.

Dapatkan konten menarik lainnya dengan follow akun sosial media kami.

Instagram : @Dutaserviceac | FP Facebook : Duta Jaya Technic – Professional Service

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.