Beranda Artikel Inilah Penyebab Air Dispenser Panas Semua dan Solusinya

Inilah Penyebab Air Dispenser Panas Semua dan Solusinya

4183
0
air dispenser panas semua

Air dispenser panas semua memang bukan kerusakan yang cukup fatal. Namun bagi pengguna yang awam, tentu ini cukup membuatnya bingung sehingga mencari tahu kenapa itu bisa terjadi.

Walaupun bukan masalah yang serius, tetap saja ini adalah sebuah kerusakan yang biasa terjadi pada dispenser dan tentunya bisa diperbaiki.

Seperti yang kita ketahui, umumnya dispenser memiliki dua kran, satu untuk air panas dan satu untuk air normal. Namun adanya juga yang menggunakan tiga kran untuk jenis dispenser panas dingin, yaitu dua kran untuk air panas dan dingin, sedangkan satunya lagi untuk air biasa.

Lalu, apa sih penyebab air dispenser panas semua? Hal ini biasanya disebabkan oleh satu komponen yang sudah tidak bekerja dengan normal, dalam kata lain sudah rusak.

Komponen tersebut adalah bimetal ( thermodis, otomatis suhu, alat yang bisa mendeteksi suhu panas ) atau apa terserah kita menyebutnya. Intinya sebuah alat yang bisa membaca suhu panas.

Apa itu bimetal?

Bimetal dispenser

Bimetal adalah sebuah alat yang terbuat dari logam dan besi dan berfungsi untuk mendeteksi suhu panas. Sehingga, bimetal juga bisa disebut thermoter, atau jika pada dispenser sering disebut thermostat / thermodis.

Jika pada dispenser, alat ini digunakan sebagai alat untuk men-deteksi panas pada tabung pemanas agar tidak terjadi overheat.

Posisinya menempel pada tabung, biasanya ada yang di baut tapi ada juga yang diikat menggunakan kawat. Pada satu dispenser ada yang menggunakan dua bimetal, dan ada juga yang menggunakan satu thermodis.

Ukurannya ada yang 90ºC, 85ºC atau juga yang 150ºC, namun yang biasanya sering kami temui yaitu 90ºC.

Baca Juga: Penyebab Air Dispenser Tidak Keluar dan Solusinya

Cara kerja bimetal pada dispenser

Berikut ini kami coba jelaskan cara kerja bimetal pada sistem instalasi dispenser.

Untuk memproses air panas, dispenser umumnya menggunakan tiga komponen utama, yakni tabung, elemen panas, dan bimetal.

Pertama arus listrik akan melewati bimetal sebelum akhirnya ke elemen panas, kemudian setelah elemen memproses memanaskan air di dalam tabung sampai pada titik suhu tertentu, misalnya 90ºC maka bimetal akan memutus arus yang ke elemen panas.

Lalu, setelah air di dalam tabung mulai dingin, yaitu panasnya kurang dari 90ºC maka bimetal akan menyambung lagi sehingga arus listrik akan masuk ke elemen dan proses memanaskan air pun kembali terjadi.

Jadi, intinya jika air yang ada di dalam tabung sudah mencapai suhu 90ºC atau 150ºC (tergantung ukuran yang dipakai bimetal), maka bimetal akan memutus arus listrik.

…dan akan menyambungkan arus listrik lagi jika air di dalam tabung pemanas sudah mulai dingin atau kurang dari 90ºC atau 150ºC.

Sehingga jika bimetal ini rusak, biasanya sudah tidak bisa mendeteksi panas yang akhirnya elemen memproses air panas secara terus menerus, dan akhirnya air panas sampai ke tabung air dingin.

Tentu ini menyebabkan air yang ada di tabung air dingin juga ikut panas, sehingga jika kedua kran dispenser baik yang panas atau dingin dibuka, air yang keluar akan panas semua.

Baca Juga: Kenali Penyebab Dispenser Bocor Agar tidak Panik

Langkah-langkap memperbaiki air dispenser yang panas semua

Untuk memperbaiki dispenser yang kedua krannya mengeluarkan air panas semua cukup mudah, karena sudah bisa dipastikan ini masalahnya ada di bimetal-nya.

Berhubung harga bimetal ini relatif murah, kita bisa langsung menggantinya dengan yang baru.

Pertama bongkar dulu dispenser tersebut, kemudian temukan di mana bimetal itu berada. Umumnya menempel pada tabung air panas yang letaknya di dalam dispenser bagian bawah.

Pada dispenser tertentu ada yang langsung kelihatan, namun ada juga yang tidak karena tertutup alumunium foil. Silakan cari saja sampai ketemu, kemudian jika sudah ketemu bawa bimatel tersebut sebagai contoh ke toko spare part elektronik.

Pastikan Anda menggantinya dengan ukuran yang sama, misalnya bimetal bawaannya menggunakan size 90ºC, maka silakan ganti dengan ukuran tersebut.

Nah, sampai di ini tentu rasa panasaran Anda kenapa air dispenser panas semua sudah terpecahkan, bukan? Sekarang gentian silakan share artikel ini agar bermanfaat untuk teman dan orang-orang di sekitar Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.