Beranda HVACR Kelebihan Kulkas Inverter Dibanding Kulkas Standar

Kelebihan Kulkas Inverter Dibanding Kulkas Standar

54
0

Kelebihan kulkas inverter, Di era persaingan yang ketat seperti sekarang ini, kulkas bukan lagi dipandang sebagai barang mewah melainkan, sebuah kebutuhan yang bisa membantu meningkatkan produktivitas.

Keberadaan kulkas di rumah bisa memangkas biaya serta membantu menghemat waktu. Pasalnya, kulkas, terutama yang dilengkapi dengan freezer dapat digunakan untuk menyimpan berbagai jenis makanan mentah maupun makanan siap saji agar tak mudah basi atau rusak.

Tidak seperti peralatan elektronik lainnya di rumah, kulkas atau yang sering kita sebut sebagai lemari es selalu beroperasi 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Itu artinya, peralatan ini akan akan mengkonsumsi banyak daya sehingga tagihan listrik jadi tinggi.

Baca Juga: 7+ Merk Kulkas yang Paling Direkomendasikan Karena Kelebihannya

Di dalam sebuah lemari es terdapat berbagai macam komponen. Dari sekian banyak komponen yang ada, salah satu yang paling penting adalah kompresor. Fungsinya adalah untuk mendinginkan dan menjaga suhu di dalam lemari es.

Berbagai penelitian dan inovasi pun dilakukan oleh para produsen untuk menghasilkan sebuah kulkas dengan kompresor yang hemat daya dan tahan lama. Salah satu hasil inovasi teknologi terbaru adalah kompresor inverter, yang dianggap lebih efisien dan hemat energi dibandingkan kulkas model konvensional yang perlahan namun pasti mulai ditinggalkan.

Apa perbedaan antara kompresor standar dan kompresor inverter?

Peran utama kompresor adalah untuk membantu mendinginkan dan mengatur suhu di dalam kulkas. Kompresor juga bisa membantu menghilangkan panas di dalam kulkas sehingga makanan yang tersimpan seperti sayuran, minuman, hingga buah-buahan akan tetap segar dan tahan lebih lama.

Kompresor kulkas standar atau kulkas konvensional berputar pada kecepatan yang konstan atau tetap antara 1.100 s/d 3.600 rpm. Kompresor ini bekerja mengikuti logika on-off sederhana.

Setelah dihidupkan dan kulkas telah mencapai suhu sesuai dengan settingan, maka kompresor akan otomatis mati. Apabila suhu di dalam kulkas naik, secara otomatis pula kompresor akan hidup kembali dan untuk menurunkan suhu.

Baca Juga: 7 Pilihan Kulkas Inverter Terbaik 2019 Harga 5 Jutaan

Ketika hidup (on), kompresor akan langsung bekerja dengan kemampuan 100%, sekalipun penyesuaian suhu yang dibutuhkan di dalam kulkas mungkin hanya membutuhkan kinerja 50% saja. Inilah yang menyebabkan mengapa kulkas model non-inverter sangat boros listrik, panas, serta berisik.

Sebaliknya, kompresor inverter digital pada lemari es modern, bekerja secara dinamis sesuai dengan kebutuhan. Kompresor tersebut bisa melambat atau sebaliknya, tergantung kebutuhan pendinginan di dalam kulkas.

Dan tidak seperti kompresor standar yang setiap kali hidup akan selalu berjalan pada kinerja puncak (100%) dan mati (0%) apabila suhu sudah sesuai dengan settingan, kompresor inverter digital justru akan terus hidup. Motor kompresor hanya berputar pada kecepatan yang dibutuhkan saja. Yakni, sekedar mempertahankan suhu agar tidak naik. sehingga suhu di dalam kulkas tetap stabil.

Keunggulan kulkas inverter dibandingkan kulkas standar

1. Hemat energi

Kelebihan kulkas inverter yang utama sudah pasti terletak pada kemampuannya dalam menghemat daya listrik. Sebuah kulkas dengan kompresor inverter digital seperti merek Samsung, bisa menghemat energi listrik hingga 46% dibandingkan dengan kulkas yang menggunakan kompresor standar.

2. Mengurangi efek rumah kaca

Selain hemat energi dan bisa menyelamatkan lingkungan, teknologi inverter ini juga memberikan kontribusi dalam mengurangi efek gas rumah kaca.

Baca Juga: Panduan Merawat dan Menjaga Lemari Es agar Tetap Awet

Seperti yang kita tahu, efek rumah kaca dapat menyebabkan lapisan ozon semakin menipis sehingga bumi pun akan terasa lebih panas, khususnya ketika musim panas atau musim kemarau tiba.

3. Suhu di dalam kulkas lebih stabil

Dibandingkan dengan model standar, kulkas inverter bisa menghasilkan suhu di dalam kulkas yang lebih stabil dan konstan. Sehingga makanan akan lebih terjaga dan tidak mudah rusak. Rata-rata, suhu fluktuatif sebuah kulkas inverter tidak lebih dan tidak kurang dari 0,5° Celcius.

Karena suhu udara yang didapat lebih konstan dan stabil, maka tak mengherankan apabila model inverter bisa mengurangi tagihan listrik juga bisa mengurangi pemborosan. Karena makanan-makanan yang disimpan di dalam sebuah kulkas inverter akan lebih awet dan tidak mudah basi.

4. Lebih kuat dan tahan lama

Cara kerja kompresor inverter digital yang bisa berangsur-angsur melambat dan sebaliknya bisa meningkatkan kecepatan secara bertahap membuat kinerja motor kompresor jadi lebih halus.

Kondisi tersebut memungkinkan motor kompresor bertahan lebih lama sehingga tak mengherankan apabila banyak produsen kulkas yang berani menawarkan garansi hingga 10 tahun.

5. Tidak Berisik

Begitu hidup dan secara tiba-tiba langsung bekerja pada performa puncak membuat kulkas non-inverter (standar) terdengar sangat bising. Sebaliknya, karena bisa meningkatkan kecepatan secara perlahan hingga mencapai performa yang dibutuhkan, membuat lemari es inverter cenderung lebih senyap (nyaris tanpa suara).

Baca Juga: Kebiasaan Sepele yang Dapat Menyebabkan Kulkas Cepat Rusak

Suaranya yang tidak berisik tentu saja sangat menguntungkan dan bisa memberikan comfortable feeling yang lebih baik sekalipun kulkas diletakkan di ruang tamu atau di kamar tidur.

6. Tidak ada energi yang terbuang sia-sia

Seperti yang telah disampaikan di atas, kompresor pada kulkas konvensional begitu hidup akan langsung berputar pada kecepatan maksimal. Karena harus langsung bekerja pada kondisi puncak (100%), maka kompresor standar membutuhkan daya yang sangat besar agar bisa langsung berjalan.

Sebaliknya, kulkas dengan teknologi inverter yang dibekali dengan motor berkecepatan dinamis, akan memulai dari putaran rendah sehingga daya yang dibutuhkan otomatis sangat kecil.

Itulah sejumlah keunggulan atau kelebihan kulkas inverter dibandingkan dengan kulkas standar (konvensional). Bagi Anda yang berencana untuk membeli kulkas baru dalam waktu dekat, Anda sangat disarankan untuk membeli kulkas dengan teknologi inverter. Karena, seperti yang telah disampaikan di atas, teknologi ini bisa membantu menghemat lebih banyak energi listrik, uang, lebih tahan lama.

Dapatkan konten menarik lainnya dengan follow akun sosial media kami.

Instagram : @Dutaserviceac | FP Facebook : Duta Jaya Technic – Professional Service

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.