Beranda Artikel Tips Memilih Freezer Daging dan Es Batu Terbaik

Tips Memilih Freezer Daging dan Es Batu Terbaik

473
0
tips memilih freezer daging

Kebanyakan ibu rumah tangga (IRT) di Indonesia lebih suka membeli kulkas 1 atau 2 pintu dibandingkan dengan membeli sebuah freezer model chest atau upright. Yang menjadi alasan utama IRT lebih suka membeli kulkas adalah, karena kulkas sudah menyertakan freezer yang dapat digunakan untuk membuat es hingga membekukan daging atau ikan.

Meskipun volume freezer pada kulkas tidak terlalu besar, namun ukuran rata-rata tersebut umumnya sudah dianggap cukup. Mengingat, masyarakat Indonesia masih jarang mengkonsumsi frozen food atau menyimpan bahan makanan dalam jumlah besar.

Tapi bagi mereka yang punya usaha seperti jualan ikan, daging (sapi ataupun ayam), hingga jualan es krim atau es batu, chest freezer atau model upright tentu sangat dibutuhkan. Karena volume penyimpanannya jauh lebih besar dan lebih lega. Serta lebih tertata sehingga aroma yang keluar dari ikan maupun daging tidak akan mengganggu, karena tidak ada makanan lainnya yang perlu dilindungi dari aroma ikan ataupun daging ayam.

Baca Juga: 7+ Merk Kulkas yang Paling Direkomendasikan Karena Kelebihannya

Apabila saat ini Anda sedang mencari sebuah freezer terbaik untuk menyimpan daging, ikan, atau untuk membuat es batu, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini agar memperoleh yang terbaik.

Tentukan model freezer yang paling cocok untuk usaha Anda

Ada 3 jenis freezer yang tersedia di luar sana. Yang pertama adalah model chest/deep, upright, dan model portable, apa kelebihan dan kekurangan masing-masing model tersebut? Berikut jawabannya.

1. Freezer Portable

Model portable adalah pilihan freezer dengan ukuran paling kecil jika dibandingkan dengan model chest dan upright. Ukurannya yang lebih mini bisa dimanfaatkan sebagai opsi apabila Anda tidak membutuhkan freezer yang berukuran terlalu besar karena tidak berniat untuk menyimpan terlalu banyak bahan makanan.

Meski demikian, freezer jenis ini tetap dilengkapi dengan fitur yang cukup beragam dan harganya pun relatif lebih terjangkau.

Jika Anda terkendala budget, harga freezer portable yang murah bisa menjadi bahan pertimbangan tersendiri sebelum membeli.

Tujuan utama freezer portable diciptakan adalah untuk memudahkan kita memindahkan atau mengangkut makanan beku dari satu tempat ke tempat lainnya. Atau membawa makanan maupun minuman dingin saat bepergian (traveling).

Karena kemampuannya yang sangat baik dalam menahan suhu tetap konstan, maka tak mengherankan apabila freezer jenis ini kerap dibeli oleh mereka yang suka bepergian, suka berkemah atau piknik, serta sering memindahkan makanan maupun minuman beku/dingin untuk menjaga agar tidak mudah rusak, seperti es krim misalnya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Membeli Freezer agar Tak Salah Pilih

2. Model Chest/Deep

Ini adalah model lemari es yang paling banyak dipilih untuk menyimpan daging hingga membuat es batu. Kebanyakan orang yang membeli lemari es model chest umumnya mempertimbangkan biaya dan energi (listrik) serta ketersediaan space yang luas.

Jika Anda sering menyimpan makanan beku berukuran besar, maka memilih freezer model ini sangat direkomendasikan. Model ini terkenal lebih hemat daya dibandingkan dengan model upright. Serta dinginnya lebih awet apabila terjadi pemadaman listrik.

3. Freezer Upgriht (Tegak/Berdiri)

Apabila Anda sering menyimpan bahan makanan yang beragam dan ukurannya kecil-kecil. Seperti daging ayam, ikan, daging sapi, dan lain sebagainya, maka memilih lemari es model tegak sangat disarankan. Karena model ini umumnya memiliki sekat sekat pemisah berupa rak-rak layaknya kulkas pada umumnya.

Freezer tegak seperti ini juga sangat cocok digunakan untuk pengusaha es krim dan sejenisnya, karena mudah ditata dan diambil.

Di samping menawarkan kenyamanan, lemari es model tegak juga umumnya mudah dipindahkan, tidak banyak memakan ruang, serta telah dilengkapi dengan kompartemen yang bisa membantu kita mengorganisir bahan makanan khas sesuai dengan kebutuhan. Karena itulah, model freezer tegak ini sangat cocok untuk dimiliki oleh pemilik restoran atau warung makan.

Harga freezer upright sayangnya adalah yang paling mahal jika dibandingkan dengan dua model sebelumnya. Namun jika budget bukan masalah bagi Anda dan model ini sesuai dengan kriteria yang Anda butuhkan, maka membeli lemari es model berdiri atau tegak seperti ini adalah pilihan bijak.

Baca Juga: Cara Mencairkan Makanan Beku yang Aman dan Benar

Beberapa faktor penting yang perlu di pertimbangkan sebelum membeli freezer

Selain memilih model yang sesuai dengan kebutuhan atau kriteria Anda, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa faktor berikut ini untuk mendapatkan sebuah produk yang benar-benar sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

1. Harga dan penggunaan energi

Telah dijelaskan di bagian atas bahwa freezer portable adalah yang paling hemat energi, kemudian diikuti oleh chest freezer dan yang terakhir adalah model upright.

Begitu juga dengan harga, lemari es paling murah adalah model portable, disusul Kemudian oleh model chest, lalu model upright sebagai yang termahal.

2. Kemampuan menahan dingin saar mati listrik

Di beberapa daerah di Indonesia, pemadaman listrik masih kerap terjadi. Kadang tidak hanya sebulan sekali, tapi ada juga beberapa daerah yang mengalami pemadaman beberapa kali dalam seminggu.

Menggunakan freezer untuk membekukan susu atau ASI, menyimpan daging, ikan hingga membuat es batu, juga harus mempertimbangkan kemampuannya dalam menjaga suhu tetap dingin selama pemadaman berlangsung.

Model lemari es yang kami sarankan untuk dibeli apabila di daerah Anda sering terjadi pemadaman listrik adalah model chest yang terkenal memiliki reputasi terbaik dalam menjaga suhu tetap dingin.

Baca Juga: Tips Mempertahankan Freezer Tetap Dingin saat Mati Lampu

3. Pencairan bunga es (salju)

Rata-rata freezer akan mengalami penumpukan bunga es (frost) di bagian tepinya. Penumpukan es tersebut akan mengurangi efisiensi atau kinerja freezer sampai Anda mencairkannya.

Proses mencairkan bunga es pada freezer secara manual jelas tidak menyenangkan dan sangat merepotkan. Pasalnya, kita diharuskan untuk mengeluarkan semua isinya terlebih dahulu sebelum kemudian mencairkan es lalu membersihkan freezer sebelum memasukkan kembali makanan-makanan yang sudah dikeluarkan tadi.

Cara ini, dapat menyebabkan makanan menjadi cepat rusak atau mengalami masalah apabila Anda tidak memiliki container yang dapat menahan suhu dingin sebagai wadah sementara untuk menempatkan makanan-makanan yang dipindahkan.

Free defrosting freezer adalah solusi untuk masalah ini. Akan tetapi, harga freezer yang dilengkapi dengan defrost otomatis umumnya agak mahal. Namun, harga tersebut masih cukup layak mengingat kenyamanan dan tingkat efisiensi yang ditawarkan sangat tinggi.

Baca Juga: 10 Kesalahan dalam Menggunakan Freezer (Lemari ES)

Beberapa merk freezer populer

Merek adalah faktor lain yang perlu Anda pertimbangkan setiap kali membeli sebuah produk. Merek yang banyak dipilih oleh masyarakat, umumnya mengindikasikan bahwa produknya cukup baik dan awet serta berkualitas.

Jika Anda ingin memperoleh referensi mengenai merk freezer terbaik, Anda bisa membaca beberapa rekomendasi yang telah kami tulis dengan mengklik link yang telah kami berikan di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.