Beranda Panduan Tips Membeli Water Heater agar Tak Salah Pilih

Tips Membeli Water Heater agar Tak Salah Pilih

26
0

Membeli water heater atau pemanas air harus melalaui pertimbangan yang matang karena akan digunakan dalam jangka panjang. Ada dua kondisi yang biasanya mempengaruhi pilihan water heater yang akan Anda beli.

Kondisi pertama, Anda sudah pernah memasang water heater. Jika sudah pernah memasang water heater di rumah, menggantinya dengan tipe yang sama agar proses instalasi tidak memakan biaya terlalu banyak, lebih direkomendasikan.

Kondisi kedua, ini adalah kali pertama Anda akan memasang water heater. Sehingga, opsi yang tersedia lebih banyak. Anda bisa membeli pemanas air gas, elektrik tanpa ataupun dengan tabung (tank), hingga pemanas air tenaga surya (solar water heater).

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Pemanas Air Untuk Kamar Mandi

Apapun kondisinya, ketika akan membeli water heater, Anda wajib mempertimbangkan sebuah alat pemanas air yang hemat energi, efisien, sesuai dengan kebutuhan, serta sesuai dengan tipe rumah yang akan dipasangi alat pemanas air.

Ya, model rumah sering kali mempengaruhi pilihan water heater. Apartemen misalnya, umumnya tidak cocok menggunakan solar water heater karena sulit mendapatkan akses sinar matahari langsung.

..Selain itu, kamar mandi yang berada ditempat yang terlalu jauh dari sumber energi tenaga surya dianggap kurang efisien karena panas yang dihantarkan akan berkurang secara drastis apabila jaraknya terlalu jauh.

Tips membeli water heater agar tak salah pilih

Mandi air panas tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk menghindarkan rasa malas mandi air dingin, tapi juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti: Bisa membantu mengusir rasa lelah, menenangkan pikiran, meringankan gejala rematik, meningkatkan mood, meringankan gejala flu dan sakit kepala, menurunkan tekanan darah, membantu meningkatkan kualitas tidur, serta membantu merilis stres.

Baca juga: Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Membeli Water Heater

Melihat banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mandi air hangat atau air panas di atas, sewajarnya apabila kita tertarik untuk menginstal water heater di rumah sehingga tak perlu lagi repot merebus air setiap kali ingin mandi air hangat.

Namun, pilihan yang beragam seringkali membuat kita kebingungan menentukan manakah yang terbaik dan yang paling cocok untuk digunakan. Nah, bagi Anda yang saat ini bingung menentukan pilihan pemanas air terbaik yang manakah yang akan Anda beli, Anda bisa melihat beberapa tips di bawah ini.

1. Perhatikan kondisi rumah dan letak kamar mandi

Dalam jangka panjang dan untuk penggunaan di keluarga besar, pemanas air tenaga surya adalah yang paling hemat energi dan efisien walaupun harganya sangat mahal.

Namun jika dihitung-hitung dalam jangka panjang, maka ini adalah pilihan yang terbaik dan paling hemat. Karena water heater yang menggunakan tenaga matahari umumnya tidak membutuhkan perawatan yang merepotkan dan mahal serta tidak membutuhkan energi listrik dari rumah

2. Perhatikan daya listrik yang tersedia

Jika daya listrik di rumah sangat rendah, ada baiknya Anda memilih gas water heater atau electric water heater yang dilengkapi dengan tabung. Jika rumah Anda memiliki daya listrik yang cukup besar, memilih tankless water heater (pemanas air tanpa tangki) adalah yang paling direkomendasikan karena proses pemasangannya yang mudah dan simple serta lebih hemat listrik.

Baca juga: Rekomendasi Water Heater Hemat Listrik dan Harganya

3. Sesuaikan dengan jumlah penghuni rumah

Jika memilih water heater yang dilengkapi dengan storage/tank, Anda wajib mempertimbangkan jumlah penghuni rumah sebelum memutuskan untuk membeli.

Jika yang menggunakan water heater di rumah berjumlah 3-4 orang, maka memilih pemanas air dengan tangki 30 liter adalah pilihan tepat. Namun jika yang menggunakannya hanya satu-dua orang saja, maka memilih pemanas air dengan tangki 10 atau 15 liter sudah cukup.

4. Biaya anggaran untuk membeli water heater

Sebelum Anda membeli pemanas air, adalah ide bagus jika Anda bisa menghitung atau memperkirakan biaya operasional tahunan, termasuk biaya perawatan dan proses instalasinya.

Pastikan Anda memilih water heater sesuai kebutuhan dan yang terjangkau oleh anggaran yang Anda sediakan. Pilihan yang paling direkomendasikan adalah sebuah water heater yang hemat energi. Jika jarang digunakan, memilih water heater yang menggunakan gas adalah pilihan tepat.

5. Pilihlah Alat pemanas air yang dilengkapi dengan tampilan digital

Tampilan digital tersebut bisa membantu memantau level dan penyesuaian suhu air. Selain itu, ini juga memberi kesan tampilan yang lebih modern pada water heater tersebut.

6. Pilihlah katup atau keran yang terbuat dari kuningan

Kran yang terbuat dari kuningan lebih tahan lama dibandingkan dengan katup yang terbuat dari plastik. Sehingga, dipastikan instalasi water heater tidak mudah bocor atau “ngrembes” air.

Baca juga: 7 Rekomendasi Water Heater Listrik Terbaik 2019

Nah, itu beberapa tips membeli water heater agar Anda tidak salah pilih, semoga dengan tips ini bisa membantu Anda dalam menentukan pemanas air yang cocok dengan kriteria Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.