Mengenal Jenis-Jenis Pemanas Air Untuk Kamar Mandi

pemanas air untuk kamar mandi

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan dan kebersihan badan, salah satunya adalah mandi. Bagi sebagian orang, aktifitas mandi terkadang bukan hanya sekedar membersihkan tubuh dari kotoran. Mandi bisa jadi salah satu kegiatan penentu yang membuat aktifitas harian menjadi lebih baik.

Dan ya… tidak bisa dipungkiri, salah satu cara mandi yang paling disukai banyak orang adalah dengan menggunakan air hangat.

Ngomong-ngomong soal air hangat nih, bagi sebagian orang untuk menyiapkan air hangat adalah kegiatan yang merepotkan karena harus merebus air terlebih dahulu.

Namun, saat ini kita tidak perlu khawatir lagi, sekarang sudah banyak perusahaan yang membuat berbagai jenis penghangat air dalam kamar mandi.

Jika saat ini Anda mungkin berencana memasang water heater atau pemanas air kamar mandi. Ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu jenis penghangat yang ada agar sesuai dengan kebutuhan.

Berikut adalah beberapa jenis water heater tersebut:

1. Electric water heater

Jenis penghangat air ini memanfaatkan energi listrik untuk menghasilkan panas. Dan jenis pemanas ini tersedia dua varian. Yaitu terdapat tangki dan tanpa tangki. Varian yang terdapat tangki memiliki harga yg lebih mahal dibanding varian tanpa tangki.

Baca Juga : Fungsi Elemen Panas Pada Water Heater Listrik

Tergantung besarnya kapasitas tangki. Dan tentu saja memakan lebih banyak daya hingga 2000 watt. Sedangkan varian tanpa tangki, hanya memerlukan kurang lebih 300 watt daya. Namun, waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan air lebih lama sekitar 3 sampai 4 menit.

2. Portable water heater

Ini adalah salah satu jenis penghangat air yang bisa dibawa kemana-mana. Masih memanfaatkan energi listrik untuk menghasilkan panasnya. Bentuknya lebih compact dari jenis penghangat air lainnya. Cara kerjanya adalah komponen tersebut dicelupkan ke dalam ember yang berisi air. Dan tentu saja, harganya relatif lebih murah.

3. Solar water heater

Dari namanya tentu kita sudah bisa menebak bahwa jenis penghangat ini memanfaatkan energi panas matahari. Atau biasa disebut dengan surya panel. Tangki yang terdapat pads solar water heater terbilang besar. Dapat digunakan untuk seluruh keluarga.

Mungkin akan muncul pertanyaan, bagaimana alat ini bekerja ketika tidak ada panas matahari ?. Pada bagian mesinnya terdapat alat pemanas cadangan berupa Electric heater. Yang dapat diaktifkan ketika tidak ada panas matahari.

Penggunaan solar water heater hampir tidak ada perawatan yang dilakukan. Hanya saja untuk harganya masih relatif mahal berkisar hingga puluhan juta rupiah. Ditambah lagi dengan biaya pemasangan yang mahal juga.

4. Gas water heater

Alat pemanas air mandi memakai gas. Jenis pemanas ini mengandalkan pembakaran dari gas elpiji. Sehingga biaya perawatan relatif lebih murah.

Terdapat sebuah cerobong asap yang digunakan sebagai knalpot atau pembuangan gas sisa pembakaran. Sisa pembakaran ini tidak seperti asap pabrik. Bahkan tidak terlihat.

Namun, pemanas air memakai gas ini akan menjadi berbahaya jika digunakan pada kamar mandi yang tidak ada ventilasi udaranya.

5. Aircon water heater

Alat pemanas ini memanfaatkan panas yang dihasilkan dari kompresor AC. Yaitu freon yang menghasilkan suhu panas yang tinggi, yang keluar dari kompresor. Sehingga kita akan merasakan dua keuntungan. Yaitu sejuknya AC didalam rumah.

…dan air hangat yang siap digunakan. Hanya saja, kita perlu merakitnya untuk memasangnya. Karena belum ada produk yang siap pakai dipasaran. Dan harga alat ini cukup mahal kisaran harga delapan jutaan.

Heatpump water heater

Sering disebut sebagai pompa kalor. Alat ini mengandalkan suhu freon yang tinggi yang keluar dari kompresor dalam kerjanya. Listrik digunakan hanya untuk menjalankan kompresor. Alat ini mungkin cocok Anda gunakan sebagai pemanas air di kamar mandi anda.

Boiler water heater

Salah satu alat pemanas yang memiliki kapasitas besar. Biasanya digunakan untuk kamar mandi di hotel-hotel. Bahkan pada industri besar yang memerlukan air panas dalam jumlah besar.

Alat pemanas ini menggunakan energi solar. Suhu yang dihasilkan bisa mencapai lebih dari seratus derajat Celcius. Bahkan ada yang bisa menghasilkan uap, alat tersebut dinamakan steam boiler.

Alat pemanas ini terbilang mahal karena kapasitasnya juga besar. Makanya jarang rumah tangga yang menggunakan produk ini.

Baca Juga : Water Heater Anda tidak Panas, Ini dia Penyebabnya

Bagaimana? Semoga artikel ini bisa membantu Anda menemukan pemanas air kamar mandi yang pas sesuai kebutuhan ya..

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.