Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Membeli Water Heater

Water heater merupakan alat pemanas air yang umumnya digunakan di kamar mandi. Jika dulu alat ini hanya bisa Anda jumpai di hotel saja, kini water heater telah menjadi barang yang sering dipertimbangkan keberadaanya untuk digunakan di rumah.

Hal itu memang wajar, mengingat alat ini sangat penting terlebih jika sedang musim penghujan dan cuaca sangat dingin. Water heater akan menjadi solusi praktis karena Anda tidak perlu membuat air panas secara manual.

Selain itu, mandi dengan air hangat juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Diantaranya adalah, air hangat dipercaya mampu membantu melancarkan peredaran darah.

Mandi dengan air hangat juga bisa membuat badan rilex dan mengurangi rasa stres serta memberikan perasaan tenang.

Baca Juga : Fungsi Elemen Panas pada Water Heater

Selain itu, air hangat juga bisa menjaga kulit tetap lembab serta membantu membuka pori-pori kulit dan masih banyak lagi. Karena banyaknya manfaat tersebut, mungkin kini Anda berencana membeli water heater untuk digunakan di rumah.

Sebelum itu, Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting mengenai water heater terlebih dahulu. Jangan sampai setelah membelinya, Anda baru menyadari bahwa water heater yang Anda beli tidak sesuai dengan kebutuhan. Untuk itulah, sebagai panduan, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli water heater.

1. Perhatikan spesifikasi Water Heater

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membeli water heater yaitu spesifikasinya. Spesifikasi ini nantinya akan sangat penting karena akan mempengaruhi hemat tidaknya energi dari water heater tersebut.

Spesifikasi water heater umumnya, akan berbeda pada setiap produk. Oleh karena itulah, sebelum membelinya Anda bisa menanyakan spesifikasi pada penjual, atau melihat spesifikasi produk langsung pada box-nya.

Untuk indikator hemat energi pada pemanas air sendiri berkisar antara 0,5 EF hingga 2,0 EF. Jadi semakin tinggi spesifikasi EF pada pemanas air, maka pemanas akan semakin hemat energi.

2. Perhatikan tipe Water Heater

Selain spesifikasi produk, tipe water heater juga merupakan hal yang penting Anda perhatikan. Memperhatikan tipe dimaksudkan agar water heater yang Anda beli nantinya sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Untuk tipe sendiri, Ada hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kamar mandi Anda. Jadi sebelum membelinya, pikirkan dulu tipe water heater yang Anda butuhkan. Misalnya, jika Anda memiliki daya yang cukup kecil, maka Anda bisa memilih water heater dengan tipe surya atau pemanas dengan tipe gas.

Baca Juga : Mengenal Jenis-Jenis Pemanas Air Untuk Kamar Mandi

Hal itu dikarenakan water heater dengan tipe tersebut akan lebih sesuai dibandingkan dengan water heater dengan tipe listrik.

3. Perhatikan harga dan biaya perawatan Water Heater

Sebelum membeli suatu produk, harga merupakan hal yang sangat penting Anda perhatikan. Alasan utamanya tentu karena dengan mengetahui harga, Anda akan bisa menyesuaikan produk yang akan Anda beli dengan budget yang Anda miliki.

Selain itu, Anda juga perlu mengimbanginya dengan mengetahui biaya perawatan pemanas air setelah digunakan. Hal itu nantinya akan sangat menguntungkan karena biaya perawatan akan sesuai dengan budget yang telah Anda siapkan.

4. Perhatikan panjang pipa pemanas air

Poin keempat ini biasanya memang sering dilupakan ketika membeli water heater. Padahal mengukur panjang pipa pemanas sebelum membeli water heater akan sangat penting. Hal itu bertujuan agar saat pemasangan water heater nantinya pipa akan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Baca juga : Penyebab Water Heater Tidak Panas yang Sering Terjadi

Dalam hal ini sebenarnya Anda bisa meminta bantuan orang yang lebih ahli dibidangnya. Meskipun Anda harus mengeluarkan biaya untuk menyewa jasa setidaknya water heater akan terpasang sesuai dengan prosedur pemasangan yang benar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.