Beranda Artikel 10 Rekomendasi Kulkas Mini Terbaik yang Paling Laris

10 Rekomendasi Kulkas Mini Terbaik yang Paling Laris

155
0
rekomendasi kulkas mini

Seperti yang telah kami ungkapkan pada artikel sebelumnya, ada banyak alasan mengapa kulkas kecil sangat direkomendasikan untuk dimiliki. Seperti misalnya, kita bisa memanfaatkannya sebagai mini cafe di tempat tidur, bisa diandalkan ketika pergi piknik. Atau, kau bisa menjadi salah satu alat elektronik paling berguna bagi yang tinggal di kos-kosan.

Namun sebelum kita membahas 10 rekomendasi kulkas mini terbaik, Anda mungkin tertarik untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan kulkas kecil. Sehingga Anda bisa mempertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan untuk membelinya.

Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Mini

  • Mudah dipindah-pindah. Kulkas kecil sering juga disebut kulkas portable karena sangat mudah di pindah-pindah. Bahkan, tidak sedikit diantaranya yang di desain sangat mungil sehingga bisa dengan mudah dibawa-bawa menggunakan mobil.
  • Tidak membutuhkan daya listrik yang besar.
  • Bisa diletakkan dimana saja dan hemat tempat.
  • Cocok diletakkan di kamar, ruang tamu, ruang makan, hingga di kantor.
  • Bisa digunakan untuk menyimpan sisa makanan, bahan makanan, hingga makanan maupun minuman ringan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kulkas 1 Pintu Favorit Ibu Rumah Tangga

Di samping berbagai kelebihan tersebut, kulkas kecil juga punya beberapa kekurangan yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan, seperti misalnya:

  • Ukurannya yang kecil membuat ruang atau kapasitas penyimpanan sangat terbatas.
  • Tidak dilengkapi dengan lemari es atau freezer sehingga kita tidak bisa memanfaatkannya untuk membuat es batu atau untuk membekukan makanan agar dapat disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama.
  • Harga kulkas mini tidak selalu murah, tidak sedikit diantaranya yang berharga cukup mahal. Bahkan melebihi harga kulkas 2 pintu standar. Meski demikian, portabilitas adalah salah satu kelebihan yang tentu membuat banyak orang tetap menjatuhkan pilihan untuk membeli kulkas kecil meski mahal.

10 Rekomendasi Kulkas Mini Terbaik

1. Sharp SJ-50MB (Mini Bar)

Sharp SJ-50MB (Mini Bar)
Sharp SJ-50MB (Mini Bar)

Sharp adalah salah satu merek elektronik terpercaya yang produknya bisa diandalkan dan tahan lama serta terjangkau. Karena itulah, kami sengaja merekomendasikan kulkas kecil merk Sharp sebagai yang pertama di antara sekian banyak pilihan yang ada.

Salah satu yang sangat kami sukai adalah Sharp Mini Bar type SJ – 50 MB, yang menyediakan ruang dengan kapasitas sekitar 47 liter.

Kulkas ini telah dilengkapi dengan fitur Energy-Saving dan Safety-Shield yang membuatnya hemat listrik (75W) serta aman digunakan. Sharp SJ – 50 MB hadir dengan pilihan warna putih. Warna netral ini akan memudahkan kita untuk menempatkan kulkas di manapun.

Meski ukurannya kecil dan bentuknya ringkas, kulkas ini cukup bisa diandalkan untuk menyimpan banyak makanan karena. Raknya dapat di buka pasang sehingga dapat memberikan ruang yang lebih luas.

Bukaan pintunya dapat diatur, apakah ingin dibuka dari kiri atau kanan. Kulkas ini menggunakan sistem pendingin Direct Cooling dengan refrigerant non-CFC R-600A yang pasti ramah lingkungan. Tersedia tombol auto defrost sehingga lebih mudah untuk dibersihkan.

Harga kulkas mini Sharp SJ – 50 MB berkisar antara Rp 1,4-Rp 1,8 jutaan.

Baca Juga: Review Kulkas Sharp Terbaru SJ-246GC-SD Bersertifikasi Halal

2. GEA RS06DR (Kulkas Mini Bar Portable)

GEA RS06DR (Kulkas Mini Bar Portable)
GEA RS06DR (Kulkas Mini Bar Portable)

GEA adalah merk fridge lainnya yang pasti tidak asing di telinga Anda, bukan? Selain mengeluarkan banyak pilihan lemari es model chest yang terkenal bagus dan awet. Merk yang satu ini juga ternyata memproduksi kulkas kecil. Salah satunya adalah tipe RS06DR yang dijual dengan harga sekitar Rp 1,1 juta hingga Rp 1,7 jutaan di toko online. Apa saja kelebihan kulkas mini merk GEA ini?

Seperti halnya kulkas kecil merk Sharp, pintu kulkas GEA juga dapat di-setting agar bisa dibuka dari kiri maupun kanan. Pintunya juga terbuat dari bahan stainless steel yang kokoh dan tidak berkarat.

Masih di bagian pintu, bagian dalamnya telah dilengkapi dengan rak multifungsi yang dapat digunakan untuk menyimpan minuman ringan maupun berbagai jenis bahan makanan lain. Termasuk telur ataupun minuman botol dengan kapasitas (maksimal) hingga 2 L.

Kulkas ini dilengkapi dengan kunci pengaman, sehingga akan membuat kita merasa lebih tenang jika di rumah ada banyak anak kecil yang suka buka-tutup kulkas. Volume penyimpanan net 46 liter dengan kebutuhan daya hingga 82W.

Lemari pendingin ini menawarkan tipe pendingin static cooling dan menggunakan refrigerant type R-134A. Temperatur yang ditawarkan mencapai 0 ~ +8 Celcius.

3. Kulkas Mobil Hyundai

Kulkas Mobil Hyundai
Kulkas Mobil Hyundai

Jika Anda membutuhkan lemari pendingin portable yang dapat digunakan sebagai lemari pendingin atau ruang penghangat untuk makanan saat berkendara. Anda bisa mengandalkan kulkas mobil merk Hyundai yang menyediakan kapasitas 6 L. Kulkas mobil ini rata-rata dijual dengan harga sekitar Rp500 ribuan. Daya yang dibutuhkan untuk menghidupkan kulkas ini sekitar 35W.

Baca Juga: Panduan Merawat dan Menjaga Lemari Es agar Tetap Awet

4. Changhong CBC 50

Changhong CBC 50
Changhong CBC 50

Changhong bukan lagi merek yang asing beberapa waktu belakangan ini. Pasalnya, Changhong banyak menawarkan produk elektronik rumah tangga dengan harga yang terjangkau, namun kualitasnya tak kalah baik jika dibandingkan dengan merek-merek yang sudah terlebih dahulu populer. Dari sekian banyak home appliance yang mereka tawarkan, kulkas mini portable dengan kapasitas 50 L adalah salah satunya.

Kulkas mini ini ditawarkan dengan balutan warna yang menarik, desain minimalis, serta hemat daya. Dibandingkan dengan dua pilihan kulkas sebelumnya, Changhong CBC 50 sedikit berbeda karena dilengkapi dengan pembuat es batu.

Untuk meyakinkan Anda pada kualitasnya, Changhong tak ragu menawarkan garansi kompresor hingga 5 tahun. Harga Changhong CBC 50 berkisar antara Rp1 jutaan s/d 1,5 jutaan.

5. Toshiba Glacio XD7 GR-N9P

Toshiba Glacio XD7 GR-N9P
Toshiba Glacio XD7 GR-N9P

Kulkas mini 1 pintu merk Toshiba Glacio XD7 adalah rekomendasi kami lainnya yang bisa Anda pertimbangkan, jika ingin membeli lemari pendingin berukuran kecil. Lemari pendingin ini menawarkan dimensi sekitar 70 x 63 x 62 cm dengan bobot sekitar 20 kg, dengan kebutuhan daya listrik hingga 55W dan garansi 1 tahun.

Lemari pendingin berukuran kecil ini dapat digunakan untuk menyimpan sayuran maupun buah-buahan. Telah dilengkapi dengan Electric Stabilizer, sehingga aman digunakan pada rumah yang tegangan listriknya naik turun. Disamping itu, lemari pendingin ini juga telah dilengkapi dengan fitur Ion Antibakteri yang akan membantu menjaga makanan agar tetap sehat untuk dikonsumsi.

6. Sanken Portable SN-118EKG

Sanken Portable SN-118EKG
Sanken Portable SN-118EKG

Sanken SN-118 merupakan pilihan lemari es mini yang menawarkan desain elegan dan minimalis. Lemari es ini dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan 50 liter yang telah dilengkapi dengan beberapa fitur menarik seperti:

  • 4D Air Flow berfungsi untuk menyebarkan udara dingin yang lebih merata
  • Direct Cooling System
  • Door Handle
  • Energy Saver A+
  • Fitur ROHS yang memungkinkan lemari es jadi lebih higienis
  • Anti racun, dan anti bau.

Lemari pendingin portable merk Sanken ini dibuat dari bahan yang cukup tebal dan padat sehingga terasa kokoh dan awet. Pintu dan dinding bagian samping–tebalnya mencapai 50 mm, sedangkan dinding bagian belakang tebalnya mencapai 60 mm.

7. Midea HS-65L BK

Midea HS-65L BK
Midea HS-65L BK

Rekomendasi kulkas mini selanjutnya adalah Midea HS-65L BK, yang menawarkan kapasitas 50 liter dengan konsumsi energi sekitar 210 KWh per tahun. Konsumsi energi yang sangat hemat tersebut tidak lepas dari sertifikasi Eco Friendly 4 Ticks (NEA) yang dikantonginya.

Sejumlah fitur pendingin yang dibawa kulkas Midea ini diantaranya adalah: Chiller Compartment, Ice making tray, serta Mechanical Temperature Control.

Bagian pintunya juga telah dilengkapi dengan fitur Reversible Door Swing yang membuatnya dapat dibuka dari kiri maupun kanan. Juga, tersedia control panel yang berfungsi untuk mengontrol temperatur.

Kulkas mini Midea yang dapat digunakan untuk menyimpan makanan maupun minuman ringan, serta botol berukuran (maksimal) 1,5 liter ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp 1 jutaan.

8. Showcase Mini GEA EXPO-90

Showcase Mini GEA EXPO-90
Showcase Mini GEA EXPO-90

Jika Anda membutuhkan sebuah show case yang berukuran kecil dengan daya tampung atau volume sekitar 92 liter, Anda bisa mempertimbangkan GEA EXPO 90. Jika dibandingkan dengan beberapa rekomendasi kulkas kecil yang telah kami sebutkan di atas, model showcase tentu saja memiliki keunggulan tersendiri. khususnya di bagian pintu yang transparan, sehingga kita bisa langsung melihat isinya di bagian dalam.

Showcase mini ini sangat cocok bagi Anda yang menjalankan usaha makanan atau minuman dingin di restoran ataupun di hotel dengan tempat yang terbatas. Showcase mini ini membutuhkan daya sebesar 95W dengan jumlah rak 4 buah serta menggunakan refrigerant R-600A.

Baca Juga: Review Freezer Aqua Terbaru AQF-120FR dengan 48H Cooling Retention

9. Domo DS-1050

Domo DS-1050
Domo DS-1050

Apabila pilihan showcase di atas masih Anda rasa terlalu besar, Anda bisa mempertimbangkan pilihan lain yang lebih kecil dengan kapasitas 50 liter, yaitu Domo DS-1050. Showcase Mini dengan desain kaca display ini membutuhkan daya listrik sekitar 95W dengan temperatur maksimum 0C ~ 10C.

Showcase mini seharga satu jutaan ini telah dilengkapi dengan fitur lampu LED serta thermostat yang akan memudahkan kita untuk mengetahui dan mengontrol suhu.

10. Panasonic NR-AK5ED

Panasonic NR-AK5ED
Panasonic NR-AK5ED

Kulkas mini 1 pintu terakhir yang akan kami rekomendasikan adalah Panasonic tipe NR-AK5ED yang ditawarkan dengan harga sekitar Rp 1,5 jutaan sampai dengan Rp 1,8 jutaan.

Tidak jauh berbeda dengan beberapa cooler yang telah kami sebutkan di atas, lemari pendingin ini juga menawarkan kapasitas penyimpanan sekitar 50 liter dengan garansi kompresor 5 tahun serta menggunakan refrigerant R-134A.

Pengaturan temperatur-nya menggunakan metode manual, menyediakan door lock atau kunci, sehingga cukup aman dari jangkauan anak-anak, bentuknya minimalis, dan tersedia dalam balutan warna abu-abu (grey) yang terlihat catchy.

Nah, itulah beberapa rekomendasi kulkas mini yang menurut kami terbaik dikelasnya. Semoga apa yang kami sampaikan di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi Anda yang sedang ingin mencari kulkas portable.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.