Beranda Artikel 5 Rekomendasi Kulkas 1 Pintu Favorit Ibu Rumah Tangga

5 Rekomendasi Kulkas 1 Pintu Favorit Ibu Rumah Tangga

2326
0
rekomendasi kulkas 1 pintu

Berkat perkembangan teknologi dan inovasi, berbagai pekerjaan kita jadi terasa lebih mudah dikerjakan dan bisa selesai lebih cepat. Bahkan, tidak sedikit diantara teknologi tersebut yang justru menciptakan kehidupan yang lebih nyaman.

Kulkas adalah salah satu teknologi yang terus mengalami perkembangan hingga tercipta sebuah elektronik rumah tangga yang hemat energi, bisa memenuhi kebutuhan sebagian besar ibu rumah tangga, dan membuat kegiatan memasak di dapur jadi lebih menyenangkan dan lebih cepat.

Dengan adanya kulkas, kini kita bisa menyimpan bahan makanan seperti sayur maupun daging serta ikan untuk dimasak kapanpun kita mau, kita juga bisa menyimpan sisa-sisa makanan yang masih bisa dimakan kembali, dan kita juga bisa mendinginkan berbagai jenis buah dan makanan/minuman ringan sehingga terasa lebih segar saat dinikmati.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Freezer Terbaik Untuk Bisnis dan Rumah Tangga

Kelebihan dan Kekurangan Kulkas 1 Pintu

Ada banyak jenis kulkas yang bisa kita pilih. Mulai dari kulkas 1 pintu, dua pintu, side by side, hingga kulkas portable atau lemari es mini. Dari sekian banyak pilihan, model satu pintu adalah salah satu favorit ibu rumah tangga di Indonesia karena sejumlah alasan.

Seperti misalnya, lebih hemat listrik karena mengkonsumsi energi 30%-40% lebih rendah dibandingkan dengan kulkas dua pintu, tidak terlalu banyak makan tempat karena rata-rata kulkas 1 pintu di desain dengan ukuran yang kecil, sangat ideal untuk keluarga kecil yang terdiri atas 2 hingga 4 orang, ekonomis karena harganya rata-rata jauh lebih murah dibandingkan dengan kulkas 2 pintu, serta menawarkan teknologi direct cooling yang hemat energy serta efisien.

Di samping berbagai kelebihan kulkas 1 pintu di atas, ada juga beberapa kekurangan model kulkas ini yang perlu dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Karena setiap orang punya kebutuhan yang berbeda-beda. Diantara kekurangan kulkas satu pintu adalah:

  • Menawarkan kapasitas penyimpanan yang kecil sehingga makanan yang bisa disimpan sangat terbatas. Meskipun sebagian besar berukuran kecil, namun ada juga yang ditawarkan dengan kapasitas yang cukup besar
  • Kulkas 1 pintu model lama rata-rata menggunakan metode pencairan manual sehingga terasa sangat merepotkan. Namun Anda juga tak perlu khawatir, karena banyak kulkas model satu pintu modern yang telah dilengkapi dengan defrost otomatis
  • Tidak bisa langsung mengakses freezer. Kelemahan ini akan membuat tagihan listrik sedikit membengkak dan bisa membuat proses pendinginan pada kulkas menurun setiap kali kita membuka pintu untuk mengakses freezer
  • Volume freezer pada kulkas pintu tunggal rata-rata lebih kecil dibandingkan dengan model dua pintu

Rekomendasi Kulkas 1 Pintu Terbaik

1. Sanyo Aqua AQR-D190(S)

Sanyo Aqua AQR-D190(S)

Ketika pergi memilih kulkas di showroom untuk dibeli, biasanya, pertama kali kita akan lihat-lihat model desain dan warnanya terlebih dahulu. Jika ada yang menarik, kita kemudian akan mencoba mencari tahu bagaimana kondisi bagian dalamnya, seperti apa spesifikasinya, serta apa saja fitur-fiturnya.

Jika Anda cukup concern dengan tampilan, maka Aqua Japan adalah salah satu yang kami rekomendasikan.

Aqua Japan merupakan salah satu home appliance brand yang cukup populer di Indonesia karena menawarkan banyak produk dengan desain yang menarik, teknologi modern, serta fitur-fitur kekinian. Untuk kulkas 1 pintu, AQR-D190(S) adalah yang paling kami sarankan.

Diantara kelebihan kulkas Aqua Japan ini adalah: Bisa mempertahankan kulkas tetap dingin meski tegangan listrik di rumah turun, menyediakan laci tambahan di bagian bawah yang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan kanan yang perlu didinginkan, ditawarkan dengan garansi hingga 7 tahun; menggunakan bahan berkualitas tinggi termasuk tray (rak) yang terbuat dari tempered glass yang terkenal kokoh, mudah dibersihkan, dan tahan lama; Selain itu, kulkas ini juga dilengkapi dengan freezer box yang tidak hanya akan memudahkan kita mengambil makanan atau es batu dari freezer tapi juga akan membantu mempertahankan suhu agar tetap dingin sekalipun pintu kulkas dibuka ketika kita ingin mengambil sesuatu.

Spesifikasi singkat Sanyo Aqua AQR-D190(S)

  • Harga: Rp1,5 jutaan sampai dengan Rp1,6 jutaan
  • Kapasitas total 162.5 liter. Kapasitas freezer 26 liter dan kapasitas lemari pendingin 136.5 liter
  • Konsumsi daya 80W
  • Manual defrost
  • Refrigerant R-134A

Baca Juga: Review Kulkas Sharp Terbaru SJ-246GC-SD Bersertifikasi Halal

2. Sharp SJ-X187MG Shine Dandelion Series

Sharp SJ-X187MG

Jika Anda tertarik untuk mengisi dapur dengan sebuah kulkas yang cantik dan tampak modern serta berkelas, Anda bisa mencoba membeli kulkas Sharp SJ-X187MG Shine Dandelion Series yang ditawarkan dengan desain warna baru serta ornamen bunga dandelion yang pasti indah dan tampak sangat cantik.

Di samping desainnya yang menarik tersebut, Sharp juga menawarkan sebuah kulkas yang hemat energi karena bisa beroperasi pada tegangan rendah antara 130 volt hingga 240 volt. Hal tersebut bisa terwujud berkat kehadiran teknologi Low Voltage System yang dibawanya.

Di bagian dalam, Sharp menggunakan rak berbahan kaca (tempered glass) yang kokoh dan kuat serta bisa menampung beban hingga 100 kg.

Seperti biasa, Sharp tak lupa membekali produk mereka dengan 7 perlindungan yaitu: Proteksi terhadap petir, tikus, perlindungan dari voltase atau tegangan listrik yang tidak stabil, perlindungan terhadap ketidakseimbangan permukaan lantai, proteksi terhadap bahaya api, perlindungan dari getaran, serta perlindungan terhadap sengatan listrik (anti-nyetrum).

Spesifikasi Sharp SJ-X187MG Shine Dandelion Series

  • Harga: Rp1,8 jutaan
  • Defrosting semi automatic
  • Refrigerant HFC-134a non CFC
  • Kapasitas 166 liter. Freezer 23 liter dan refrigerator 143 liter
  • Konsumsi daya 90W

3. Sharp SJ-N182D Kirei III Series

Sharp SJ-N182D Kirei III

Rekomendasi kulkas 1 pintu selanjutnya ialah Kulkas Sharp Kirei Series, yang mana ini merupakan salah satu favorit ibu rumah tangga di Indonesia karena dikenal handal dan ruangnya cukup lega. Kirei III adalah penerus Kirei II yang sudah terlebih dahulu populer di kalangan IRT. Seri terbaru ini tentu membawa sejumlah pembaharuan.

Sejumlah pembaharuan yang ditawarkan oleh Sharp diantaranya adalah, pilihan warna yang lebih cerah dengan ornamen yang mewah berupa aurora. Tetap menawarkan kinerja maksimal pada tegangan rendah antara 130 volt sampai dengan 240 volt, tempered glass berkekuatan 100 kg, serta 7 proteksi seperti yang telah kami sebutkan di atas.

Spesifikasi Sharp Kirei III SJ-N182D

  • Harga: Rp1,7 jutaan
  • Warna: Aurora blue/pink/silver
  • Kapasitas 166 liter. Dengan freezer 23 liter dan refrigerator 143 liter
  • Konsumsi daya 90W
  • Defrosting semi automatic
  • Direct cooling system
  • Refrigerant non-CFC HFC-134A

Baca Juga: Jangan Lakukan Ini Saat Membersihkan Bunga Es Pada Kulkas

4. Sharp SJ-X165MG Shine Magneglas Series

Sharp SJ-X165MG

Dapur yang menarik seringkali membuat emak-emak merasa lebih suka dan betah serta semangat untuk memasak. Selain berbagai peralatan memasak yang bagus dan enak dilihat, mereka juga bisa lebih semangat dan senang berada di dapur apabila di sana terdapat perabotan dapur seperti kulkas yang bagus dan cantik.

Bagi bunda yang sedang mencari kulkas 1 pintu, yang terlihat elegan, cantik, desainnya minimalis, dan menawarkan teknologi yang dapat diandalkan, saya pribadi merekomendasikan Sharp SJ-X165MG Shine Magneglas Series yang menjadi salah satu favorit banyak IRT di Indonesia.

Tidak mengherankan apabila kulkas ini menjadi favorit banyak ibu-ibu rumah tangga, karena dari pandangan pertama saja kulkas ini sudah bisa membuat kita langsung kepincut.

Seperti kebanyakan kulkas yang dilengkapi dengan ornamen bunga-bunga atau desain yang tampak feminim, kulkas yang satu ini menawarkan ornamen yang unik berupa titik-titik random yang simple tapi bisa bikin kulkas ini jadi kelihatan beda banget. Desainnya ini terlihat makin modern karena menawarkan pintu yang rata (flat) sehingga sepintas tampak seperti kaca.

Kalau Bunda tertarik untuk memboyong kulkas yang satu ini, jangan lupa lihat spesifikasinya terlebih dahulu untuk mengetahui apakah sudah sesuai dengan kebutuhan atau belum.

Spesifikasi Sharp SJ-X165MG

  • Harga Rp 1,5 jutaan
  • Kapasitas total 133 liter dengan freezer 20 liter dan refrigerator 113 liter
  • Telah dilengkapi dengan teknologi daerah cooling system
  • Sistem defrost menggunakan semi automatic
  • Daya hanya 84W
  • Refrigerant menggunakan R-134a jenis non-CFC
  • Dilengkapi dengan 7 perlindungan seperti yang telah kami sebutkan pada kulkas Sharp di poin sebelumnya

5. Sanken SK-V163A-CB

Sanken SK-V163A-CB

Meski kulkas Sanken tidak sepopuler merk Sharp, Polytron, Samsung, LG, atau Aqua Sanyo, namun Sanken SK-V163A-CB ternyata cukup diminati oleh ibu-ibu rumah tangga.

Sejumlah alasan mengapa kulkas Sanken ini sangat disukai di antaranya adalah: karena menawarkan desain yang unik dan modern, bahannya terbuat dari plat yang tebal dan padat serta karet berkualitas, dinginnya sangat cepat, cukup stabil dalam menjaga kesegaran makanan. Dan yang paling penting, kulkas ini juga bisa menghemat energi dengan cukup baik. Disamping itu, harganya pun relatif sangat terjangkau.

Fitur utama yang paling diandalkan oleh kulkas ini adalah 4D Air Flow yang bisa membuat seluruh bagian kulkas dingin lebih cepat dan merata. Fitur lainnya yang tidak kalah menarik adalah Cool Lock Freezer, yaitu sebuah fitur yang berguna untuk mempertahankan suhu dingin hingga 13 jam pada freezer apabila listrik mati.

Jika tertarik dengan kulkas yang telah di lengkapi dengan label halal MUI dan menawarkan kapasitas freezer yang besar ini, Anda bisa melihat spesifikasinya di bagian bawah.

Spesifikasi Sanken SK-V163A-CB

  • Warna body hitam dengan pintu berwarna champagne
  • Kapasitas 160 liter
  • Daya listrik 72W

Baca Juga: Bagian Bawah Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin, Apa Penyebabnya?

6. Polytron PRB153B/G

Polytron PRB153B:G

Bagi Anda yang menyukai merk Polytron, Anda bisa melirik tipe PRB-153 yang memiliki kapasitas sekitar 150 liter dengan pilihan warna yang cerah dan menarik. Meskipun tampak kecil, sebenarnya kulkas ini memiliki ruang yang cukup luas di bagian dalam.

Kulkas Polytron satu pintu ini juga terkenal sangat hemat listrik karena hanya mengkonsumsi daya sekitar 75W saja.

Menilik bagian dalamnya, disana kita akan menemukan 1 buah rak yang terbuat dari bahan plastik dan 1 buah rak yang terbuat dari tempered glass yang dapat menahan beban hingga 150 kg. Rak kulkas ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Jika tertarik, Anda bisa melihat spesifikasi kulkas 1 pintu Polytron PRB-153 di bawah ini.

Spesifikasi Polytron PRB-153

  • Kapasitas 150 liter
  • Power input 75W
  • Garansi 5 tahun
  • Freezer jumbo
  • Refrigerant R-134A
  • Pilihan warna biru dan hijau dengan motif bunga

Itulah rekomendasi kulkas 1 pintu favorit ibu-ibu rumah tangga di Indonesia yang bisa kami referensikan bagi Anda yang saat ini kebetulan sedang mencari lemari pendingin untuk menyimpan makanan agar bisa tetap segar lebih lama.

..harga yang kami sampaikan di atas tentunya berbeda-beda antara toko satu dengan yang lainnya, dan pasti akan berbeda dengan toko di daerah Anda.

Jika Anda merasa kulkas 1 pintu tidak cocok untuk Anda jangan ragu untuk melihat rekomendasi kulkas 2 pintu yang telah kami tulis sebelumnya. Dengan begitu, Anda bisa membandingkan kelebihan maupun kekurangan kedua jenis kulkas ini. Sehingga, bisa mengambil keputusan yang lebih cepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.