Beranda Artikel Pilihan AC Cassette 3 PK untuk di Ruang Tamu yang Bagus

Pilihan AC Cassette 3 PK untuk di Ruang Tamu yang Bagus

359
0
pilihan ac cassette 3 pk untuk ruang tamu

AC model wall mounted adalah sistem penyejuk udara yang sangat populer. Tapi sayang, model ini dianggap kurang cocok apabila digunakan untuk ruangan yang luas dan lebar. Seperti lobby, kantor, atau ruang tamu (living room). Sebaliknya, di ruangan yang luas enis AC cassette (kaset) dianggap sebagai pilihan paling tepat.

Termasuk jika Anda ada memiliki rumah dengan ruang tamu yang semi-terbuka, atau jika Anda menginginkan sistem penyejuk udara (air-conditioner) yang secara estetika desain lebih menarik, simple, dan tidak mencolok.

Rumah di Indonesia rata-rata memiliki ukuran ruang tamu yang lebih besar dibandingkan dengan kamar tidur, meskipun tidak selalu. Selain itu, ruang tamu juga umumnya bersambung langsung dengan ruang keluarga tanpa sekat atau pintu. Bahkan tak jarang, antara ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur semuanya terhubung tanpa pintu.

Baca Juga: Tips Memilih AC Cassette untuk Kantor atau Gedung

Dengan kondisi tersebut, memasang air-conditioner cassette 3 PK untuk ruang tamu adalah ide tepat. Pasalnya, AC model kaset rata-rata memiliki kapasitas yang lebih besar, mulai dari 2 PK hingga 6 pk. Sehingga, udara yang dialirkan bisa menjangkau tempat-tempat yang lebih luas.

Keunggulan memasang AC Cassette di ruang tamu

  • Bisa mengalirkan udara ke empat arah atau lebih. Sesuai dengan namanya, AC ini akan diletakkan di langit-langit. Penempatannya yang berada di atas, membuat AC ini dibekali dengan kemampuan untuk mengalirkan udara ke empat arah atau ke segala arah (360 derajat). Kondisi ini akan memberikan kenyamanan optimal bagi para tamu atau orang-orang yang berada di ruang tamu dan sekitarnya.
  • Terlihat lebih rapi untuk desain interior. Bagi Anda yang ingin menjaga agar ruang tamu tetap terlihat lega dan pemandangannya tidak terganggu oleh keberadaan air conditioner, memilih penyejuk udara model kaset ini akan sangat tepat. Penempatannya yang tersembunyi di bagian atas akan memudahkan Anda ada untuk menata ruang sehingga terlihat lebih rapi.
  • Tidak Berisik. Kondensor penyejuk udara model ini umumnya diletakkan di luar rumah, sehingga suara yang dihasilkan sangat minim.
  • Hemat biaya dan efektif. Jika ada penyejuk udara yang sangat disarankan untuk diletakkan di ruang tamu, maka itu adalah AC jenis kaset. Selain berbagai kelebihan yang telah disebutkan di atas, AC jenis ini juga terkenal sangat ekonomis karena penggunaan energinya jauh lebih sedikit daripada AC standar dan terkenal sangat efektif mendinginkan ruangan yang bersifat semi terbuka.
  • Proses pemeliharaan yang mudah. Setiap mesin pendingin udara pasti memerlukan servis rutin. Dibandingkan dengan AC model biasa atau wall-mounted, unit AC kaset relatif lebih mudah dirawat.
  • Tersedia dalam pilihan kapasitas yang lebih beragam. Jika rata-rata AC wall mounted hanya tersedia dalam kapasitas antara 0,5 PK s/d 2,5 PK atau mungkin 3 PK, maka pilihan AC cassette tersedia dalam kapasitas yang lebih besar. Mulai dari 2 PK, 2.5 PK, 3 PK, 4 PK, 5 PK, hingga 6 PK.

Baca Juga: Rekomendasi AC Cassette yang Terbaik dan Berkualitas

Rekomendasi AC kaset 3 PK untuk ruang tamu

Samsung AM140KN4DEH/TK (7.1 kW)

Pilihan AC Cassette 3 PK yang pertama yakni Samsung AM140KN4DEH/TK, Apabila Anda tinggal di daerah-daerah yang iklimnya relatif dingin, membeli AC langit-langit sangat disarankan. Karena selain bisa dimanfaatkan untuk menyejukkan ruangan, air conditioner model ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghangatkan ruangan pada saat musim dingin tibas.

Samsung adalah salah satu merek air conditioner yang cukup populer dan menyediakan banyak lini produk berkualitas. Salah satunya adalah tipe AM140KN4DEH.

Beberapa kelebihan AC Samsung yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli, diantaranya adalah:

  • Bisa mendistribusikan udara ke semua arah (360°) sehingga setiap sudut atau tempat akan terasa sejuk.
  • Menggunakan freon R-410a
  • Desainnya mewah dan unik.
  • Alih-alih menawarkan udara yang terlalu dingin, AC Samsung justru menawarkan udara yang sejuk. Sehingga, selain merasa nyaman kita juga tidak akan merasa kedinginan sekalipun berlama-lama berada di ruang tamu.
  • Dilengkapi dengan booster fan yang dapat dimanfaatkan untuk mendistribusikan udara lebih jauh–hingga ke sudut-sudut ruangan.
  • Serba sederhana. Selain desainnya yang terlihat sangat simple, pengontrol kinerja AC ini juga relatif sederhana dan mudah dioperasikan.
  • Arah hembusan bisa dikontrol. Tidak seperti AC standar yang hanya dapat mengalirkan udara ke satu arah–walaupun telah dibantu dengan penggunaan sirip atau louver, AC kaset bisa menghembuskan udara ke arah mana saja sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Baca Juga: Review AC Samsung Terbaru Tipe AR18RYFHAWKNSE (Wall Mount)

Daikin FCF71CVM4

Apabila Anda ingin mencari AC langit-langit yang telah dibekali dengan teknologi inverter, Anda kami rekomendasikan membeli merk Daikin. Dan salah satu tipe yang kami sarankan adalah AC Daikin 3 PK tipe FCF71CVM4.

Sistem penyejuk udara ini menggunakan teknologi super inverter dan dibekali dengan refrigerant type R-32. Berbeda dengan AC Samsung di atas yang menggunakan refrigerant atau freon R-410a.

Kelebihan atau keunggulan AC Daikin ini diantaranya adalah:

  • Bisa mengalirkan udara secara merata ke arah 360°
  • Hemat energi
  • Kapasitas 24200 Btu/h
  • Dilengkapi dengan fitur Round Flow yang akan berfungsi untuk mencegah suhu udara di ruangan tidak merata. Sehingga, orang yang berada di sudut manapun di ruang tamu akan tetap merasa nyaman jika dipasangkan AC Daikin FCF71CVM4

Daikin FCF71CVM4 (3 PK)

AC langit-langit merk Daikin yang satu ini lebih terkenal dengan sebutan “Mini Skyair.” Tidak berbeda dengan model FCF71CVM4, tipe FCF71CVM4 juga menggunakan teknologi inverter yang hemat listrik dan efektif.

Apa perbedaannya dengan model atau tipe FCF71CVM4? Mini Skyair menggunakan unit outdoor (RZF71CYM4) yang secara dimensi atau ukuran serta tenaga, lebih besar dibandingkan dengan unit outdoor RZF71CVM4 yang dipasangkan dengan tipe FCF71CVM4.

Jadi, jika Anda membutuhkan penyejuk udara untuk ruang tamu yang lebih bertenaga dan dapat menghasilkan udara yang lebih dingin, Anda bisa memilih Daikin FCF71CVM4.

Baca Juga: Rekomendasi AC Cassette 5 PK untuk di Lobby atau Resepsionis

Sharp GX-A30TCY

Apabila Anda mencari air con yang minim perawatan dan telah dilengkapi dengan fitur Self Cleaning, kami menyarankan AC Sharp GX-A30TCY yang menggunakan freon R-410a dan telah dilengkapi juga dengan fitur Turbo Cool Function serta Sleep Mode.

AC dengan garansi kompresor 3 tahun ini secara spesifikasi, menawarkan cooling capacity hingga 30.000 Btu/h (setara dengan 8.5 kW) yang lebih besar dibandingkan dengan AC Daikin di atas yang hanya menawarkan cooling capacity 24.200 Btu/h.

Pilihan AC Cassette 3 PK Sharp GX-A30TCY ini juga merupakan alternatif terbaik yang bisa Anda beli jika menginginkan penyejuk udara yang harganya lebih kompetitif atau lebih murah dibandingkan dengan merk Daikin atau merk Samsung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.