Beranda Panduan Cara Merawat Microwave Agar Awet dan Tahan Lama

Cara Merawat Microwave Agar Awet dan Tahan Lama

281
0
Cara merawat microwave

Membeli makanan di luar meskipun kedengarannya sangat menyenangkan dan terkesan lebih praktis. Namun sayangnya, tidak begitu dianjurkan oleh para praktisi kesehatan.

Mengingat, banyak sekali makanan-makanan yang dijual di restoran, rumah makan, hingga pedagang kaki lima, yang kesehatannya kurang terjamin. Entah itu disebabkan oleh cara menyiapkan ataupun peralatan yang digunakan untuk mengolah makanan.

Bukan hal yang aneh apabila kita kerap menemukan pedagang makanan yang menggunakan minyak curah, menggunakan minyak goreng berkali-kali hingga warnanya menghitam, atau menemukan pedagang yang mencuci peralatan memasak atau peralatan makan mereka dengan air yang tampaknya kurang bersih.

Itu adalah sekelumit problema yang kerap kita temukan pada penjual makanan. Sehingga, tidak mengherankan apabila para ahli kesehatan berpendapat bahwa, seburuk-buruknya cara kita mengolah makanan sendiri di rumah, dianggap jauh lebih sehat dan lebih baik dibandingkan dengan membeli makanan di luar.

Jika Anda merasa concern dengan kesehatan keluarga, terutama soal makanan, Anda perlu meluangkan waktu lebih banyak untuk memasak makanan sendiri di rumah dan belajar bagaimana cara memasak yang baik dan benar.

Sayangnya, tidak semua kita (ibu-ibu rumah tangga) punya waktu luang yang banyak untuk memasak sendiri makanan bagi keluarga. Entah itu, karena kesibukan atau karena faktor lainnya. Karena itulah, kita membutuhkan sesuatu (alat masak) yang bisa membantu kita menyiapkan makanan dengan cepat.

Untungnya, ada microwave yang bisa diandalkan untuk mencairkan bahan makanan dengan cepat dan sempurna, bisa diandalkan untuk menghangatkan makanan dalam hitungan menit bahkan detik, dan bisa juga diandalkan untuk membuat berbagai jenis makanan atau jajanan (cemilan) seperti roti, pizza, hingga popcorn.

Cara Merawat Oven Microwave Agar Awet dan Tahan Lama

Harga microwave yang termurah bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Jika microwave yang kita pilih cukup bagus dan berkualitas atau berasal dari brand populer, harganya bahkan bisa mencapai jutaan rupiah.

Agar bisa memperoleh sebuah microwave yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda jangan lupa baca artikel panduan membeli microwave menurut ahli dapur yang telah kami tulis sebelumnya.

Baca Juga: Panduan Membeli Microwave Menurut Ahli Dapur

Mengingat peralatan yang satu ini bisa membantu kita menghemat lebih banyak waktu dan bisa membantu kita memasak berbagai jenis masakan, maka tak mengherankan jika harganya lumayan mahal.

Rata-rata sebuah microwave bisa bertahan hingga 10 tahun. Syaratnya, peralatan memasak yang satu ini perlu dirawat secara telaten dengan cara rutin dibersihkan setiap habis dipakai. Dan, tentu saja, Anda juga harus membeli merk microwave terbaik.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik

Apabila tidak, jangan heran apabila peralatan memasak yang harganya mahal ini mudah rusak dan tidak bertahan lama. Nah, agar microwave di rumah Anda bisa awet dan tahan lama, Anda bisa mengikuti beberapa tips cara merawat microwave oven berikut ini.

1. Bersihkan Secara Teratur Setiap Kali Selesai Digunakan

Aturan paling sederhana untuk menjaga setiap peralatan masak yang kita miliki adalah membersihkannya sesegera mungkin setelah digunakan.

Membiarkan noda atau kotoran dari waktu ke waktu bisa membuat microwave lebih cepat rusak. Karena kotoran tersebut sudah jelas akan menumpuk dan jumlahnya semakin banyak serta semakin sulit dibersihkan jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama.

2. Bersihkan Menggunakan Bahan Yang Tepat dan Dengan Cara Yang Benar

Cara merawat microwave yang kedua yaitu dengan membersihkan perabot dapur atau peralatan memasak seperti microwave bisa dilakukan dengan menggunakan sabun cuci piring biasa, baking soda, hingga berbagai macam cuka (seperti cuka sari apel atau cuka makan).

Kunci untuk menjaga microwave tetap bersih dan awet adalah rutin dibersihkan. Kabar baiknya, ada banyak bahan yang bisa kita gunakan untuk membersihkan microwave seperti yang telah kami sebutkan di atas.

Berikut adalah langkah-langkah cara membersihkan microwave.

a. Membersihkan bagian dalam microwave

  • Sediakan terlebih dahulu bahan yang akan digunakan untuk membersihkan. Bahan untuk membersihkan bisa dibuat dari campuran air biasa dengan air lemon atau air jeruk nipis. Atau jika Anda memiliki cuka sari apel, Anda bisa menggunakannya jika ingin lebih efektif. Cuka sari apel bisa Anda beli di toko online jika tidak ingin repot
  • Tempatkan campuran tersebut di wadah seperti mangkuk atau gelas yang aman dimasukkan ke dalam microwave
  • Setelah campuran siap, masukkan ke dalam microwave lalu rebus hingga mendidih dan hingga uap-nya memenuhi seluruh dinding microwave
  • Setelah itu, matikan dan biarkan dingin 5 menit sebelum pintu microwave dibuka
  • Keluarkan mangkuk yang Anda gunakan untuk membuat bahan pembersih microwave, lalu
  • Lap bagian dinding microwave menggunakan spons atau kain microfiber yang kering

b. Cara membersihkan pintu microwave yang kotor dan berminyak

Tidak hanya bagian dalam dari microwave yang perlu dibersihkan, bagian luarnya juga harus mendapatkan perhatian. Jika kebetulan bagian luar microwave Anda berminyak dan kotor, berikut adalah cara membersihkannya.

  • Siapkan spons dan cairan pembersih. Bisa berupa air bersih yang dicampur kan dengan beberapa sendok baking soda atau alat pembersih lainnya seperti yang digunakan untuk membersihkan bagian dalam microwave
  • Gunakan spons atau kain microfiber yang telah dicelupkan ke dalam cairan pembersih untuk mengelap bagian karet atau bagian-bagian yang kotor
  • Untuk bagian yang berminyak, gunakan campuran cuka dan air dengan perbandingan yang sama ( 50:50)
  • Untuk membersihkan sisa-sisa lemak, gunakan sabun cuci piring yang dicampurkan dengan air hangat

c. Cara menghilangkan bau dari microwave

Ketika kita memasak makanan menggunakan microwave, kadang beberapa diantaranya akan mengeluarkan aroma yang sulit hilang. Aroma tersebut bisa tercium kembali setiap kali kita akan memasak.

Ada bau makanan bisa dengan mudah dihilangkan menggunakan sabun cuci piring biasa, namun ada juga yang kadang-kadang bandel dan sulit sekali dihilangkan.

Jika ada bau membandel dari makanan tertentu, seperti misalnya setelah memanggang popcorn, Anda bisa mencoba menghilangkan bau tersebut dari microwave dengan cara ini.

  • Sediakan sebuah mangkok, kemudian tuangkan baking soda ke dalam mangkok tersebut
  • Masukkan mangkuk tersebut ke dalam microwave lalu tutup pintunya dan diamkan semalaman atau sampai aroma di dalam microwave terserap oleh baking soda
  • Untuk menghilangkan bau yang lebih kuat, Anda bisa membeli dan menggunakan bahan penghilang bau seperti Freshwave Gel. Bahan penghilang bau ini bisa Anda beli secara mudah di toko online favorit Anda

Jika Anda hanya tertarik untuk menggunakan bahan-bahan alami, Anda bisa membaca berbagai cara menghilangkan bau pada microwave pada artikel yang telah kami tulis sebelumnya.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Menghilangkan Bau atau Aroma Makanan dari Microwave

d. Cara menghilangkan makanan yang lengket di microwave

Selain aroma makanan, makanan lengket juga perlu secepatnya dihilangkan dari dinding-dinding mikroskop untuk mencegah kerusakan.

Untuk menghilangkan makanan yang lengket atau kering, Anda bisa mengandalkan air hangat untuk melakukannya. Bisa juga dengan menggunakan campuran air hangat da air sabun jika noda agak membandel.

Sekian panduan cara merawat microwave kali ini dan selamat mencoba. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman sosial media kalian ya. ^_^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.