Beranda Panduan Tips Mengatasi Api Kompor Gas Nyala Merah

Tips Mengatasi Api Kompor Gas Nyala Merah

1527
0
Api kompor gas nyala merah

Api kompor gas nyala merah kerap kali membuat resah pengguna, terlebih mereka yang masih awam. Pasalnya, hal ini membuat proses memasak jadi lebih lama, dan menimbulkan bekas gosong di bagian bawah panci yang Anda gunakan untuk masak.

Kompor gas yang normal umumnya akan menghasilkan api berwarna biru. Ini menandakan api tersebut nyala dengan panas yang maksimal.

Biar pun api menyala tidak terlalu besar, namun warnanya biru, bisa dipastikan api tersebut lebih panas dibanding dengan api yang warna merah.

Tentu hal tersebut membuat proses memasak lebih cepat matang, dan panci pun tidak mudah kotor karena gosong seperti terpanggang.

Kompor gas dengan api yang warnanya merah juga tidak membahayakan pengguna, hanya saja ini menandakan bahwa kompor gas tersebut perlu perhatian lebih, salah satunya perlunya perawatan.

Cara memperbaiki agar api kompor gas kembali berwarna biru juga tidak rumit, tapi juga tidak bisa dianggap gampang.

Hanya saja dibutuhkan kesabaran agar hasilnya bisa sempurna. Berikut ini tips mengatasi api kompor gas nyala merah yang mungkin bisa Anda coba sendiri di rumah.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Makanan dari Microwave

Penyebab api kompor gas nyala merah

Namun sebelum kita lanjut ke tahap perbaikannya, alangkah baiknya jika kita cari tahu dulu apa penyebabnya.

Api kompor gas berwarna merah umumnya disebabkan oleh dua kemungkinan, yakni kompor gas kotor atau gas sudah mulai habis.

Perlu kita ketahui, kompor gas juga perlu perawatan agar bisa digunakan sebagai mana fungsinya secara optimal. Kompor gas yang kotor sering kali menimbulkan berbagai macam masalah, salah satunya warna api berubah jadi kuning atau kemerahan.

Sisa makanan dan minyak akibat dari proses memasak adalah sumber dari kenapa kompor gas bisa kotor. Terlebih jika Anda tidak rajin membersihkannya setiap selesai pemakaian.

Selain itu, warna api yang merah biasanya juga menandakan jika gas pada tabung sudah mulai habis. Oleh sebab itu, jika kompor gas Anda warna api-nya merah, periksa juga apakah gas yang ada di tabung masih atau tidak.

Cara membersihkan kompor gas

Nah, jika sudah kita ketahui penyebabnya karena kotor, maka cara penyelesainya pun cukup mudah, yakni dengan membersihkannya.

Anda bisa mencuci beberapa komponen kompor gas, seperti : burner dan tungku menggunakan sabun.

Tujuannya tidak lain agar noda atau kotoran minyak yang menempel bisa bersih, karena tentu ini tidak cukup jika hanya Anda cuci biasa.

Sedangkan untuk bagian body atau yang tidak memungkinkan di cuci dengan air, Anda bisa membersihkannya menggunakan krim anti noda lagu menggosoknya.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan body atau sekitar kompor gas setiap selesai memasak, agar kompor gas selalu tampak bersih.

Sedangkan untuk perawatan kompor gas secara menyeluruh bisa Anda lakukan setiap seminggu sekali.

…Anda juga bisa membaca panduan lebih lengkap tentang cara merawat kompor gas pada artikel kami yang lain, di situ sudah kami jelaskan secara detail.

Baca Juga: Cara Mudah Membersihkan Minyak dan Noda pada Kompor Gas

Kesimpulan

Intinya, api kompor gas yang berubah warnanya jadi merah itu disebabkan karena tungku atau burner ( tempat keluarnya api ) kotor.

Sehingga, untuk mengatasinya hanya perlu dilakukan perawatan yakni dibersihkan. Akan tetapi, gas yang sudah mulai habis biasanya juga dapat menyebabkan api pada kompor gas berwarna merah.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan perawatan juga periksa terlebih dahulu apakah gas yang ada di dalam tabung masih atau sudah habis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.