Fungsi Thermostat Pada Kulkas dan Cara Kerjanya

Pengertian dan Fungsi Thermostat Pada Kulkas – Untuk menyimpan makanan agar bisa digunakan dalam beberpa hari ke depan, tentu Anda memakai mesin pendingin sejenis kulkas bukan. Namun, apakah Anda tahu ada satu komponen yang berfungsi sebagai otomatis pengatur suhu dalam ruangan kulkas tersebut.

Fungsi Thermostat Pada Kulkas

Kalau pada artikel sebelumnya sudah saya jelaskan pengertian dan fungsi timer pada kulkas, kali ini akan coba saya jelaskan salah satu dari komponen kulkas juga yaitu Thermostat. Apa itu dan bagaimana cara kerjanya ? Langsung saja mari kita simak bersama berikut ulasannya.

Pengertian dan Fungsi Thermostat Pada Kulkas

Thermostat adalah suatu komponen yang berfungsi sebagai pengatur temperature suhu pada kulkas. Ini juga bisa sabagai otomatis yang mengatur kapan mesin kapan bekerja dan kapan akan mati (stundby). Semua jenis pendingin biasanya juga menggunakan Thermostat untuk mengatur suhu. Seperti pada AC juga ada, atau yang sering kita sebut Thermistor.

Baca juga : Fungsi Thermistor Pada AC

Jadi, apabila temperature didalam kulkas sudah mencapai sesuai yang kita setting, maka thermostat ini akan memutus arus listrik yang ke mesin untuk stunby. Dan jika suhu temperature sudah mulai naik kembali, maka mesin akan nyala dan mendinginkan ruangan kulkas, begitu juga seterusnya.

Bagaimana cara kerja thermostat tersebut ?

Thermostat disini memanfaatkan sensor yang di dalamnya terdapaty gas yang bisa berubah apabila di dinginkan. Jika sensor berada pada lingkungan yang bersuhu rendah, maka gas yang ada di dalamnya akan menurun tekanannya. Perubahan tersebut yang menyebabkan kontak switch yaitu dari status keadaan tertutup menjadi terbuka. Semakin turun suhu yang mengenai sensor, maka semakin turun nilai tekanan gas didalamnya.

Untuk memberi batasan pada tekanan berapakan kontak switch akan berubah, thermostat menggunakan sebuah knop. Dalam kata lain, perubahan kontak thermostat tersebut dapat disetting sesuai dengan kebutuhan kita.

Baca juga : Tips Cara Merawat Kulkas Agar Awet dan Tahan Lama

Biasanya pada knop terdapat angka 1,2,3,4,5. Semakin tinggi angkanya, maka semakin rendah temperature yang dibutuh untuk membuka kontak switch. Jadi, jika kita ingin mengatur kulkas pada suhu yang paling dingin, harus ke angka yang paling tinggi, jangan sebalinya.
Thermostat
Sampai disini, mungkin ada yang bertanya bagaimana jika thermostat tersebut rusak atau tidak memakai thermostat tersebut ?

Yang pastinya mesin kompresor tidak hidup dan kulkas tidak dingin, ini disebabkan karena tidak ada arus listrik ke mesin. Karena system kelistrikan pada kulkas saliung berhubungan antara komponen yang satu dengan yang lainnya. Dan bila dilangsungkan yaitu tidak memakai thermostat, mesin akan nyala terus tidak bisa standby dan ini bisa mengakibatkan mesin cepat rusak / jebol.

Kesimpulan

Seperti yang sudah saya singgung di atas, jadi fungsi thermostat pada kulkas yaitu sebagai otomatis untuk mengatur suhu temperatur. Suhu tersebut dapat kita setting dengan cara merubah angka pada thermostat dengan memutar knop. Semakin tinggi angka pada knop, maka kulkas semakin dingin. Dan harus di ingat, angka pada knop tersebut bukan angka berapa derajat celcius suhu pada kulkas ya. Itu angka untuk sebagai pembatas seberapa kontak switch akan berubah.

Apabila Anda membutuhkan jasa service kulkas, baca juga : Jasa Service Kulkas di Jakarta Selatan Terbaik

Demikianlah artikel singkat kali ini yang membahas pengertian dan fungsi thermostat pada kulkas. Baik pada kulkas 1 pintu maupun 2 pintu fungsinya sama. Jika ada yang belum jelas, boleh ditanyakan melalui kolom komentar dibawah ini.
Jangan lupa follow kami juga di media sosial.
Instaram : dutaserviceac Twittwe : @dutaserviceac Facebook : facebook.com/dutajayatechnic

16 Comments

  1. enang
  2. Umay
  3. Abdul
  4. iwan
  5. siska
  6. Sarno
  7. dhiat
  8. epoel

Leave a Reply