Beranda Panduan Tips Merawat dan Menggunakan AC agar Lebih Awet

Tips Merawat dan Menggunakan AC agar Lebih Awet

108
0

Sebaik dan sebagus apapun sebuah benda, apabila tidak dijaga dan dirawat tentu akan mudah rusak. Sebaliknya, sekalipun benda tersebut berkualitas rendah, namun apabila mendapatkan perhatian dan perawatan yang memadai, mungkin saja benda tersebut bisa awet dan bertahan lama.

Terlebih, jika benda tersebut adalah sebuah AC (air conditioner). Sekalipun AC tersebut berasal dari merek populer dan berkualitas, apabila tidak rutin dirawat, pasti akan cepat rusak.

Tidak hanya harus dirawat dan dibersihkan secara rutin setiap 3 bulan sekali, sebuah air conditioner juga harus digunakan secara tepat dengan tidak memaksakan kinerjanya.

Baca Juga: Tips Ampuh Menghemat Energi saat Menggunakan AC

Karena sekuat apapun sebuah peralatan elektronik, pasti akan rusak apabila terus-menerus dipaksa bekerja keras.

Nah, agar air conditioner yang Anda miliki di rumah atau di kantor bisa awet dan tahan lama, sebaiknya ketahui bagaimana tips merawat dan menggunakan AC tersebut.

1. Cara Merawat dan Menggunakan AC agar Awet dan Tahan Lama

Tinggal di Indonesia yang beriklim tropis dan dilewati garis khatulistiwa membuat kita sangat membutuhkan penyejuk udara yang dapat membantu memberikan kesejukan ketika cuaca sedang panas.

Sebagai salah satu investasi yang berharga, air conditioner yang berharga mahal tersebut perlu mendapatkan perlindungan dan perhatian agar lebih awet dan tahan lama. Diantara caranya adalah dengan:

Mengganti Filter Udara Sebulan Sekali

Mengganti filter udara air conditioner secara teratur merupakan langkah terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan AC.

Dan, ini merupakan salah satu cara termudah yang bisa Anda lakukan untuk merawat AC. Karena mengganti filter bisa dilakukan dengan sangat mudah dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Bersihkan Unit Outdoor Secara Teratur

Unit air conditioner di bagian luar sangat mudah kotor dan berdebu. Kotoran dan debu dapat menyebabkan efisiensi unit outdoor AC jadi berkurang sehingga aliran udara jadi tidak lancar.

Baca Juga: Dampak Asap Rokok Terhadap AC dan Harus Kita Hindari

Untuk merawatnya, Anda perlu membersihkannya secara rutin. Sekalipun jarang digunakan, unit outdoor perlu dibersihkan dan dirawat lebih sering daripada unit indoor. Pasalnya, letaknya yang berada di luar rumah membuatnya rentan terkena kotoran, terutama debu.

Periksa Fins AC Secara Teratur

Di dalam setiap pendingin udara, terdapat kondensor dan evaporator yang masing-masing memiliki fins. Seiring dengan waktu dan penggunaan, fins ini bisa bengkok dan menyebabkan aliran udara cara jadi.

Agar AC bisa berfungsi secara efisien, periksalah fins secara teratur untuk memastikan kondisinya dalam keadaan baik. Jika Anda menjumpai fins dalam keadaan bengkok, segera ganti dengan yang baru.

Tidak perlu khawatir, komponen AC berupa fins ini bisa dengan mudah ditemukan di toko online. Atau jika tidak ingin merepotkan, Anda bisa menghubungi teknisi AC profesional untuk meminta bantuan.

Jaga Coil Agar Tetap Bersih

Coil pendingin udara merupakan komponen penting pada sistem AC yang berfungsi membantu refrigerant menyerap panas dan membuat suasana di kamar menjadi lebih dingin.

Seiring waktu dan penggunaan, coil atau kumparan bisa jadi kotor sehingga panas yang diserap akan berkurang. Akibatnya, sistem penyejuk udara bekerja lebih keras.

Baca Juga: Pahami Arti Fitur dan Istilah pada AC agar Tak Gagal Paham

Agar kinerja AC bisa efisien dan maksimal, menjaga coil tetap bersih dengan cara membersihkan area di sekitar unit kondensor (unit outdoor) harus dilakukan secara rutin.

Jangan Lupa Memeriksa Saluran Air Kondensat

Saluran kondensat adalah bagian integral dari sistem pendingin udara yang memiliki peran sangat penting. Seiring waktu, saluran (drainase) kondensat bisa tersumbat dan menyebabkan air tidak bisa keluar secara lancar.

Untuk menjaga agar AC tetap awet, Anda juga harus memeriksa dan memastikan saluran air kondensat ini berfungsi dan tidak tersumbat. Lakukan pemeriksaan saluran kondensat secara berkala. Apabila Anda melihat air tidak mengalir atau tampak tidak lancar, cobalah untuk membersihkannya agar tidak tersumbat.

2. Hindari Terlalu Sering Menyeting AC pada Suhu Rendah

Kadangkala, kita merasa AC tidak dingin sehingga suhu disetel sangat rendah tanpa mencari tahu apa penyebab “mengapa AC tidak dingin?”
Terus-menerus menyeting AC pada suhu rendah akan memaksa AC tersebut bekerja terlalu keras lirik untuk menghindarinya, pastikan Anda:

  • Gunakan termometer ruangan agar bisa mendeteksi suhu kamar
  • Belilah AC dengan PK yang tepat sesuai dengan luas ruangan
  • Tutup semua ventilasi A serta pintu dan jendela setiap kali menghidupkan AC
  • Bersihkan dan rawat AC secara teratur agar kinerjanya maksimal
  • Tempatkan AC di tempat yang tepat agar dapat bekerja lebih ringan

3. Naik dan Turunkan Suhu Secara Perlahan

Ketika Anda merasa AC kurang dingin atau terlalu dingin, naik dan turunkan suhu secara perlahan. Misal, jika saat itu Anda menyetel suhu 250C, Anda bisa menurunkan atau menaikkan 1 derajat untuk mendapatkan suhu yang Anda inginkan. Kemudian, tunggulah beberapa saat. Ulangi cara yang sama jika kurang dingin atau masih terlalu dingin.

4. Jangan Ragu Menggunakan Jasa Teknisi Profesional

Jika kesibukan dan kurangnya pengetahuan menyebabkan Anda kurang percaya diri untuk membongkar dan membersihkan unit AC, atau waktu yang Anda miliki sangat terbatas untuk memperhatikan kondisi air conditioner. Jangan ragu-ragu meminta bantuan jasa teknisi AC profesional yang dapat membantu merawat sistem pendingin udara yang ada di rumah atau di kantor Anda.

Baca Juga: Cara Bongkar AC Tanpa Buang Freon yang Benar

Nah, itu tadi beberapa tips merawat dan menggunakan AC agar bisa lebih awet. Jika suka dengan artikel ini, jangan lupa share ke teman atau kerabat Anda.

Dapatkan konten menarik lainnya dengan follow akun sosial media kami.

Instagram : @Dutaserviceac | FP Facebook : Duta Jaya Technic – Professional Service

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.