Beranda Panduan Cara Bongkar AC Tanpa Buang Freon yang Benar

Cara Bongkar AC Tanpa Buang Freon yang Benar

93
0

Cara bongkar AC tanpa membuang freon bisa dibilang sangat mudah dan sederhana metodenya, jika saja kita memiliki keahlian di bidang pendingin. Namun, akan lain ceritanya bagi orang awam yang minim pengetahuannya tentang mesin pengkondisi udara yang satu ini.

Untuk itulah, di sini saya ingin berbagi sedikit tips atau panduan kepada Anda bagaimana cara membongkar AC yang benar. Sehingga, gas refrigrant yang didalamnya tidak terbuang ke udara bebas.

Seperti yang kita ketahui, gas refrigrant atau sering kita sebut freon ini, jika terbuang ke udara dampaknya dapat menganggu lingkungan. Seperti, mengakibatkan pemanasan global ( global warming ) dan juga merusak lapisan ozone.

Baca Juga: Perbedaan Refrigerant Freon R32 R22 dan R410A

Oleh sebab itu, sebagai praktisi pendingin kita wajib menjaga lingkungan. Salah satu caranya tidak membuang freon yang ada di dalam sistem pendingin sembarangan.

..dan langsung saja, berikut ini beberapa peralatan yang harus kita siapkan sebelum membongkar unit AC.

  1. Obeng ( – ) dan ( + )
  2. Taspen
  3. Kunci ( L ) satu seat ( karena untuk beberapa AC ada yang tidak sama ukurannya )
  4. Kunci inggris 2 pcs
  5. Gauge manifold
  6. Tang potong
  7. Palu

Setelah semua peralatan di atas kita siapkan, sekarang ikuti step by step cara bongkar AC berikut ini.

Cara bongkar AC tanpa membuang freon yang benar

Cara menyimpan / pump down freon pada sistem AC

1# Langkah pertama : Nyalakan AC terlebih dahulu, kemudian biarkan nyala beberapa menit agar sirkulasi freon stabil.

2# Langkah kedua : Sekarang Anda pergi ke bagian unit outdoor, lalu buka tutup bagian kabel kiriman dan tutup di bagian kran pipa refrigrant ( jika ada ).

3# Langkah ketiga : Buka tutup krang pengisian freon, kemudian pasangkan selang warna biru manifold pada kran pengisian freon tersebut ( jangan lupa di tutup untuk kran yang di manifold ).

4# Langkah keempat : Buka tutup / baut kran pipa kecil dan besar menggunakan kunci inggris.

5# Langkah kelima : Selanjutnya, tutup kran pipa kecil terlebih dahulu menggunakan kunci L. ( ingat pipa kecil terlebih dulu ).

6# Langkah keenam : Perhatikan jarum pada manifold, secara perlahan akan turun dan pastikan hingga sampai angka 0 ( NOL ).

7# Langkah ketujuh : Kemudian, segera tutup kran pipa yang besar menggunakan kunci L, lalu matikan AC secepat mungkin. Agar bisa cepat, Anda bisa memotong kabel kirimannya menggunakan tang potong yang tadi sudah disediakan, atau Anda bisa memerintahkan teman Anda untuk segera mematikan AC-nya melalui remote, yang tentunya sudah Anda komunikasikan dengan teman Anda sebelumnya.

Sampai di sini, selamat Anda sudah berhasil melakukan pump down atau menyimpan gas freon ke dalam mesin kompresor. Selanjutnya, Anda bisa mulai membongkar AC tersebut pada bagian indoor atau outdoor, terserah mana yang ingin Anda dahulukan.

Baca Juga: Pipa AC Berembun, Apakah Berbahaya? Simak Berikut ini!

..namun, saya sarankan untuk memutuskan kabel power supplay-nya terlebih dahulu agar Anda lebih aman saat membongkarnya.

Adapun caranya, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara bongkar unit indoor AC

  1. Putuskan kabel power-nya terlebih dahulu
  2. Lepas selang pembuangan ( water drain )
  3. Lepas sambungan nepel yang menghubungkan unit indoor dengan pipa instalasi menggunakan 2 kunci inggris ( satu kunci inggris untuk nahan, yang satu untuk memutar baut nepel )
  4. Lepas atau turunkan unit indoor dari breaket
  5. Lepas breaket indoor, jika breaket ini di paku ke dinding, Anda bisa mencongkelnya menggunakan obeng (-) atau pahat. Namun jika dibaut, Anda akan lebih mudah melepasnya, yakni bisa menggunakan obeng.

Cara bongkar unit outdoor AC

  1. Lepaskan kabel power kiriman dari unit indoor
  2. Lepas baut / nepel yang menghubungkan antara unit outdoor dengan pipa instalasi
  3. Jika unit di breaket, lepas baut pengikat antara unit outdoor dengan breaket tersebut, kemudian turunkan indoor dari breaket.
  4. Selanjutnya, silakan Anda lepas breaket tersebut dari dinabol yang menanjap pada dinding menggunakan kunci pas atau kunci inggris.

Jika unit outdoor tidak di breaket, abaikan langkah nomor 3 dan 4.

Pastikan juga Anda melakukan cara bongkar AC ini dengan rapi, sehingga AC tetap dalam kondisi baik saat nantinya mau dipasang kembali. Jika memungkinan, bongkar juga pipa instalasi-nya, karena jika masih layak dipakai, pipa tersebut juga masih bisa digunakan kembali.

Namun, jika tidak memungkinkan misalnya pipa ditanam di tembok, akan lebih baik biarkan saja pipa tersebut dari pada Anda harus merusak / membongkar tembok dinding-nya.

Baca Juga: Benarkah AC Inverter Hemat Listrik Dibanding AC Konvensional

Nah, itulah beberapa tips atau panduan cara bongkar AC tanpa buang freon dari kami, semoga bisa membantu Anda. Jika ada yang masih belum ada dimengerti, silakan tinggalkan pertanyaan Anda di kolom komentar. Saya akan sangat senang membantu Anda.

..Atau, Anda juga bisa menambahkan informasi ini di kolom komentar, sehingga pembaca yang lain bisa lebih tahu. Jangan lupa juga share artikel ini kepada teman dan kerabat Anda jika menurut Anda ini bermanfaat.

Dapatkan konten menarik lainnya dengan follow akun sosial media kami.

Instagram : @Dutaserviceac | FP Facebook : Duta Jaya Technic – Professional Service

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.