Beranda News Pahami Arti Fitur dan Istilah pada AC agar Tak Gagal Paham

Pahami Arti Fitur dan Istilah pada AC agar Tak Gagal Paham

212
0
fitur dan istilah pada ac
fitur dan istilah pada ac

Inverter, Super Jetstream Mode, Jet Dry, Wind-Free, Auto Clean, Watt Control, SmartThinQ, Air Purifier, Gold Fin, hingga Ionizer Sterilization, adalah contoh-contoh istilah atau fitur-fitur yang sering disematkan pada produk air conditioner (AC) yang kadang-kadang mendatangkan kebingungan tersendiri bagi mereka yang awam.

Sekalipun istilah-istilah tersebut menggunakan bahasa Inggris yang seharusnya bisa diterjemahkan dengan mudah sehingga dapat tangkap maksudnya, namun tidak banyak orang awam yang menguasai bahasa Inggris dan bisa memahami sepenuhnya maksud dari istilah-istilah AC tersebut. Sehingga tak begitu mengherankan apabila masih banyak orang yang bertanya-tanya, “apa sebenarnya maksud dan kegunaan fitur-fitur tersebut?”

Fitur dan Istilah pada AC serta Kegunaannya

Agar Anda bisa memahami dan tidak gagal paham dengan baik fungsi dan atau kegunaan macam-macam fitur dan istilah-istilah yang sering disematkan pada alat penyejuk udara, kami telah mengumpulkan berbagai macam istilah yang kerap digunakan oleh merk AC terkenal seperti LG, Samsung, Sharp, Gree, Daikin, hingga Polytron.

SmartThinQ

Ini adalah teknologi terbaru yang diperkenalkan oleh LG untuk hampir berbagai macam home appliance yang mereka produksi. Mulai dari mesin cuci, kulkas, hingga AC. Teknologi SmartThinQ adalah teknologi pintar yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup modern.

Baca Juga: Tips Merawat AC Agar Awet Hingga 10 Tahun Lebih

Dengan adanya teknologi ini, Anda bisa mengontrol dan memerintah perangkat elektronik dari jarak jauh menggunakan aplikasi di smartphone.

Jadi, sekalipun belum sampai rumah, Anda sudah bisa menghidupkan AC sehingga, ketika masuk rumah kondisi ruangan sudah dalam keadaan sejuk dan dingin.

Ionizer Sterilization

Fitur ini sebenarnya lebih dikenal dengan istilah Ionizer Plasmaster Sterilization. Fungsinya adalah untuk melindungi pengguna AC menggunakan filter khusus agar tidak terpapar zat berbahaya yang terkandung di dalam udara.

Teknologi ini secara otomatis mencegah pembentukan bakteri dengan menggunakan ion sehingga AC bebas jamur dan tidak berbau.

Selain bisa mensterilkan udara dari bakteri teknologi ini juga bisa menggabungkan molekul-molekul air di udara untuk memberikan kelembaban ekstra dan mengontrol kelembaban di dalam ruangan.

Baca Juga: Hidup Lebih Sehat dengan Teknologi Nanoe Pada AC Panasonic

Sehingga, kulit orang yang berada di ruangan ber-AC akan tetap lembab alih-alih kering seperti yang kerap dirasakan ketika berada di ruangan dengan AC konvensional.

Auto Cleaning

Sama seperti teknologi Ionizer Sterilization, teknologi ini juga banyak dijumpai di AC merek lain. Fungsinya adalah untuk membersihkan dan mencegah berkumpulnya bakteri dan terbentuknya jamur pada heat exchanger sehingga lingkungan akan terasa lebih nyaman dan lebih baik bagi pengguna.

Jet Dry

Fungsi utama teknologi adalah mengurangi kelembaban pada area yang kelembabannya tinggi sehingga ruangan akan terasa tetap segar dan kering.

Gold Fin

Fitur ini digunakan untuk melindungi unit dari kerusakan akibat korosi sehingga tidak mudah rusak dan lebih tahan panas, yang pada gilirannya akan membuat unit lebih awet dan tahan lama.

Auto Swing

Fungsinya adalah untuk mengatur arah hembusan udara yang keluar dari AC. Fitur ini bisa diatur atau dihidupkan dan dimatikan melalui remote AC.

Dual Inverter

Teknologi AC dual inverter sangat populer pada produk-produk LG. AC yang menggunakan teknologi ini dilengkapi dengan dua router di dalam kompresor-nya sehingga membuatnya bisa bekerja secara lebih efisien dan lebih baik.

Dengan teknologi ini, AC akan mengkonsumsi daya lebih rendah namun tetap bisa mendinginkan ruangan hingga 40% lebih dingin dibandingkan dengan AC standar.

Baca Juga: Benarkah AC Inverter Hemat Listrik Dibanding AC Konvensional

Selain itu, tingkat kebisingan dari AC dual inverter juga lebih rendah dibandingkan dengan AC non-inverter.

Watt Control

Fitur watt control berfungsi secara otomatis mengatur konsumsi daya listrik (watt) dalam beberapa tingkatan yang disesuaikan dengan situasi pada saat itu.

Sehingga, daya (listrik) yang ada di rumah tidak akan digunakan semua untuk menjalankan AC. Melainkan, akan dibagi-bagi dengan perangkat-perangkat lain sehingga listrik tidak akan jeglek sekalipun daya yang tersedia sangat terbatas.

TUV Rheinland

TUV Rheinland adalah organisasi swasta yang bergerak di bidang pengujian, inspeksi, dan layanan sertifikasi.

AC yang dilengkapi dengan keterangan TUV Rheinland berarti telah lulus uji dan mengantongi sertifikasi Power-Saving (kemampuan menghemat daya) serta Fast Cooling (kecepatan dalam mendinginkan ruangan).

Super Multi Hot Water

Teknologi ini hanya dimiliki oleh AC Daikin tipe Multi Split yang inovatif dan bisa menghasilkan air panas memanfaatkan panas buangan yang berasal dari hasil proses pendinginan sebuah air conditioner.

Baca Juga: Rekomendasi Water Heater Hemat Listrik dan Harganya

Jadi, AC tidak hanya berfungsi untuk mendinginkan ruangan saja melainkan bisa juga sekaligus digunakan untuk membuat air panas.

Eco Mode (Power Saving Mode)

Eco Mode dikenal juga dengan istilah Power Saving Mode, adalah fitur yang tidak hanya ditemukan pada teknologi AC melainkan, juga disematkan pada berbagai macam perangkat elektronik lainnya termasuk mobil (eco-driving), mesin cuci, kulkas, lampu (LED), hingga televisi.

Kegunaannya adalah untuk meningkatkan efisiensi penggunaan energi. Sehingga tak mengherankan apabila AC yang dilengkapi dengan Eco Mode bisa menghemat lebih banyak energi listrik.

3D AirFlow

Berfungsi untuk mengedarkan udara sejuk ke setiap sudut ruangan dengan aliran yang mengikuti desain 3 dimensi memanfaatkan auto swing vertikal dan horizontal yang terdapat pada ada AC.

Air Purifier

Fungsi teknologi ini tidak jauh berbeda dengan Ion Sterilization, yaitu berfungsi untuk membersihkan udara dari bakteri maupun alergen sehingga udara yang dihasilkan oleh AC jadi jauh lebih bersih dan lebih sehat.

Self-diagnosis

Fungsi fitur ini adalah untuk mengaktifkan indikator pada panel yang akan memberitahukan kita mengenai adanya masalah atau kerusakan pada AC sehingga lebih mudah diidentifikasi dan diperbaiki sendiri tanpa harus memanggil teknisi AC.

Intelligent Eye

Layaknya mata yang bisa memandang dan mengidentifikasi, teknologi Intelligent Eye berfungsi untuk mendeteksi gerakan manusia di berbagai zona dengan memanfaatkan sensor infrared. Sehingga, AC bisa bekerja secara efisien untuk mendinginkan dan memberikan kesejukan kemanapun orang yang ada di ruangan ber-AC bergerak.

Teknologi AIoT

Teknologi ini umumnya hanya dijumpai pada AC Sharp. Fungsinya adalah untuk memberikan kenyamanan bagi Anda selama berada di ruangan ber-AC. Teknologi ini akan merekam aktifitas rutin Anda sehingga AC bisa memberikan performa terbaik sesuai dengan kebiasaan tersebut.

Baca Juga: Tipe AC Sharp Plasmacluster, Apa Fitur Unggulannya ?

AIoT merupakan singkatan dari Ai (artificial intelligence) dan IoT (Internet of Things). Kelebihan teknologi ini tidak hanya terletak pada kemampuannya dalam memberikan pelayanan maksimal selama Anda berada di ruangan ber-AC, tapi juga bisa merasakan, berpikir, dan memberikan saran sehingga gaya hidup yang Anda terapkan terasa lebih nyaman.

Shield Protection

Istilah ini akan lebih sering Anda jumpai jika membeli AC merk Sharp. Shields Protection adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan bahwa produk (AC) telah melewati standar kualitas yang ketat. Sehingga, aman digunakan dan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama (awet).

Sejumlah perlindungan yang dimaksudkan antara lain: perlindungan terhadap petir, perlindungan dari korosi atau karat, voltase yang tidak stabil, perlindungan dari benturan atau akibat terjatuh, bahaya api, perlindungan dari getaran, hingga cuaca ekstrem.

Wind-Free

Ini adalah fitur yang akan Anda temukan jika membeli AC Samsung. Teknologi ini bisa memberikan aliran udara yang lebih lembut dan halus sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan Anda.

Lebih-lebih jika AC mengarah langsung ke arah di mana Anda berada. Dengan adanya teknologi Wind Free ini, Anda tak perlu lagi takut masuk angin atau kedinginan saat berada di zona tertentu di ruangan ber-AC.

Baca Juga: 7 Pilihan AC Inverter 1 PK Terbaik Harga Mulai 3 Jutaan

Itulah macam-macam fitur AC serta berbagai macam teknologi atau istilah-istilah yang sering digunakan serta kegunaannya. Semoga, artikel ini bisa membantu Anda lebih memahami mengenai istilah-istilah atau fitur yang sering disematkan pada AC. Sehingga, Anda bisa memilih dan mengambil pertimbangan yang lebih baik sebelum membeli penyejuk udara.

Dapatkan konten menarik lainnya dengan follow akun sosial media kami.

Instagram : @Dutaserviceac | FP Facebook : Duta Jaya Technic – Professional Service

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.