Beranda Artikel Rekomendasi AC Terbaik Untuk Rumah Kontrakan

Rekomendasi AC Terbaik Untuk Rumah Kontrakan

377
0
rekomendasi ac untuk rumah kontrakan

Mengontrak sebuah rumah adalah pilihan yang tak terelakkan bagi sebagian orang atau keluarga. Alasan setiap orang mengontrak rumah bermacam-macam. Mulai dari kebutuhan tempat tinggal sementara waktu.

Misalnya hanya untuk hunian selama bertugas, karena belum mampu membeli rumah atau kredit rumah. Atau, bisa juga di sebabkan karena rumah milik sendiri sedang direnovasi sehingga tidak mungkin untuk ditempati.

Beberapa tahun belakangan ini, udara di Indonesia terasa cukup panas. Terutama di kota-kota besar yang minim pepohonan. Selain cuaca yang panas, udara juga terasa gerah sehingga membuat penghuni rumah, sekalipun berada di dalam rumah, tetap merasa gerah dan berkeringat.

Memilih mendinginkan suhu dengan menggunakan kipas angin seringkali tidak bisa memberikan rasa nyaman, karena udara yang sudah kadung panas sehingga hembusan angin dari kipas juga panas hangat alih-alih dingin seperti yang diinginkan.

Baca Juga: Rekomendasi AC Tipe Standard dari Berbagai Merk

Mau tak mau, menggunakan AC adalah pilihan tepat untuk mendinginkan ruangan. Sehingga, penghuni di dalam rumah kontrakan merasa lebih nyaman.

Rekomendasi AC untuk di install di rumah kontrakan haruslah yang mudah dibongkar pasang atau bisa juga yang bersifat portable. Walau demikian, kebutuhan AC setiap orang tentu saja bisa berbeda-beda tergantung kemampuan finansial serta faktor-faktor lain–seperti daya listrik serta jumlah kamar yang akan didinginkan.

Rekomendasi AC untuk rumah kontrakan

Bagi Anda yang kebetulan sedang mencari AC yang cocok untuk di pasang di sebuah kontrakan rumah, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

  • Pilihlah AC inverter atau Low Watt jika Anda tinggal di sebuah rumah kontrakan dengan daya listrik terbatas.
  • Gunakan AC multi split jika ingin lebih hemat tempat dan instalasinya lebih sederhana.
  • Hindari menggunakan AC model cassette yang mengharuskan Anda melubangi langit-langit serta instalasinya lebih rumit.
  • Pilihlah AC yang cocok dengan rumah milik sendiri (yang sedang direnovasi atau berencana untuk dibangun). Sehingga, di masa depan setelah rumah selesai direnovasi atau sudah jadi, Anda tinggal memindahkan AC dan tidak perlu lagi membeli yang baru karena yang lama sudah sesuai dengan kebutuhan.

Pilihan AC untuk rumah kontrakan yang kami sarankan

AC multi split

Hampir setiap merek mesin penyejuk udara populer menyediakan model multi split. Mulai dari merek Daikin, Polytron, LG, Samsung, Sharp, hingga Gree. Kami menyarankan Anda menggunakan AC multi split karena AC ini memiliki banyak keunggulan dan sangat cocok ditempatkan di rumah kontrakan. Diantara keunggulan tersebut adalah,

Lebih hemat energi karena hanya menggunakan satu unit outdoor yang bisa dikombinasikan dengan dua atau lebih unit indoor. Tidak hanya bisa dipasangkan dengan unit indoor yang modelnya sama, sebuah unit outdoor biasanya juga ada yang yang bisa dikombinasikan dengan beberapa tipe unit indoor. Mulai dari model wall mounted, AC window, hingga model cassette.

Baca Juga: Mengenal Ciri-Ciri AC Kurang Freon Yang Harus Diketahui

Pilih AC Low Watt jika daya yang tersedia sangat terbatas

Rekomendasi AC untuk rumah kontrakan selanjutnya adalah AC yang kebutuhan dayanya sangat rendah. Contoh AC yang menyerap daya sangat rendah adalah AC dengan kapasitas 1/2 PK. Sebagian besar AC terbaru telah dilengkapi dengan fitur Low Watt yang akan membantu kita mengurangi kebutuhan daya dari penyejuk ruangan.

Sehingga, sekalipun rumah kontrakan hanya dilengkapi dengan listrik 900 watt atau 1300 watt, Anda tetap bisa membagi-bagi daya untuk menghidupkan berbagai perangkat elektronik lainnya seperti mesin cuci, televisi, setrika, hingga rice cooker dan kulkas.

Beberapa contoh AC Low Watt yang kami rekomendasikan diantaranya adalah:

  • LG Dual Cool E06SV4 Bagi Anda yang membutuhkan AC 0.5 PK atau tipe P10RV3 Jika Anda membutuhkan AC 1 PK
  • AC Polytron multi split seperti Neuva ICE Series
  • AC Gree Inverter F1
  • Daikin MULTI-S 2/3 Connection

Pilih air conditioner yang yang menggunakan teknologi inverter

Alih-alih memilih AC standar atau model konvensional, Anda lebih disarankan memilih AC inverter jika tinggal di rumah kontrakan. Disamping menawarkan teknologi tinggi yang lebih awet, AC inverter juga menawarkan kebutuhan daya yang lebih rendah serta hemat energi.

Baca Juga: Mengenal AC Standard, Low Watt dan Inverter, Pilih yang Mana?

Apabila dipasang dan digunakan dengan benar, AC inverter seperti LG P10RV3 bisa membantu menghemat energi hingga 70%. Kita pun akan lebih nyaman dan lebih tenang karena AC inverter rata-rata hadir dengan garansi kompresor minimal 10 tahun dan teknologi watt control yang memungkinkan kita untuk menghidupkan AC tanpa perlu mematikan perangkat elektronik lainnya sekalipun daya listrik di rumah sangat terbatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.