Beranda Panduan Panduan Membeli Microwave Oven Menurut Ahli Dapur

Panduan Membeli Microwave Oven Menurut Ahli Dapur

276
0
panduan membeli microwave

Bagi seorang ibu rumah tangga memiliki microwave di rumah atau di dapur adalah sebuah keharusan. Tidak hanya akan memudahkan kita saat memasak sayur dan berbagai jenis kue, microwave juga bisa diandalkan untuk melakukan banyak hal.

Mulai dari mengurangi uap bawang sehingga saat diiris tidak membuat mata perih, bisa digunakan juga untuk memudahkan kita mengupas bawang putih, hingga bisa juga diandalkan untuk mempercepat proses pencairan makanan beku.

Disamping berbagai manfaat tersebut, tentu ada banyak manfaat lain yang bisa diperoleh dari sebuah oven microwave, terutama untuk memasak dan menghangatkan/memanaskan makanan sebelum disajikan.

Namun, memilih sebuah microwave yang bagus dan tepat untuk dibeli kadang tidak semudah dan sesederhana yang kita pikirkan. Meskipun, apa yang kita pikirkan tersebut adalah sebuah “bantuan” yang tidak boleh kita abaikan. Mengingat setiap orang memiliki seleranya masing-masing. Dan jangan khawatir, di pasaran ada banyak model, merk, dan tipe microwave yang bisa memenuhi kriteria atau selera Anda.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik dari Berbagai Merk

Bagi Anda yang berniat untuk membeli sebuah microwave dalam waktu dekat. Selain memilih berdasarkan selera, Anda juga perlu mempertimbangkan pendapat ahli dapur mengenai cara memilih microwave yang tepat.

..dan langsung saja silahkan simak beberapa panduan membeli microwave dari ahli dapur berikut ini, agar tak salah pilih dan sesuai kebutuhan.

1. Jenis microwave seperti apa yang Anda butuhkan?

Menurut penempatannya, ada 3 (tiga) jenis microwave yang bisa kita jumpai di pasaran, yaitu:

1. Model countertop. Dalam bahasa Indonesia, tipe atau model seperti ini lebih kita kenal dengan istilah microwave meja karena umumnya diletakkan di atas meja

2. Over-the-range microwave. Adalah model microwave yang umumnya diletakkan menggantung di atas kompor menggunakan bracket

3. Model yang terakhir ini adalah microwave model tanam yang dapat diletakkan di bawah meja atau diselipkan diantara lemari (kitchen set)

Dari ketiga pilihan di atas, countertop microwave adalah yang paling umum kita jumpai dan harganya pun paling terjangkau.

Biasanya, Ibu rumah tangga sangat menyukai model yang satu ini karena penempatannya yang cukup fleksibel dan mudah dipindah-pindahkan. Apalagi, kebanyakan dapur rumah-rumah di Indonesia masih mengadopsi dapur basah.

Sedangkan dua model lainnya, selain harganya lebih mahal juga membutuhkan tenaga ahli profesional untuk memasang microwave tersebut di dapur. Akan tetapi, harganya yang mahal tentu saja sepadan dengan manfaatnya.

Baik model build-in maupun over the range, kedua-duanya akan membuat dapur kita terlihat lebih mewah dan rapi. Sehingga, kedua model ini banyak dipilih oleh ibu-ibu yang dapurnya sudah mengadopsi dapur kering atau model modern.

2. Sebesar apa microwave yang Anda butuhkan?

Setelah menentukan pilihan model yang Anda inginkan, selanjutnya Anda perlu menanyakan diri sendiri mengenai ukuran microwave yang Anda butuhkan?

Setiap orang memiliki kebutuhannya sendiri sendiri sesuai dengan apa yang akan mereka masak, seberapa besar atau seberapa banyak masakan yang akan mereka masukkan ke dalam microwave, hingga seberapa sering menggunakannya setiap hari?

Apabila dapur di rumah Anda berukuran kecil atau mini, idealnya Anda harus memilih microwave yang juga berukuran kecil dan tidak banyak makan tempat.

Tapi, apabila kebutuhan mengharuskan Anda untuk membeli microwave berukuran besar, maka tidak ada salahnya untuk membeli yang besar. Karena, Anda pasti bisa menemukan tempat yang tepat untuk meletakkan perabot dapur tersebut.

Setidaknya, Ada 4 ukuran microwave yang umum kita temukan di pasaran yaitu:

1. Ukuran di bawah 20 liter, seperti misalnya 17 liter. Sangat cocok digunakan untuk dapur mini dan keluarga kecil. ini adalah pilihan microwave harga paling terjangkau

2. Ukuran 20 – 25 L. Adalah pilihan sempurna bagi keluarga kecil dengan 1-2 anak

3. Ukuran 25 – 35 L. Cocok digunakan oleh mereka yang yang memiliki anggota keluarga terdiri atas 4 – 5 orang dan memiliki dapur yang cukup luas

4. Ukuran 30 liter atau lebih besar. Sebuah microwave berukuran 30 liter atau lebih cocok digunakan oleh keluarga besar yang terdiri atas 5 orang atau lebih, atau untuk Anda yang yang berbisnis kue atau berbagai jenis makanan lainnya

Baca Juga: Cara Merawat Microwave Agar Awet dan Tahan Lama

3. Jenis inner table

Di dalam microwave, terdapat tatakan atau tempat meletakkan wadah makanan yang disebut table (meja) dan terbagi menjadi dua pilihan yaitu, meja putar (turntable) dan meja datar (flat table).

a. Microwave turntable

  • Kegunaan meja yang bisa berputar di bagian dalam microwave adalah untuk merotasi makanan saat dimasak atau dipanaskan sehingga matang secara merata. Kelemahannya, selain agak sulit dibersihkan, model microwave turntable mengharuskan kita untuk memasukkan makanan atau wadah yang sekiranya bisa berputar dan tidak mengenai dinding microwave
  • Flat table microwave adalah yang paling banyak dipilih oleh ibu-ibu rumah tangga karena dianggap lebih praktis dan mudah dibersihkan serta luasnya bisa dimanfaatkan secara maksimal

Bagaimana dengan harganya? Apakah ada perbedaan signifikan antara harga model flat table dan turntable? Tentu saja.

Harga flat table microwave umumnya sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan model turntable.

4. Seberapa besar daya listrik di rumah Anda?

Besarnya daya listrik di rumah Anda akan mempengaruhi pilihan microwave yang harus Anda beli. Selain daya listrik, Anda juga perlu mempertimbangkan watt microwave berdasarkan kebutuhan.

Sebuah microwave yang membutuhkan daya 700 watt pasti akan mematangkan atau menghangatkan masakan lebih lambat jika dibandingkan dengan microwave berkekuatan 1000 watt atau lebih.

Apakah itu artinya microwave yang hemat daya lebih mahal dibandingkan dengan microwave yang membutuhkan daya cukup tinggi? Tidak juga.

Justru sebaliknya, microwave yang dilengkapi dengan kebutuhan daya yang tinggi cenderung dihargai lebih mahal jika dibandingkan dengan microwave yang kebutuhan dayanya rendah.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Makanan dari Microwave

5. Spesifikasi dan fitur apa saja yang Anda butuhkan?

Tujuan utama microwave diciptakan adalah untuk mempermudah kita saat memasak atau memanaskan makanan. Atau untuk memudahkan kita saat mencairkan makanan yang baru dikeluarkan dari freezer.

Berbagai fitur seperti, pencairan otomatis atau fitur untuk menghangatkan camilan dan berbagai fitur lain, termasuk sensor suhu hingga sensor kelembaban dan sensor berat kadang-kadang kita butuhkan, kadang juga tidak.

Sebuah microwave multifungsi sudah pasti bisa akan membantu Anda menghemat ruang di dapur sekaligus menghemat waktu yang Anda butuhkan untuk memasak. Itu artinya, sebuah microwave multifungsi bisa membuat kinerja Anda di dapur lebih efisien.

Namun, apabila Anda tidak terlalu membutuhkan berbagai macam sensor dan tombol serta pengaturan atau microwave multifungsi, sah-sah saja apabila Anda memilih sebuah mikroskop sederhana yang harganya lebih terjangkau.

Jika Anda ingin mendapatkan referensi mengenai beberapa microwave terbaik di kelasnya, Anda bisa membaca ulasan singkat mengenai 5 pilihan microwave terbaik yang telah kami tulis sebelumnya.

Semoga panduan membeli microwave di atas bisa menjadi acuan Anda sebelum memtuskan untuk memeli micorwave yang seperti apa. Jangan lupa bagikan tulisan ini jika menurut Anda ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.