Beranda Artikel Jangan Biasakan Menaruh Barang di Atas Kulkas, Ini Akibatnya!

Jangan Biasakan Menaruh Barang di Atas Kulkas, Ini Akibatnya!

96
0
menaruh barang di atas kulkas

Kebiasaan menaruh barang di atas kulkas sudah menjadi tren tersendiri di kalangan pengguna lemari es. Alasannya, tidak lain untuk menambah estetika di dalam rumah, atau barang-barang tersebut agar lebih mudah di jangkau.

Barang-barang tersebut bermacam-macam, mulai dari hiasan bunga hingga barang-barang berat lainnya. Bahkan, ada juga barang-barang elektronik yang dapat mengeluarkan suhu panas, misalnya seperti microwave dan rice cooker.

Selain alasan yang kami sebutkan di atas, sudut ruangan yang sempit menjadi faktor utama dan memaksa para pengguna untuk tetap menaruh barang di atas kulkas.

Baca Juga: Apa Itu Refrigerator dan Fungsinya? Simak Berikut ini!

Namun, perlu kita ketahui bersama ternyata beberapa ahli menyarankan untuk tidak menaruh barang di atas kulkas. Karena hal tersebut dapat memperpendek masa pakai lemari es, dan bisa berdampak dalam ketegori berbahaya lainnya.

Dampak menaruh barang di atas kulkas

Kami telah merangkum dari berbagai sumber, dan inilah beberapa kemungkinan dampaknya jika kita menaruh barang di atas lemari pendingin atau kulkas.

1. Bisa memperpendek masa pakai kulkas

Pada body bagian luar kulkas baik samping, belakang, dan atas akan terasa hangat jika kita pegang. Bahkan bisa sampai terasa panas jika kulkas tersebut bekerja lebih keras.

Hal tersebut terjadi karena proses pendinginan dari sebuah lemari es, dimana suhu panas di dalam kulkas di serap oleh kondensor yang ada di dalam body kulkas tersebut, hingga sampai bagian dalam kulkas menjadi dingin karena telah mencapai pada titik suhu terendah.

Jika di atas kulkas kita taruh barang, tentu dapat menghambat proses pembuangan panas. Yang pada akhirnya kulkas bekerja lebih lama. Apabila dibiarkan, tentu ini bisa membuat kulkas lebih cepat rusak sebelum waktunya.

Baca Juga: Kebiasaan Sepele yang Dapat Menyebabkan Kulkas Cepat Rusak

2. Bisa mengakibatkan kebakaran

Jika suhu panas tidak bisa terbuang dengan baik, tentu tidak menutup kemungkinan bisa mengakibatkan kebakaran. Terlebih jika Anda menaruh barang di atas kulkas yang juga mengeluarkan suhu panas, seperti: microwave, rice cooker, dan sejenisnya.

Kebakaran akibat menaruh rice cooker di atas kulkas juga sudah pernah terjadi dan menimpa pada tetangga kami.

Kejadian tersebut bermula saat sang istri dari tetangga kami sedang memasak nasi menggunakan rice cooker yang dia taruh di atas kulkas. Kemudian dia tinggal keluar untuk membeli sesuatu, di saat rice cooker dalam proses memasak nasi, api berkobar di atas kulkas.

Untung saja sang suami sedang berada di rumah, mengetahui ada api yang berkobar yang belum terlalu besar, sang suami langsung menyiramnya dengan air dan akhirnya api bisa padam seketika.

Itulah sedikit cerita dari tetangga kami yang nyata pernah terjadi. Tentu Anda tidak menginginkan kejadian tersebut menimpa Anda, oleh karena jangan sekali-kali menaruh rice cooker di atas kulkas.

3. Kulkas menjadi tidak optimal dan sering bermasalah

Karena suhu panas tidak bisa terbuang akibat terhalang suatu barang, tentu ini dapat mempengaruhi kinerja dari kulkas. Selain itu, ini juga mengakibatkan proses pendinginan lebih lama dan akhirnya mesin kompresor dipaksa untuk terus bekerja.

Akibat hal ini, biasanya kulkas mengalami masalah yang diantaranya sebagai berikut:

  • Kulkas menjadi kurang dingin
  • Mesin kompresor dipaksa untuk terus bekerja
  • Terjadi overheat dibagian mesin
  • Ampere kompresor naik melebihi batas maksimal

Baca Juga: Penyebab Kompresor Kulkas Mati Hidup dan Solusinya

4. Tagihan listrik naik

Seperti yang sudah kami katakan di atas, salah satu dampak manaruh barang di atas kulkas bisa mengakibatkan mesin kompresor bekerja lebih lama.

Yang mana ini juga membutuhkan energi listrik yang lebih, dan sangat memungkinkan tagihan listrik Anda juga ikut naik. Tentu ini bisa menjadi pemborosan, bukan?

Namun, semua ini dapat kita hindari dengan tidak membiasakan menaruh barang di atas kulkas. Dan jika masih tetap bersikukuh atau terpaksa, jangan lupa untuk memberinya kain atau alas yang dapat menyerap panas dengan baik tepat di atas kulkas terlebih dulu.

Kalau dari kami lebih menyarankan untuk tidak menaruh barang di atas kulkas, demi menghindari kemungkinan buruk terjadi.

Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya ke saudara dan teman di sosial media Anda.
—-

Baca Juga: Jangan Lakukan Ini Saat Membersihkan Bunga Es Pada Kulkas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.