Beranda Artikel Kode Ukuran AC Split Low Watt dan Harganya

Kode Ukuran AC Split Low Watt dan Harganya

687
0
kode ukuran ac split low watt

AC atau air conditioner, jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia bukan berarti pendingin udara, melainkan penyejuk udara. Walau demikian banyak juga yang menyebutnya dengan istilah pendingin udara.

Ya, AC adalah sistem atau mesin yang dirancang secara khusus untuk mengkondisikan suhu udara serta kelembabannya pada sebuah ruangan agar nyaman bagi tubuh manusia. Menurut penelitian, tingkat kenyamanan udara yang paling ideal untuk manusia berkisar antara 24° C s/d 25° C dengan tingkat kelembaban antara 40%-60%.

Macam-macam AC

Di era modern ini, jenis AC semakin banyak karena kebutuhan setiap orang sangat beragam dan berbeda-beda. Sehingga, 1 jenis AC saja tidak cukup untuk mengakomodir atau memenuhi kebutuhan setiap orang. Oleh sebab itu, tak mengherankan apabila sebuah produsen AC bisa mengeluarkan 3-4 jenis AC. Berdasarkan teknologinya, AC dibedakan menjadi 3 yaitu:

  • AC standar
  • AC low watt
  • AC inverter

Ketiga pilihan AC di atas, ada yang berbentuk single split dan multi split. AC single split adalah 1 unit outdoor dipasangkan dengan 1 unit indoor. Ini adalah solusi tepat untuk Anda yang membutuhkan AC di sebuah ruangan atau kamar.

AC multi split adalah pilihan jika Anda ingin mendinginkan kamar atau ruangan yang jumlahnya lebih dari 1. Desain model air con ini terdiri atas 1 unit outdoor yang dipasangkan dengan dua atau lebih unit indoor yang sama ataupun berbeda tipe.

Dengan kata lain, pada multi split, Anda bisa memasangkan 1 unit outdoor dengan 3 AC indoor dengan kapasitas dan jenis yang sama, misalnya 3 buah AC Daikin 0.5PK seri FTKC15PVM4. Atau, Anda bisa memasangkan 1 unit outdoor dengan 3 unit indoor yang berbeda jenis. Contoh, 1 unit wallmounted, 1 unit model cassette, dan sisanya adalah model konsol.

Baca Juga: Mengenal AC Standard, Low Watt dan Inverter, Pilih yang Mana?

Kode ukuran AC Split low watt dan harganya

Ac split

Seperti yang telah dijelaskan di atas, memilih single atau multi split sangat bergantung pada jumlah ruangan atau kamar yang akan dipasangkan AC.

AC low watt

Sedangkan untuk AC low watt, istilah ini digunakan untuk menyebutkan air conditioner yang kebutuhan daya listriknya sangat rendah.

Contoh, jika di rumah Anda hanya tersedia listrik 900 watt untuk menghidupkan berbagai macam elektronik yang kadang-kadang hidup secara bersamaan. Mulai dari kulkas, mesin cuci, rice cooker, setrika, TV, hingga dispenser. Jika perangkat elektronik tersebut semuanya hidup, bisa dipastikan kalau daya listrik yang tersisa tentu akan sangat sedikit.

Nah, agar AC tetap bisa dihidupkan sekalipun sisa daya sangat sedikit, maka kita harus memilih AC low watt yang kebutuhan dayanya sangat rendah. Jadi, AC tipe low watt adalah pilihan yang tepat bagi Anda jika daya listrik di rumah sangat terbatas.

Ketika kedua teknologi tersebut digabungkan, maka terciptalah AC split low watt. Hampir semua merk AC mengeluarkan model AC seperti ini. Bagi Anda yang tertarik untuk membeli, berikut adalah contoh kode ukuran AC Split low watt dan harganya.

Baca Juga: Kode Ukuran AC Split Tipe Standard dari Semua Merk

Daikin

Untuk model multi split, salah satu yang kami sarankan adalah model Multi-S 2 Connection. AC Daikin multi split ini memiliki tiga keunggulan utama yaitu: Hemat tempat, irit listrik, dan hemat energi.

Satu unit outdoor bisa digunakan untuk mengoperasikan dua unit indoor sekaligus dan hanya membutuhkan daya sebesar 380 watt.

Kode ukuran AC Split unit indoor yang digunakan adalah 2MKC30RVM (15+15) yang terdiri atas CTKC15RVM4 (0.5PK) + CTKC15RVM4 (0.5PK). Atau, tipe 2MKC30RVM (15+20) yang terdiri atas CTKC15RVM4 (0.5PK) + CTKC20RVM4 (0.71PK).

Harga AC split Daikin Multi-S 2 Connection sekitar Rp 8 jutaan. Harga tersebut bisa berbeda-beda tergantung di mana Anda membelinya. Jika ingin dapat harga murah, Anda kami sarankan membeli di toko online.

Kode ukuran AC Split low watt Daikin lainnya yang bisa Anda beli adalah AC Daikin dengan seri FTV. Seperti misalnya, FTV15BXV14 (1/2 PK) Harga Rp 3 Jutaan, FTV20BXV14 (3/4 PK), FTV25BXV14 (1 PK), FTV35BXV14 (1.5 PK), FTV50BXV14 (2 PK), dan FTV60BXV14 (2.5 PK).

Baca Juga: Penjualan AC Daikin Meningkat 5% di Tahun 2019

Kode ukuran AC Split low watt Sharp

AC merk Sharp versi low watt model split hadir dalam dua pilihan yaitu: J-Tech Inverter (Super Low Wattage) dan Low Wattage (Sayonara Panas).

J-TECH Inverter (SUPER Low Wattage) dapat Anda temukan jika mencari AC Sharp dengan kode:

  • Kapasitas 0.5PK: AH-XP6WHY (harga Rp. 4 jutaan), AH-X6VEY (Rp. 3 Jutaan), atau AH-XP6UHY (Rp. 4 Jutaan)
  • Kapasitas 1 PK: AH-XP10WHY, AH-XP10VXY, AH-X9VEY, dan AH-XP10UHY
  • Kapasitas 1.5 PK: AH-XP13WHY, AH-XP13VXY, AH-X12VEY, AH-XP13UHY
  • Kapasitas 2 PK: AH-X18VEY

Low Wattage (Sayonara Panas) dapat Anda kenali dengan mencari AC Sharp tipe:

  • Kapasitas 0.5 PK: AH-A5UDL (Harga Rp. 3 Jutaan), dan AH-AP5UHL
  • Kapasitas 0.75 PK: AH-A7UDL, dan AH-AP7UHL (Rp 3 Jutaan)
  • Kapasitas 1 PK: AH-A9UDL dan AH-AP9UHL
  • Kapasitas 1.5 PK: AH-AP12UHL (Banderol Rp. 4 Jutaan)

Baca Juga: Tipe AC Sharp Plasmacluster, Apa Fitur Unggulannya ?

AC low watt Polytron

Untuk merk Polytron, AC low watt yang kami sarankan diantaranya adalah PAC05LE yang hanya membutuhkan daya sebesar 360 watt dan dijual dengan harga sekitar Rp 2,6 jutaan. Atau model PAC05VG yang harganya sekitar 2,5 jutaan.

Kedua pilihan AC Polytron low watt di atas menggunakan refrigerant R-410a, sertifikasi energy rating 4 Stars, kapasitas pendingin 0.5 PK. Dan, dilengkapi dengan fitur Hydrophilic Fin, anti karat, Turbo Mode, Auto Self Diagnosis, Auto Kompresor Protection, Auto Restart, Auto Cleaning, Auto Swing Louver, Fuzzy Logic Control, timer 24 jam, i-Feel, dan display front panel.

Kode ukuran AC Split low watt Gree

  • MOO-3 Standard Series:
  • GWC-05MOO3 (1/2 PK) harga 2,5 jutaan
  • GWC-07MOO3 (3/4 PK) harga 2,7 jutaan
  • GWC-09MOO3 (1 PK) harga Rp 3 jutaan
  • C3e Deluxe Low Watt:
  • GWC-05C3E (0.5PK) harga 2,8 jutaan
  • GWC-07C3E (0.75PK) harga 3 jutaan

Air Conditioner Seri C3e Deluxe Low Watt dari Gree juga tersedia dalam pilihan 1 PK, 1.5 PK, 2 PK, dan 2.5 PK. Pilihan lain adalah,

  • C3 Deluxe Low Watt Series, GWC 05-SE (Super-Eco), dan COO Low Watt Series yang menggunakan refrigerant R-410a

Baca Juga: Rekomendasi AC Terbaik Untuk Rumah Kontrakan

Itulah beberapa kode ukuran AC Split low watt dan harganya dari merek-merek populer. Selain beberapa merek yang telah kami sebutkan di atas, merk AC terbaik lainnya seperti Samsung, Toshiba, AUX, Changhong, hingga Panasonic juga menyediakan seri low watt untuk beberapa produk AC yang mereka rilis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.