Benarkah AC Inverter adalah Pilihan Terbaik, Simak Ulasannya!

ac inverter

Memilih AC yang bagus dan paling tepat untuk di-install di sebuah ruangan (rumah) tidak mudah bagi orang awam yang tidak memiliki pengalaman sama sekali mengenai AC.

Untungnya, Anda bisa dengan mudah membandingkan keuntungan dan kerugian menggunakan AC model tertentu berdasarkan review yang tersedia di internet. Dengan begitu, Anda bisa menentukan manakah merk AC terbaik dan tipe apa yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Dari sekian banyak pilihan, mulai dari AC standar, AC low watt atau AC hemat energi, hingga AC inverter. Kira-kira manakah yang terbaik buat Anda?

Baca juga: Ingin Membeli AC, Pertimbangkan 7 Hal Ini Agar Tidak Salah Pilih

AC inverter mengusung teknologi terbaru sehingga tak mengherankan apabila kebanyakan AC yang diproduksi beberapa tahun belakangan ini rata-rata menggunakan teknologi tersebut. Apakah ini adalah pilihan terbaik? Apa saja kelebihan dan kekurangan AC inverter?

Siapakah yang cocok menggunakan AC inverter?

Beberapa tahun belakangan ini tarif listrik di Indonesia naik sehingga tagihan bulanan jadi membengkak. Mau tak mau, Kita harus pandai menghemat energi dan mengurangi penggunaan listrik agar tagihan tidak lagi membengkak. Menggunakan AC low watt ataupun AC inverter adalah pilihan tepat jika ingin hemat listrik.

Selain sangat cocok digunakan oleh mereka yang ingin menghemat energi, AC inverter juga cocok digunakan oleh mereka yang yang tidak membutuhkan sebuah AC yang dapat memberikan udara sejuk seketika. Ya, AC ini memang sedikit lambat dalam memberikan kesejukan hingga mencapai suhu yang diinginkan.

Baca juga: Apa Penyebab AC Bau dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

AC ini juga sangat cocok dipasang di ruangan yang tertutup dan jarang dibuka. Sehingga, tingkat energi yang digunakan akan semakin sedikit. Hal tersebut dimungkinkan karena, suhu udara di ruangan yang lebih stabil akan membuat kecepatan motor kompresor bekerja seminimal mungkin. Sehingga, daya listrik yang digunakan pun akan sangat kecil.

AC inverter adalah pilihan tepat bagi mereka yang peduli lingkungan. AC ramah lingkungan ini menggunakan freon jenis R410a atau R32 ozone friendly. Artinya, freon tersebut tidak menyebabkan lapisan ozon menipis secepat jenis freon lain.

Apa kelebihan AC inverter?

Hemat energi

Telah diungkapkan di bagian atas bahwa AC ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin mengurangi tagihan listrik. Hal tersebut dimungkinkan karena, kompresor AC inverter tidak pernah mati.

Anda mungkin akan bertanya-tanya, mengapa kompresor AC yang tidak pernah mati bisa membuat penggunaan daya listrik jadi lebih hemat?
Hal tersebut dimungkinkan karena, dan setiap kali dihidupkan dari posisi mati (off), kompresor membutuhkan daya yang sangat besar. Tingginya daya yang dibutuhkan untuk menghidupkan kompresor adalah salah satu penyebab mengapa listrik jadi boros.

Baca juga: Penyebab AC Mati Total dan Cara Memperbaikinya

Sebaliknya, AC inverter yang kompresornya tidak pernah mati bekerja dengan cara, mengurangi kecepatan kompresor apabila suhu ruangan sudah tercapai sehingga daya yang digunakan sangat rendah. Jika dibandingkan dengan kebutuhan listrik untuk menghidupkan kompresor, menjalankan kompresor pada putaran rendah jauh lebih kecil.

Tidak mengherankan apabila berbagai merk AC inverter terbaik seperti Samsung, LG, Daikin, Gree, Panasonic, Polytron, hingga Sharp biasanya dapat menghemat energi rata-rata hingga 70% dibandingkan dengan standar.

Kaya fitur

Berbagai fitur yang disematkan pada air conditioner inverter membuat produk ini tidak hanya hemat energi tapi juga bisa lebih awet sehingga dapat bertahan lama. Seperti fitur Watt Control pada AC LG Dual Cool inverter contohnya. Dengan adanya fitur ini, kita bisa mengontrol kebutuhan listrik untuk AC dan bisa membantu menurunkan beban kinerja pada unit.

Baca juga: Mengatasi AC Tidak Dingin Lengkap A Sampai Z

Fitur watt control juga bisa membantu kita menyesuaikan suhu AC di dalam ruangan agar bisa menyesuaikan dengan kondisi lingkungan. Ketika suhu udara turun, seperti di malam hari misalnya, secara otomatis AC akan menyesuaikannya dengan menurunkan daya listrik tanpa mengurangi kenyamanan. Sehingga Anda bisa menikmati kesejukan dan kenyamanan setara dengan menggunakan AC pada kondisi daya listrik 100%.

Kekurangan AC inverter

Setelah melihat berbagai keunggulannya, tentu Anda juga penasaran dengan berbagai kekurangan AC inverter ini, bukan?

Harganya relatif mahal

Harga AC inverter sedikit lebih mahal dibandingkan dengan AC standar. Hal tersebut tentu tidak mengherankan, mengingat dalam penggunaan jangka panjang, AC ini justru bisa membantu kita menghemat lebih banyak uang karena lebih hemat energi dan lebih awet.

Harga freon lebih mahal

Sekalipun harga freon-nya lebih mahal, namun bukan berarti selisihnya terlalu jauh. Dan perlu diingat, bahwa setiap kali service AC, Anda tak perlu mengisi freon jika tidak dibutuhkan.

Biaya perawatan dan harga spare part yang lebih mahal

Biaya perawatan yang mahal disebabkan karena AC ini memiliki desain yang sangat berbeda dengan AC konvensional. Begitu juga dengan spare partnya. Seperti modul outdoor misalnya, harga modul outdoor AC inverter merk tertentu bisa mencapai Rp 2 jutaan.

Baca juga: Tips Merawat AC Agar Awet Hingga 10 Tahun Lebih

Hal tersebut tidak mengherankan karena banyak sensor yang tertanam pada AC inverter. Sehingga tidak aneh rasanya apabila harga modulnya saja bisa sangat mahal.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.