Beranda HVACR Apa Penyebab AC Bau dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Apa Penyebab AC Bau dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

213
0

Air conditioner (AC) di era modern ini menawarkan berbagai macam fitur dan teknologi yang dapat membuat kita tersenyum lebar. Mulai dari fitur hemat energi, koneksi WiFi, sensor suhu, hingga fitur anti virus/anti bakteri.

Sekalipun dikenal canggih dan membawa fitur yang cukup lengkap, namun adakalanya AC bermasalah hingga tak bisa menikmati sejuknya udara di kala cuaca sedang panas.

Diantara sekian banyak penyakit AC yang kerap muncul, salah satunya adalah bau tak sedap yang sering tercium ketika pertama kali penyejuk udara tersebut menghidupkan. Masalah bau pada AC disebabkan oleh banyak faktor.

Mulai dari debu atau ruangan yang tidak pernah dibersihkan, masalah internal seperti kebocoran freon, komponen AC yang kotor dan tak pernah dibersihkan, hingga bisa juga disebabkan oleh bangkai binatang yang mungkin terjebak di dalam unit.

Baca juga: Mengatasi AC Tidak Dingin Lengkap A Sampai Z

Bau AC bisa diatasi dengan cara yang relatif mudah. Namun, jika Anda tidak memiliki keahlian untuk mengidentifikasi sumber bau pada AC, ada baiknya Anda menggunakan jasa tukang service. Agar masalah tersebut bisa teratasi dengan cepat dan agar tidak menimbulkan masalah baru yang mungkin saja terjadi akibat kurangnya pengetahuan.

Beberapa Penyebab AC Bau dan Cara Mengatasinya

Saat memasuki sebuah ruangan ber-AC, tentu kita berharap ruangan tersebut cukup sejuk dan berbau wangi. Sehingga, siapapun yang masuk dan berada di ruangan tersebut akan merasa betah berlama-lama di sana.

Sebaliknya, apabila ruangan tersebut ternyata berbau tak sedap, sudah pasti orang-orang yang ada di dalamnya pun akan merasa tidak betah dan sulit berkonsentrasi. Nah, agar masalah AC bau yang Anda alami dapat segera teratasi, ada baiknya Anda mengetahui apa saja yang berpotensi menyebabkan AC berbau tak sedap.

1. Ruangan lembab dan jarang dibersihkan

Sebuah ruangan ber-AC tetap harus memiliki jendela untuk mengatur sirkulasi udara. Agar suatu waktu ketika tidak digunakan, udara yang berada di dalam ruangan tersebut bisa diganti dengan udara baru dari luar yang lebih segar serta lebih sehat.

Sayangnya, setiap membuka pintu dan jendela hal tersebut dapat menyebabkan masuknya debu yang kemudian akan menempel di karpet, di sofa, dan di tempat-tempat lainnya.

Debu yang masuk ke dalam ruangan akan diputar oleh blower AC dan kemudian masuk ke sistem sirkulasi lalu menempel dan menyebabkan bau tak sedap.

Untuk mengatasi bau AC akibat debu dan kelembaban sangat sederhana. Setelah membuka jendela untuk mengganti udara, sebaiknya segera bersihkan ruangan tersebut menggunakan vacuum cleaner agar debu-debu yang mungkin ikut masuk bersama udara baru tidak akan menimbulkan bau tak sedap di kemudian hari.

2. Kebiasaan merokok di ruangan ber-AC

Merokok di ruangan ber-AC memang sangat tidak disarankan. Selain karena dapat menimbulkan bau tak sedap, juga dapat menyebabkan udara di dalam ruangan tersebut jadi tidak sehat.

Beberapa orang mencoba mematikan AC lalu membuka jendela dan kemudian merokok di dalamnya. Mereka beranggapan bahwa hal tersebut tidak akan menimbulkan masalah.

Sayangnya, asap rokok yang mengandung racun dan berbagai aroma bisa menempel di sofa, karpet, dan benda-benda lain yang berada di ruangan tersebut. Sehingga, sekalipun AC telah dimatikan, asap rokok tetap bisa menyebabkan ruang tersebut berbau tak sedap. Kemudian, akan semakin mudah tercium ketika ruangan di tutup rapat dan AC dihidupkan.

Baca juga: Dampak Asap Rokok Terhadap AC dan Harus Kita Hindari

Sebisa mungkin, hindari merokok di ruangan ber-AC dan pilihlah ruangan lain. Atau juga perlu, merokoklah di luar rumah apabila perlu.

3. Unit tidak pernah dibersihkan atau dirawat

Minimnya pengetahuan tentang AC kerap membuat pemiliknya enggan membersihkan instalasi (unit) indoor ataupun outdoor. Beberapa orang ada yang beralasan bahwa biaya maintenance menggunakan jasa teknisi terlalu mahal. Padahal, jika dihitung-hitung, biaya perawatan akan jauh lebih murah dibandingkan dengan resiko yang mungkin saja timbul akibat malas merawat AC.

Baca juga: Mengapa AC Harus Di Service Padahal Masih Dingin

Tak hanya bisa menyebabkan AC cepat rusak, malas merawat AC juga dapat menyebabkan udara yang keluar dari AC berbau tak sedap. Komponen indoor maupun outdoor perlu mendapatkan perawatan atau dibersihkan setidaknya enam bulan sekali. Akan lebih disarankan apabila bisa dibersihkan 3 bulan sekali.

4. AC bau akibat freon bocor

AC bocor freon bukanlah masalah yang asing. Pasalnya, ini merupakan satu dari beberapa “penyakit” AC yang paling sering dikeluhkan. Kebocoran tersebut tidak hanya dapat mengakibatkan freon jadi terasa lebih boros dan cepat habis serta menyebabkan udara di ruangan tidak lagi sejuk dan dingin, tapi juga bisa mengganggu indra penciuman karena baunya yang tak sedap.

Untuk mengatasi masalah AC bau akibat kebocoran freon, cara paling mudah adalah dengan menghubungi teknisi AC dan mintalah mereka untuk mengatasi kebocoran tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.