Penyebab AC Mati Total dan Cara Memperbaikinya

Mencari penyebab AC mati total tentu bukan perkara yang mudah, apalagi kita tidak memiliki keahlian khusus di bidang tersebut. Namun, lain ceritanya jika Anda adalah memang seorang Praktisi Pendingin, tentu akan sangat mudah menyelesaikan pekerjaan ini.

Kerusakan AC mati total pun sebenarnya juga bukan kerusakan yang mudah di cari titik permasalahannya. Artinya, untuk mengatasinya diperlukan ketelitian yang luar biasa, pasalnya harus dilakukan pemeriksaan satu per satu antara komponen satu dengan yang lain.

Tentu Anda juga ingin mengetahui bagaimana cara memperbaiki AC mati total tersebut, bukan ?. Atau memang hanya ingin sekedar tahu apa penyebabnya saja, sehingga Anda akan punya gambaran sendiri tentang kenapa AC yang Anda miliki mati dan sama sekali tidak bisa dinyalakan baik menggunakan remote atau manual.

Baca Juga : Cara Menyalakan AC Tanpa Remote Hanya Dalam Waktu 5 Menit

…dan langsung saja, berikut ini akan coba saya bagikan apa saja yang dapat mengakibatkan AC tidak bisa dinyalakan, dan juga step by step panduan cara memeriksanya.

1. MCB listrik di tempat Anda turun ( anjlok )

Hal pertama yang perlu kita periksa saat menemukan AC mati total, yakni memeriksa pada bagian panel MCB listrik-nya. Seperti yang kita ketahui, MCB memiliki peranan sebagai penghubung arus listrik antara AC dengan jalur listrik PLN.

Jika saja MCB ini dalam posisi turun ( jepret ), tentu tidak ada arus listrik yang masuk ke unit AC. Sehingga, AC pun tidak bisa dinyalakan alias mati total.

Kenapa hal ini bisa terjadi ? tentu penyebabnya ada banyak sekali, namun yang paling sering kita jumpai yakni, karena Ampere MCB terlalu kecil, atau karena daya listrik tidak dapat meng-cover untuk kebutuhan listrik secara keseluruhan.

Baca Juga : Penyebab Listrik Selalu Turun Saat AC Dinyalakan, Berikut Ulasannya

Oleh karena itu, pastikan MCB listrik pada posisi naik, serta Ampere-nya pun cukup. Selain itu, juga pastikan daya listrik di tempat Anda mampu untuk meng-cover kebutuhan listrik secara keseluruhan, meskipun Anda sedang menyalakan AC.

2. Terdapat kabel power supplay yang putus atau “ngepong”

Langkah selanjutnya, jika tidak ada masalah di bagian MCB-nya, sekarang lanjut lakukan pemeriksaan di bagian kabel power supplay-nya. Pemeriksaan ini meliputi seluruh kabel yang dari PLN menuju ke unit AC, termasuk juga pada bagian stop kontak-nya, jika memang AC Anda menggunakan stop kontak.

Pastikan tidak ada kabel atau Relay yang putus, dengan cara melihatnya menggunakan Test Pen dan pastikan Arus listrik masuk dengan sempurna. dan, pastikan tegangan listrik yang masuk pun yakni 220 V.

Jika sudah Anda cek, dan di bagian tersebut sudah tidak ada masalah, sekarang mari kita lanjut periksa pada bagian yang lainnya.

3. Periksa pada bagian PCB Modul-nya

PCB Modul ( Shutterstock.com )

PCB Modul adalah komponen elektronika, yang berfungsi untuk mengkontrol kerja unit pendingin ruangan. Di dalam terdapat berbagai macam komponen, mulai dari yang kecil hingga besar.

Periksalah secara teliti, dan pastikan tidak ada satu komponen pun yang terbakar, atau tidak tercium seperti ada yang terbakar. Dalam ini memang dibutuhkan keahlian khusus, Teknisi harus benar – benar menguasai komponen-komponen elektronika.

…Namun, jika Anda tidak punya keahlian di bidang ini secara khusus, Anda juga bisa meminta bantuan kepada Teknisi elektronik seperti TV dan DVD, atau intinya yang mengerti jalur – jalur PCB.

Pada intinya, AC mati total itu disebabkan oleh tidak adanya arus listrik yang mengalir ke bagian unit AC. Sehingga, AC tidak bisa dinyalakan baik menggunakan Remote atau secara manual.

..dan biasanya, penyebabnya seperti yang saya sebutkan di atas, namun juga tidak menutup kemungkinan jika ada masalah yang lain. Sehingga, untuk mengetahuinya lebih detail, diperlukan pemeriksaan secara langsung.

Untuk Anda yang kebetulan tinggal di Jakarta Selatan, Anda pun juga bisa memakai jasa dari Tim kami untuk melakukan pemeriksaan atau perbaikan AC mati total tersebut.

Nah, di atas sudah coba saya jelasnya mengenai penyebab AC mati total, semoga hal ini dapat membantu Anda dalam mencari informasi tersebut. dan jika memang ada yang perlu ingin Anda tanyakan, Anda bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah.

Baca Juga : Panduan Mengatasi AC Tidak Dingin Lengkap A – Z

(Rh/DsA)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.