Beranda HVACR Penyebab Listrik Turun Saat AC dinyalakan, dan Cara Mengatasinya

Penyebab Listrik Turun Saat AC dinyalakan, dan Cara Mengatasinya

811
2
listrik turun saat ac dinyalakan

Pernahkah Anda mengalami listrik turun saat AC dinyalakan ?. Ada yang saat pertama menghidupkan AC MCB tiba-tiba anjlok, ada juga yang selang beberapa menit kemudian listrik jepret sendiri.

Hal tersebut bukanlah hal yang aneh, karena masalah seperti itu sering kali terjadi dipicu oleh beberapa komponen yang sudah tidak normal. Dan biasanya terjadi pada AC yang masa pemakaiannya sudah lama.

Pada intinya telah terjadi konsleting pada salah satu komponen AC tersebut, sehingga bila komponen itu tadi terkena tegangan listrik otomatis speedolistrik akan turun alias jepret. Komponen-komponen yang sering mengalami seperti ini yaitu komponen yang ada di outdoor unit AC.

Karena dibagian inilah proses pendinginan terjadi dan juga komponen utama dari seluruh komponen unit Air Conditioner. Baca juga : Komponen-Komponen Pada Kulkas dan Apa Saja Fungsinya.

Walaupun demikian, juga bukan satu-satunya penyebab terjadinya konsleting sehingga listrik turun saat menyalakan AC. Karena PCB modul yang bermasalah misalnya ada jaringan yang terbakar pun juga bisa mengakibatkan konsleting. PCB Modul yang di maksud adalah yaitu pusat control circuit yang letaknya dibagian indoor unit.

Lalu komponen apa saja yang ada di outdoor unit yang di maksud di atas ? Berikut beberapa komponen yang menyebabkan listrik turun saat AC dinyalakan.

1. Ampere mesin kompresor tinggi melebihi batas maksimal

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah kompresor ampere tinggi. Dalam kata lain ampere juga bisa disebut kekuatan, jadi jika ampere tingga bisa diartikan kekuatan mesin kompresor tersebut telah melebihi batas maksimal.

Misalnya AC di tempat Anda 3⁄4 PK dan disitu tertera ampere kompresor 2,5 A. Sedangkan ampere pada panel MCB listrik 6 A, maka jika kompresor tersebut mengalami ampere tinggi nilai ampere nya bisa lebih dari 2,5 A dan juga bisa melebihi ampere pada MCB listrik itu tadi. Tentunya hal MCB listirk tersebut tidak kuat dan akhirnya turun alias jepret.

Solusi
Jika sebuah mesin kompresor mengalami ampere tinggi tidak ada cara lain selain ganti kompresor. Walaupun sebenasnya bisa saja diperbaiki dengan di gulung ulang, namun biasanya hal tersebut tidak akan kuat bertahan lama.

Kita bisa menggantinya dengan kompresor baru atau hanya outdoor unit nya saja yang second. Dan jika tidak mau repot bisa langsung ganti AC baru. Apabila Anda minat outdoor unit second atau AC baru juga bisa langsung hubungi kontak kami untuk keperluan order.

2. Kapasitor lemah sehingga mengakibatkan konsleting listrik

Apabila kapasitor lemah juga bisa mengakibatkan terjadinya konsleting. Misalnya saja kapasitor tersebut sampai terdapat benjolan atau terbakar.

Kegunaan kapasitor itu sendiri untuk menyimpan arus listrik sementara yang tujuannya untuk membantu menggerakan mesin kompresor saat pertama kali AC dinyalakan.

Ini artinya hal ini juga menjadi faktor yang mengakibatkan listrik turun saat AC dinyalakan bukan ?. Penjelasan lengkap tentang fungsi kapasitor itu sendiri pun juga sudah pernah di bahas pada tulisan saya yang lain. Silahkan Anda baca : Bahas Tuntas Pengertian dan Fungsi Kapasitor pada AC Split.

Solusi
Nah, untuk mengatasi kapasitor yang rusak kita harus ganti dengan yang baru. Untuk harganya pun juga tidak begitu mahal, biasanya tergantung ukuran uF ( mikro ) dari kapasitor tersebut. Disarankan untuk menggantinya dengan ukuran yang sama dengan kapasitor bawaan AC itu sendiri.

3. Terdapat kabel yang terkelupas pada instalasi kelistrikan AC

Penyebab listrik turun saat AC dinyalakan selanjutnya adalah adanya kabel yang terkelupas pada instalasi kelistrikan AC. Hal tersebut bisa saja terjadi entah karena kabelnya yang kurang bagus atau ulah tikus-tikus jahat yang berada di dalam plafon rumah Anda.

Kemudian apa hubunganya dengan listrik yang turun saat kita menyalakan AC ? Hubungannya tentu saja hal tersebut juga bisa berakibat terjadinya konsleting bukan jika kabel tersebut ada arus listriknya. Biasanya hal ini terjadi pada instalasi lama atau pada sambungan kabel yang kurang bagus.

Solusi
Salah satu cara untuk mengatasi hal ini kita harus memeriksanya secara langsung kabel instalasi tersebut. Silahkan di cek dengan teliti, dan jika memang ternyata kabel tersebut sudah tidak layak pakai sebaiknya di ganti. Dan jika terdapat sambungan yang kurang baik, sebaiknya di perbaiki dengan di sambung ulang supaya lebih kuat.

4. Ampere pada panel MCB listrik terlalu kecil atau sudah lemah.

Kalau di atas saya katakan ampere kompresor, sekarang ada juga ampere MCB listrik. Misalnya panel MCB listrik Anda menggunakan yang 6 A, tetapi panel tersebut Anda gunakan untuk AC dan beberapa item elektronik lainnya. Tentunya dengan Anda menggunakan MCB 6 A tidak akan bisa mencover semuanya.

…Atau jika Anda menggunakan MCB dengan ampere yang lebih besar, tapi MCB tersebut sudah rusak pastinya juga tidak kuat dan akhirnya jepret atau turun. Terlebih Anda menggunakannya secara bersamaan pada waktu yang sama.

Solusi
Jika memang masalahnya seperti itu, sebaiknya di ganti saja MCB tersebut dengan kapasitas ampere yang lebih besar sehingga dapat mencover semuanya.

5. Daya listrik yang terlalu rendah sehingga tidak cukup untuk mengoperasikan AC

Listrik di tempat Anda hanya 900 watt, dan Anda sekarang menggunakan AC yang 1 PK tentu saja hal tersebut akan membuat listrik turun.

Karena daya yang dibutuhkan untuk AC dengan ukuran 1 PK berkisar 600 – 800 watt. Itu belum termasuk peralatan elektronik Anda lainnya seperti TV, kulkas, mesin cuci, dan yang lainnya.

…Oleh sebab itu, penting bagi seseorang yang ingin menggunakan AC memperhatikan terlebih dulu berapa daya listrik yang dia gunakan saat ini.

Jangan sampai kita sudah membeli AC ternyata listrik di tempat Anda tidak cukup. Oleh karenanya sebelum membeli AC kita juga harus tahu berapa daya yang dibutuhkan AC tersebut.

Baca juga : Tips Menghitung Kapasitas AC Agar Sesuai Kebutuhan

Solusi
Tentunya solusi untuk masalah listrik turun saat AC dinyalakan akibat dari kekurangan daya listrik, kita juga harus menambah daya listrik tersebut. Silahkan hubungi PLN terdekat, namun juga harus Anda ingat semakin besar daya listrik di tempat Anda maka juga bisa semakin besar tagihan bulanannya.

Selain itu, Anda juga bisa memilih AC yang hemat listrik ( low watt ) seperti AC yang menggunakan teknologi inverter. Dengan cara seperti itu Anda pun juga bisa lebih irit daripada menggunakan AC konvensional.

…Namun, jangan lupa baca dulu : Kekurangan dan Kelebihan AC dengan Teknologi Inverter yang juga pernah saya bahas sebelumnya.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai masalah listrik turun saat AC dinyalakan yang bisa saya sampaikan. Semoga dengan adanya ulasan ini bisa membantu masalah Anda. Salam

2 KOMENTAR

  1. kalau ac tidak di pakai saya trunin sikring ac saat saya mau pakai saya naikan lagi sikring ac apakah seperti itu akan lebih mahal biaya pemakaian atau tidak ???

    • Tidak ada hubungannya ya kak, malah kami saranin jika tidak sedang dipakai dan kakak mau pergi ke luar kota untuk beberapa hari, mending diturunin MCB listriknya untuk menghindari terjadinya korsleting saat kakak tidak sedang di rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.