Beranda Artikel Cara Menggunakan AC Agar Tidak Mengganggu Kesehatan

Cara Menggunakan AC Agar Tidak Mengganggu Kesehatan

255
0
Cara menggunakan AC agar tidak mengganggu kesehatan

Air conditioner (AC) merupakan teknologi yang kehadirannya memberikan banyak dampak positif bagi kehidupan kita, terutama ketika kita membutuhkan kesejukan udara di sebuah ruangan. Entah itu di kantor atau di kamar (rumah).

Suhu yang sejuk akan membuat kita merasa lebih nyaman saat berada di ruangan. Sehingga, bisa berkonsentrasi dengan lebih baik, atau lebih produktif saat bekerja, serta bisa tidur dan beristirahat dengan perasaan yang lebih tenang di kamar.

Meski memiliki banyak dampak positif, namun terlalu sering terpapar AC ternyata juga bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Sejumlah gangguan kesehatan yang bisa ditimbulkan akibat terlalu sering berada di ruangan ber-AC diantaranya adalah:

  • Dapat mengakibatkan kulit menjadi kering dan keriput. Hal tersebut bisa terjadi karena AC bekerja untuk mendinginkan ruangan dengan cara menghisap uap air dari udara. Begitu juga dengan kelembaban yang ada di kulit kita, akan terhisap hingga membuatnya jadi kering
  • Dapat menyebabkan flu dan memicu sakit kepala
  • Bisa mengakibatkan gangguan pernapasan
  • Mengganggu sistem imun tubuh
  • Memicu gejala arthritis atau rematik
  • Mata kering
  • Lebih mudah terkena infeksi penyakit jika ruangan ber-AC yang bersifat tertutup jarang dibuka sehingga udara tidak pernah berganti
  • Debu dan jamur yang ada pada unit AC apabila tidak dibersihkan secara rutin dapat mengakibatkan alergi
  • Menghabiskan waktu berjam-jam di ruangan ber-AC juga dapat mengakibatkan dehidrasi. Karena itulah, bekerja di ruangan ber-AC mengharuskan Anda untuk rutin minum air putih setidaknya 2 liter atau lebih per hari

Cara menggunakan AC agar tidak mengganggu kesehatan

Dr. Mark Mendell seorang ahli epidemiologi dari Departemen Kesehatan Masyarakat California mengatakan bahwa, sistem AC yang tidak dirawat atau tidak rutin dibersihkan serta tidak dirancang dengan baik berpotensi menyebabkan masalah kesehatan.

Gangguan kesehatan tersebut diakibatkan oleh kontaminan atau berbagai pemicu penyakit lainnya seperti virus sehingga bakteri yang kerap bersarang di mesin AC. Karena itulah, kita perlu tahu cara menggunakan AC yang tepat agar tidak mengakibatkan masalah kesehatan yang serius. Misalnya dengan,

1. Mengganti filter AC secara teratur

Fungsi utama filter pada unit air conditioner adalah untuk mencegah debu maupun kotoran agar tidak masuk ke evaporator dan tersebar di ruangan.

Apabila filter kotor dan penuh debu, sebaiknya segera diganti agar kinerjanya tetap maksimal dalam menyaring debu maupun partikel-partikel halus yang berpotensi membahayakan kesehatan.

Saat akan mengganti filter, cobalah untuk memilih dan membeli filter yang memang di desain secara khusus untuk menangkap debu maupun partikel halus.

Baca Juga: Bahaya Filter AC Kotor yang Tidak Diganti

Enggan atau jarang mengganti filter AC yang sudah kotor tidak hanya akan mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan seperti pusing, sakit tenggorokan, bersin-bersin, hingga batuk dan asma, tapi juga dapat mengakibatkan AC lebih mudah rusak, biaya operasional yang tinggi, hingga kelembaban yang sulit dikontrol.

2. Lakukan perawatan secara berkala pada unit indoor maupun outdoor

Perawatan yang saya maksudkan adalah membersihkan unit indoor dan outdoor secara menyeluruh. Perawatan atau membersihkan system pendingin bisa dilakukan 2 bulan sekali tergantung dari intensitas penggunaan, lingkungan, pilihan filter, dll.

Membersihkan sistem harus dilakukan secara menyeluruh. Tidak hanya harus rutin mengecek filter dan menggantinya apabila sudah kotor, proses cleaning juga perlu dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan yang dapat membantu membunuh virus virus dan bakteri serta dapat menyingkirkan jamur.

Jika tidak bisa melakukannya sendiri atau apabila peralatan yang Anda butuhkan tidak ada, jangan ragu untuk meminta bantuan tenaga profesional (tukang service AC) untuk merawat dan membersihkan AC di rumah Anda.

Baca Juga: Mengapa AC Harus Di Service Padahal Masih Dingin

3. Buka pintu dan jendela ketika ruangan tidak digunakan

Membuka pintu dan jendela bertujuan untuk memasukkan udara baru dari luar. Sehingga udara di dalam ruangan bisa digantikan dengan udara yang lebih segar, bersih, dan sehat.

Udara di ruangan harus diganti setiap hari agar tetap baik dan tidak menyebabkan gangguan kesehatan. Jika memungkinkan, gunakan bantuan kipas angin untuk memasukkan udara dari luar ke dalam ruangan.

4. Bersihkan ruangan secara rutin dari debu dan kotoran

Hindari merokok di ruangan ber-AC dan pastikan ruangan selalu dalam keadaan bersih dari debu dan kotoran. Jika memiliki vacuum cleaner, akan lebih baik apabila Anda selalu membersihkan lantai, karpet, dan perabotan (kursi atau sofa) dari debu.

Baca Juga: Dampak Asap Rokok Terhadap AC dan Harus Kita Hindari

5. Minimalisir penggunaan AC

Terlalu sering berada di ruangan ber-AC ternyata dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan kita. Beberapa penelitian membuktikan bahwa orang yang sering menghabiskan terlalu banyak waktu di ruangan ber-AC kerap mengalami:

  • Kulit kering
  • Lebih mudah dehidrasi
  • Sakit kepala
  • Sinusitis yang biasanya ditandai dengan pilek atau flu
  • Gangguan telinga
  • Alergi
  • Penurunan sistem kekebalan tubuh
  • Mata kering
  • Infeksi virus
  • Kelelahan konstan

Di pagi atau malam hari ketika suhu udara cukup sejuk, sebaiknya hindari menggunakan AC. Meminimalisir penggunaan AC merupakan cara terbaik yang bisa Anda coba untuk menghindari berbagai dampak negatif penggunaan sistem penyejuk udara.

6. Beli AC yang dilengkapi fitur anti virus hingga anti bakteri

Di era modern ini, sudah banyak AC terbaru yang dilengkapi dengan sejumlah fitur yang dapat membuat hidup kita jadi lebih sehat, seperti fitur anti-virus hingga anti-bakteri.

Mempertimbangkan membeli AC yang dilengkapi dengan berbagai fitur tersebut sangat disarankan agar Anda terhindar dari gangguan kesehatan bila secara konstan Anda berada di ruangan ber-AC.

Baca Juga: Hidup Lebih Sehat dengan Teknologi Nanoe Pada AC Panasonic

7. Segera perbaiki unit jika terjadi kerusakan atau kebocoran

Segera setelah Anda mengetahui terdapat kerusakan atau kebocoran pada AC, hubungi teknisi atau mintalah bantuan profesional untuk memperbaikinya.

Kerusakan pada AC yang didiamkan atau dibiarkan berlarut-larut dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang berbahaya.

Jika bantuan tenaga profesional tidak bisa segera datang, pastikan Anda mematikan AC dan membuka jendela serta pintu agar sirkulasi udara tetap terjaga.

Nah, itulah beberapa tips atau cara menggunakan AC agar tidak mengganggu kesehatan yang mungkin bisa Anda coba, silahkan share artikel ini jika menurut Anda ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.