Beranda Artikel Bahaya Filter AC Kotor yang Tidak Diganti

Bahaya Filter AC Kotor yang Tidak Diganti

559
0
bahaya filter ac kotor yang tidak diganti

Semua kita pasti mendambakan hunian yang sehat dan jauh dari berbagai macam penyakit. Sebuah hunian yang kita anggap modern dan dilengkapi dengan berbagai teknologi terbaru, terkadang bukanlah sebuah tempat yang sehat, mengapa?

Banyak diantara kita yang tidak menyadari bahwa rumah yang kita tinggali kadang-kadang lebih tercemar dibandingkan dengan lingkungan di luar. Hingga membuat rumah tersebut tidak layak huni. Penyebabnya bisa karena filter AC (air-conditioner) yang tidak pernah diganti.

Berbagai macam polutan seperti debu, jamur dan spora, asap rokok, kotoran hewan (peliharaan), senyawa organik volatil, asbes, hingga karbon monoksida kerap kali bersumber dari sistem penyejuk (AC) yang jarang dibersihkan.

Baca Juga: Dampak Asap Rokok Terhadap AC dan Harus Kita Hindari

Karena itulah, AC yang terus-menerus dipakai tanpa perawatan rutin berpotensi menghadirkan masalah serius bagi kesehatan kita, khususnya filter AC yang perlu diganti apabila sudah kotor.

Jika Anda belum tahu kapan waktu mengganti filter AC di rumah yang tepat, Anda bisa membaca Artikel kami yang secara khusus membahas masalah ini.

Banyak di antara kita (pengguna air conditioner) yang merasa enggan untuk membersihkan atau melakukan perawatan terhadap unit outdoor maupun indoor. Entah karena tidak punya waktu, karena merasa AC tersebut masih bisa bekerja dan cukup efisien dalam menghadirkan udara dingin, hingga enggan mengeluarkan biaya karena menganggap harga service AC terlalu mahal.

Enggan memanggil tukang servis untuk membersihkan AC setiap 3-6 bulan sekali atau mengganti filter-nya setiap 1 s/d 3 bulan sekali bisa berdampak negatif terhadap kesehatan Anda maupun keluarga. Oleh sebab itu, penggantian filter AC secara teratur dan membersihkan unit indoor maupun outdoor secara rutin perlu dijadwalkan dan harus mendapatkan perhatian.

Baca Juga: Kapan Service Besar atau Overhaul Pada AC Perlu dilakukan?

Sekalipun tindakan mengganti filter dan membersihkan unit indoor/outdoor terdengar sangat sederhana, namun apabila kerap diabaikan hal tersebut akan menyebabkan kualitas udara di dalam ruangan ber-AC jadi sangat buruk dan penuh alergen. Tidak hanya memperburuk kualitas udara, unit yang kotor juga akan menyebabkan berbagai konsekuensi lainnya yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan anggota keluarga.

Apa saja dampaknya atau bahaya filter AC kotor yang tidak rutin diganti?

1. Dapat Menyebabkan Masalah Sistem Pernafasan

Fungsi utama filter AC adalah untuk menyaring atau menangkap allergen hingga partikel-partikel kecil seperti debu dan serbuk sari serta mikroorganisme berbahaya seperti virus maupun bakteri agar tidak menyebar bersama udara yang dihembuskan AC ke ruangan.

Seiring dengan penggunaan, filter tersebut lama-kelamaan akan menjadi kotor karena berbagai hal yang telah disebutkan di atas akan terperangkap di sana. Mulai dari debu, serbuk sari, kotoran, bulu binatang, dan berbagai mikroorganisme lainnya.

Udara kotor dan tercemar yang keluar dari AC bisa menyebabkan komplikasi pernapasan. Terutama alergen yang dapat memper buruk kondisi alergi atau bisa mengakibatkan gangguan pernapasan seperti asma hingga penyakit paru-paru kronis.

Di samping itu, filter yang kotor juga bisa memicu penyakit flu, batuk sakit tenggorokan, sesak nafas, iritasi mata, hingga perasaan lelah.

Untuk mencegah agar AC di rumah tidak menyebabkan gangguan sistem pernapasan anggota keluarga yang sering berada di ruangan, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan dan mengganti filter tersebut secara rutin apabila sudah waktunya.

Memastikan filter udara pada AC dibersihkan secara teratur dan tidak tersumbat adalah cara paling mudah untuk menjaga kesehatan keluarga.

Pada umumnya, filter akan mulai kotor setelah digunakan antara 1-12 bulan. Tergantung dari kualitas filter yang Anda gunakan serta intensitas penggunaan setiap hari.

Baca Juga: Hidup Lebih Sehat dengan Teknologi Nanoe Pada AC Panasonic

2. Dapat Menimbulkan Penyakit Paru

Filter yang kotor tidak hanya dapat memperparah penyakit alergi maupun sinusitis (gangguan pernapasan) tapi juga dapat mengakibatkan anggota keluarga yang sebelumnya sehat jadi sakit.

Tidak sulit untuk menebak bahwa filter yang kotor dan penuh alergen seperti karbon monoksida hingga senyawa organik volatil adalah penyebab berbagai masalah kesehatan serius. Dalam kasus tertentu, zat-zat berbahaya akibat malas merawat atau membersihkan AC justru bisa mengakibatkan kematian.

3. Bisa Menjadi Tempat Berkembangbiaknya Jamur

Jamur/spora umumnya tidak terlihat secara kasat mata, namun bisa saja jamur tersebut berada di udara yang kita hirup atau menempel di anggota tubuh.

Misal, di lipatan telinga atau di anggota tubuh lainnya yang rentan. Jamur dapat mengakibatkan iritasi, dapat mengering dan bisa menyebabkan pendarahan, serta bisa juga mengakibatkan masalah pernapasan, depresi, hingga reaksi alergi.

Baca Juga: Hubungan Antara AC Mobil dan Jamur, Berikut Cara Mengatasinya

4. Binatang-Binatang Kecil Yang Membusuk Dapat Mengakibatkan Infeksi Bakteri

Tidak hanya debu, serbuk sari atau berbagai macam partikel lainnya, bahkan berbagai macam bangkai binatang juga kadang-kadang tersangkut di filter AC.

Binatang yang tersangkut lalu mati dan membusuk di unit AC dapat menjadi sumber bakteri berbahaya. Bakteri tersebut akan ikut terbang dan terbawa bersama-sama dengan udara yang keluar dari AC, hingga membuat orang yang berada di ruangan ber-AC secara tidak sadar menghirup udara yang penuh dengan bakteri.

Tidak hanya binatang berukuran kecil seperti serangga, bahkan binatang besar seperti tikus juga kadang-kadang bisa saja terjebak dan mati di dalam sistem air conditioner. Tidak hanya akan menyebabkan pertumbuhan bakteri, bangkai binatang juga dapat menyebabkan bau AC yang tidak sedap.

Karena itulah, jangan malas melakukan pemeriksaan atau secara rutin merawat dan membersihkan unit outdoor maupun indoor. Ini sangat di rekomendasikan. Jika tidak bisa melakukannya sendiri, jangan ragu untuk memanggil tukang service AC profesional untuk membantu Anda membersihkan dan merawat serta mengganti filter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.