Beranda HVACR Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Berisik pada Kulkas

Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Berisik pada Kulkas

38694
0
suara berisik pada kulkas

Penyebab suara berisik pada kulkas umumnya ditimbulkan oleh beberapa komponen seperti kipas, kompresor, sekrup baut yang kendor, hingga pipa menempel di dinding lemari es. Tidak hanya dialami oleh kulkas yang sudah lama atau berumur, suara bising kulkas juga bisa terjadi pada unit baru. Mengatasi suara berisik pada kulkas ada yang dapat diperbaiki sendiri, namun ada juga yang membutuhkan bantuan teknisi atau tukang service kulkas berpengalaman/profesional.

Apabila Anda menjumpai kulkas di rumah mengeluarkan suara bising, segera hubungi toko tempat Anda membeli jika masih dalam masa garansi. Atau, tukang servis profesional terdekat di kota Anda.

Berbagai masalah pada ada lemari pendingin sebaiknya jangan dianggap remeh dan dibiarkan berlarut-larut. Karena, dapat mempengaruhi kinerja unit dan dapat menimbulkan masalah yang lebih berat hingga mengharuskan Anda untuk mengeluarkan biaya yang lebih banyak di kemudian hari.

Baca Juga: Penyebab Freezer Mengeluarkan Suara Berisik dan Cara Mengatasinya

Penyebab dan cara mengatasi suara berisik pada kulkas

Baut yang longgar

Suara berisik yang terdengar dari bagian belakang kulkas salah satu sebabnya bisa karena baut dari kompresor yang longgar. Cara mengatasinya tentu saja sangat mudah. Anda hanya perlu mengencangkan baut yang longgar tersebut.

Tegangan listrik yang tidak stabil

Apabila tegangan listrik di rumah Anda tidak stabil, hal tersebut dapat menyebabkan kompresor lemari es mengeluarkan suara bising terus-menerus. Untuk mengatasi masalah ini, Anda disarankan membeli stabilizer yang dapat menstabilkan listrik sehingga suara bising dari lemari es tidak lagi terdengar.

Kompresor kulkas rusak

Kerusakan pada kompresor kulkas juga bisa menjadi penyebab kebisingan yang beragam. Mulai dari suara yang keras dan berisik hingga suara dengung yang terdengar sangat kencang.

Apabila kompresor rusak, hal ini akan mempengaruhi kinerja lemari es. Pasalnya, kompresor merupakan komponen penting yang dapat membuat lemari es bisa menghasilkan suhu dingin.

Tanda-tanda kerusakan kompresor biasanya dapat diidentifikasi dengan cara memeriksa suhu di dalam kulkas. Apabila kulkas tidak lagi dingin atau freezer (lemari es) tidak bisa membekukan air (tidak bisa membuat es batu). Ini adalah tanda bahwa Anda perlu memeriksa kompresor kulkas.

Kerusakan pada kompresor juga bisa ditandai dengan bunyi derit yang berisik dan bunyi dengungan yang keras. Khusus untuk bunyi dengungan, biasanya disebabkan karena tegangan listrik yang terlalu rendah atau bisa juga disebabkan karena tegangan yang tidak stabil.

Untuk mengatasi kulkas bising akibat kerusakan pada kompresor, terlebih dahulu Anda harus mengidentifikasi apa masalahnya secara lebih spesifik. Jika, kompresor sudah cukup tua dan mulai lemah, misal ring piston mengalami keausan karena kekurangan oli. Maka, sebaiknya diganti dengan yang baru saja.

Anda bisa membeli kompresor di toko elektronik terdekat atau bisa juga dibeli secara online. Harga kompresor kulkas sangat beragam tergantung dari merek dan jenisnya. Sebagai gambaran, kompresor kulkas 2 pintu bekas, ada yang dijual dengan harga antara Rp 300-400 ribuan. Sedangkan untuk yang baru biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 700-800 ribuan.

Baca Juga: 5 Ciri – Ciri Kompresor Kulkas Rusak atau Mau Mati

Kipas atau fan

Selain beberapa komponen di atas, Anda juga perlu memeriksa kipas kulkas yang juga kadang-kadang rusak dan menimbulkan suara berisik. Umumnya, kerusakan pada fan terjadi di bagian motornya yang mulai aus hingga perputaran kipas jadi lebih berat dan mengeluarkan suara mencicit.

Kerusakan pada kipas bisa diatasi dengan mengganti kipas yang lama dengan kipas baru. Tidak jauh berbeda dengan kompresor, Anda juga bisa membeli kipas kulkas di toko konvensional maupun di toko online. Apabila hanya bilah kipas (baling-balingnya) saja yang rusak, Anda bisa membelinya dengan harga yang lebih murah.

Harga kipas/fan kulkas dua pintu dijual mulai Rp100.000 hingga Rp400.000, tergantung dari merek, type, dan kelengkapannya.

Anda tidak perlu membeli satu set kipas apabila yang mengalami kerusakan hanya bagian tertentu (bilah atau motor). Selain bisa membeli hanya baling-balingnya saja, Anda juga bisa membeli motor kipas saja tanpa disertai baling-baling.

Membeli hanya komponen yang mengalami kerusakan saja akan membantu Anda berhemat daripada harus membeli satu set lengkap.

Selain karena rusa, kipas di dalam lemari es juga bisa menimbulkan suara yang agak keras disebabkan oleh adanya penumpukan es. Bunga es yang menghalangi bilah kipas akan menyebabkan baling-baling kipas tidak berputar lancar. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu melakukan defrost atau bersihkan bunga es, terutama yang ada di sekitar kipas.

Pipa yang berhimpitan dengan body kulkas

Walaupun kasus seperti ini tidak begitu sering terjadi, namun mungkin saja hal ini terjadi dengan kulkas di rumah Anda. Pipa kulkas yang berhimpitan dengan dinding body kulkas juga bisa cara menyebabkan kulkas jadi berisik. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu merenggangkan jarak antara pipa dengan dinding kabinet.

Kerusakan motor kipas evaporator

Bagi Anda yang awam, mengetahui secara pasti ciri-ciri berbagai suara berisik yang ditimbulkan oleh kulkas memang agak susah dan membingungkan. Hal tersebut wajar, mengingat pengalaman Anda dengan berbagai masalah kulkas sangat minim.

Karena itulah, Anda lebih dianjurkan untuk memanggil teknisi kulkas profesional untuk mengidentifikasi dan mengetahui sumber masalah sebenarnya. Sehingga, Anda tidak perlu menebak-nebak dan membuang banyak waktu hanya untuk mencari sumber masalah tanpa tau bagaimana cara menanganinya.

Selain kerusakan pada kipas kulkas atau freezer, suara berisik juga bisa berasal dari motor kipas evaporator. Salah satu ciri-ciri kipas evaporator rusak adalah dinding belakang freezer akan terasa lebih hangat atau lebih panas dibandingkan biasanya.

Kipas evaporator bisa rusak karena usia tua hingga menyebabkan motor kipas jadi aus dan rusak. Untuk menghilangkan suara berisik dari kipas evaporator yang mulai mengalami keausan pada motor adalah dengan mengganti motornya dengan yang baru.

Harga motor kipas evaporator kulkas tidak terlalu mahal, ada yang dijual dengan harga sekitar Rp100 ribuan, dan ada juga yang dijual dengan harga sedikit lebih mahal.

Kerusakan juga bisa terjadi pada bagian grommet atau cincin/strip tepi yang menjadi tempat dudukan motor kipas evaporator. Kerusakan komponen ini bisa karena aus atau longgar. Hal tersebut akan menyebabkan kipas bergerak pada breketnya dan menimbulkan suara.

Untuk mengatasi penyebab suara berisik ini, Anda hanya perlu mengganti grommet (ring/cincin) tersebut jika ternyata sudah longgar atau aus.

Baca Juga: Kebiasaan Sepele yang Dapat Menyebabkan Kulkas Cepat Rusak

Itulah sejumlah penyebab dan cara mengatasi suara berisik pada kulkas yang bisa diakibatkan oleh kerusakan komponen-komponen tertentu, atau bisa juga disebabkan karena kulkas membutuhkan perawatan/pembersihan.

Jika tidak mampu mendiagnosa dan memperbaiki kerusakan pada kulkas Anda di rumah, jangan ragu-ragu memanggil teknisi service kulkas profesional yang dapat membantu Anda mengidentifikasi sumber masalah lebih cepat serta bisa membantu Anda memperbaiki kerusakan dengan cara yang lebih baik dan aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.