Beranda Plumbing Penyebab Pompa Air Mati Hidup Sendiri dan Cara Mengatasinya

Penyebab Pompa Air Mati Hidup Sendiri dan Cara Mengatasinya

594
0

Menggunakan pompa air otomatis memang sangat menyenangkan dan tidak merepotkan. Karena sekali colok, pompa air tersebut tidak perlu dihidupkan saat dibutuhkan dan tidak perlu dimatikan ketika selesai menggunakannya. Selain bisa menghemat lebih banyak waktu, hal tersebut juga jadi lebih aman karena kita pun tidak akan terlalu sering bersinggungan dengan listrik.

Namun di samping keunggulannya tersebut, pompa air otomatis memiliki sejumlah kelemahan. Salah satunya adalah, pompa air ini kadang-kadang nyala lalu mati sendiri dalam rentang waktu tertentu.

Beberapa di antaranya ada yang hidup-mati berulang-ulang dalam rentang waktu yang sangat berdekatan atau dalam hitungan detik saja. Kejadian seperti ini dikenal juga dengan istilah water pump short cycling.

Baca juga: 6 Tips Mudah Memilih Pompa Air Untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Masalah ini tentu akan menimbulkan suara berisik yang tidak nyaman dan sangat mengganggu. Selain itu, bayang-bayang akan kerusakan mesin juga bisa menambah rasa was-was.

Nah, untuk mengetahui apa penyebab pompa air bisa hidup sendiri ketika keran tidak dibuka, Anda bisa menyimak beberapa poin di bawah ini.

Beberapa Penyebab Pompa Air Mati-Hidup Sendiri

Kebocoran pada pipa adalah penyebab utama pompa air otomatis hidup dan mati sendiri

Pada umumnya, pipa lebih sering mengalami kebocoran di sekitar sambungan yang tidak rapi atau akibat kurang lem pada saat proses penyambungan. Kebocoran kecil berupa tetesan-tetesan air dapat menyebabkan pompa hidup sendiri dalam rentang waktu tertentu.

Oleh sebab itu, setiap kali melakukan instalasi pipa air di rumah, pastikan setiap sambungan dipasang dengan benar dan menggunakan lem yang cukup sehingga pipa tidak akan bocor atau mengalami kebocoran ketika mendapatkan tekanan dari dalam maupun dari luar atau akibat perubahan suhu.

Keran air sudah mulai longgar

Di sebuah rumah, biasanya terdapat beberapa buah keran. Diantara keran yang paling sering digunakan adalah, keran yang ada di wastafel, keran kamar mandi, serta keren di pencucian piring dan mesin cuci. Dari sekian keran tersebut, keran di kamar mandi dan di tempat cuci piring adalah yang paling mudah mengalami kerusakan.

Keran yang mulai longgar dan tidak bisa menahan air akan memicu pompa air hidup sendiri. Jika tidak mungkin diperbaiki, ada baiknya Anda mengganti keran yang sudah longgar dengan keran yang baru untuk mengatasi masalah ini.

Tangki air bocor

Setelah digunakan sekian lama, pompa air otomatis biasanya akan mulai berkarat dan mengalami pelapukan, terutama di bagian tangki. Kebocoran kebocoran kecil akan menyebabkan udara atau air di dalam tangki keluar sehingga, membuat pompa hidup sendiri.

Baca juga: Masalah Umum Pada Pompa Air dan Cara Mengatasinya

Kebocoran kecil pada tangki pompa air bisa cukup mudah diatasi dengan cara ditambal menggunakan lem besi atau lem campuran. Lem besi biasanya digunakan untuk menambal kebocoran kecil.

Akan tetapi, jika kebocoran tersebut lumayan besar atau lebar, ada baiknya Anda mengganti tangki pompa air dengan yang baru. Tengki pompa bisa dengan mudah Anda temukan dan beli di kami, dengan cara menghubungi customer service kami melalui halaman Kontak.

Tangki pompa air kehilangan muatan udara

Kasus ini sering dialami oleh pompa-pompa model jadul. Ini merupakan salah satu penyebab pompa air mati hidup sendiri yang sulit terdeteksi dan jarang diketahui oleh orang awam.

Jadi, jika sudah memeriksa seluruh bagian pipa dan tidak ditemukan adanya kebocoran. Maka, Anda bisa mencurigai tangki pompa air sebagai penyebab mesin hidup-mati.

Masalah ini cukup umum dan sebenarnya bisa dengan mudah diatasi. Caranya, Anda hanya perlu melepaskan tangki lalu mengeluarkan seluruh isi air yang ada di dalamnya. Setelah itu pasang kembali tangki air tersebut.

Sebaliknya, terlalu banyak udara yang ada di dalam tangki juga bisa menyebabkan masalah yang sama (short cycling). Pompa air model bladder adalah yang paling sering mengalami masalah ini. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengatur (memutar) kembali tekanan pada pompa sesuai dengan rekomendasi pabrik yang bersangkutan.

Terjadi penyumbatan pada pipa pasokan air

Penyebab terakhir mengapa pompa bisa hidup mati dalam rentang waktu yang sangat berdekatan ketika keran tidak dibuka adalah masalah atau penyumbatan pada ada pipa pasokan air.

Jika Anda menggunakan filter air, Anda juga perlu memeriksa filter tersebut karena mungkin saja mengalami sumbatan. Bahkan, sebuah sumbatan kecil pada filter air bisa menyebabkan short cycling. Apabila terjadi penyumbatan, biasanya tekanan air akan dengan cepat naik begitu pompa dihidupkan.

Baca juga: Penyebab Pompa Air Mati Total, Simak Cara Mengatasinya Berikut Ini

Itulah beberapa penyebab pompa air hidup mati sendiri yang semoga saja bisa membantu Anda mengatasi masalah, yang mungkin saat ini sedang membuat Anda pusing dan kebingungan. Jika masalah pompa tidak dapat teridentifikasi, jangan ragu-ragu untuk menghubungi tukang pipa profesional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.