Beranda HVACR 7 Penyebab AC Mudah Rusak dan Cara Menghindarinya

7 Penyebab AC Mudah Rusak dan Cara Menghindarinya

141
0

Ada banyak faktor penyebab AC mudah rusak itu, walaupun AC yang Anda miliki adalah AC merk terkenal yang membawa fitur lengkap. Harganya pun pasti sangat mahal. Banderol harganya yang mahal tersebut seharusnya membuat kita sadar bahwa, peralatan elektronik ini harus dijaga dan dirawat agar tidak mudah rusak.

Selain melakukan perawatan, kita juga perlu menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering tanpa kita sadari dapat menyebabkan AC jadi lebih gampang rusak, yang sudah barang tentu akan sangat merugikan karena harus sering diservis atau terpaksa diganti dengan yang baru.

Baca Juga: Tips Merawat dan Menggunakan AC agar Lebih Awet

Nah, agar AC di rumah atau di kantor bisa lebih awet dan tahan lama, sebaiknya ketahui beberapa penyebab AC mudah rusak dan cara menghindarinya, seperti yang akan diungkapkan pada beberapa poin di bawah ini.

Bersihkan atau ganti filter udara sebulan sekali

Setiap orang tentu saja memiliki kebiasaan yang berbeda-beda dalam menggunakan AC. Ada yang menggunakannya hanya sebentar-sebentar saja, namun tidak sedikit juga yang menggunakannya setiap hari dan dihidupkan seharian.

Mengganti dan membersihkan filter AC tentu saja sangat bergantung pada kebiasaan tersebut. Jika Anda menghidupkan dan menggunakan AC setiap hari, sangat dianjurkan untuk membersihkan atau mengganti filter udara setiap sebulan sekali. Tapi jika intensitas penggunaan AC tidak terlalu tinggi, merawatnya setiap 3 bulan sekali sudah lebih dari cukup.

Saran mengganti filter udara dalam sistem air conditioner secara teratur sangat direkomendasikan karena ini adalah cara termudah dan terbaik untuk mempertahankan AC agar tidak mudah rusak.

Baca Juga: Tips Merawat AC Agar Awet Hingga 10 Tahun Lebih

Fungsi filter udara adalah untuk menghentikan partikel-partikel kecil seperti bulu-bulu, kotoran, hingga debu yang bisa menyusut atau masuk ke dalam ruangan. Dan tentu saja, filter udara tersebut hanya bisa berfungsi secara maksimal dan efisien apabila dalam keadaan bersih.

Jika saringan udara atau filter udara tersebut terlalu kotor, maka kemampuan atau kinerjanya pun akan menurun. Tidak hanya akan membuat udara di dalam ruangan menjadi tidak sehat, kondisi tersebut juga bisa berdampak pada AC. Tekanan berlebihan pada AC akibat terhambatnya udara akan membuat AC bekerja lebih keras.

Coil (kumparan) AC juga harus dijaga kebersihannya

Coil atau kumparan pendingin udara merupakan komponen penting dari sistem AC yang berfungsi membantu refrigerant menyerap panas dan mendinginkan udara di dalam ruangan.

Seiring penggunaan dan seiring waktu, kumparan tersebut akan berubah menjadi kotor dan mengurangi kemampuannya dalam menyerap panas. Akibatnya, AC akan bekerja lebih keras untuk memberikan suhu yang diinginkan.

Untuk menghindari agar AC tidak bekerja terlalu keras, pastikan coil tetap bersih. Untuk membersihkan coil, caranya sangat mudah. Anda hanya perlu membersihkan area sekitar unit kondensor (unit yang berada di bagian luar).

Pastikan saluran air kondensat tidak macet dan kotor

Setiap AC pasti akan mengalami kelembaban. Oleh sebab itu, disediakanlah sebuah selang yang berfungsi untuk mengalirkan kelembaban (air) keluar. Karena memiliki fungsi yang sangat vital, maka menjaga kebersihan pipa agar dapat mengalirkan air dengan lancar sangat ditekankan.

Terlalu sering mengganti suhu udara secara drastis

Sering kita menemukan AC yang disetel pada suhu tertentu hingga membuat kita merasa masih gerah atau sebaliknya kedinginan. Kondisi tersebut kerap memaksa kita menurunkan atau menaikkan suhu secara drastis.

Walaupun hal tersebut sangat bisa dilakukan, namun cara ini sebaiknya tidak dibiasakan. Sebab, hal tersebut akan membuat tekanan pada AC bertambah karena harus mengubah kecepatan secara tiba-tiba.

Baca Juga: Cara Mengatur Remote AC Agar Bisa Dingin Secara Maksimal

Jika harus menurunkan atau menaikkan suhu, pastikan Anda melakukannya secara perlahan dan tidak sekaligus. Misal, jika AC sudah di-setting pada suhu 25° Celcius, Anda bisa menaikkan atau menurunkannya 1 derajat kemudian diamkan beberapa saat.

Jika suhu udara masih belum mencapai sesuai yang Anda inginkan, Anda bisa menaikkan dan menurunkannya kembali 1 derajat. Cara ini akan membantu AC bekerja lebih halus sehingga, tidak kaget seperti ketika setingan suhu AC diturunkan atau dinaikkan secara drastis.

Tidak melakukan maintenance (perawatan) secara rutin

Penyebab AC mudah rusak selanjutnya, yakni tidak melakukan perawatan secara rutin. Secanggih dan setangguh apapun sebuah air conditioner, apabila tidak dirawat secara teratur, sudah pasti alat elektronik ini akan mudah rusak.

Nah, daripada membiarkan AC rusak dan terpaksa menggantinya dengan yang baru hingga memaksa Anda menyediakan anggaran yang tidak sedikit. Akan lebih baik apabila Anda melakukan perawatan sendiri ataupun dengan memanggil teknisi profesional.

Baca Juga: Mengapa AC Harus Di Service Padahal Masih Dingin

Menjadwalkan perawatan setiap sebulan sekali atau 3 bulan sekali sesuai dengan intensitas penggunaan, sangat direkomendasikan.

Pastikan AC tidak kekurangan freon

Apabila AC kekurangan freon, hal tersebut akan membuat suhu udara di dalam ruangan jadi terasa kurang dingin sekalipun sudah disetel pada suhu rendah. Terus-menerus menyetel AC pada suhu rendah sudah pasti akan membuat unit menjadi lebih berat beberapa kali lipat.

Agar hal tersebut tidak terjadi, pastikan freon cukup dan diisi ulang sesuai dengan intensitas penggunaan. Tapi ingat, Anda tidak harus mengisi freon setiap kali maintenance apabila AC jarang digunakan. Karena kebutuhan freon sangat bergantung pada penggunaan.

Sering lupa menutup (kembali) pintu ruangan ber-AC

Membiarkan pintu terbuka akan membuat udara sejuk di dalam ruangan ber-AC keluar, atau sebaliknya udara hangat akan masuk sehingga AC akan bekerja lebih keras untuk mendapatkan suhu yang sesuai.

Agar kinerja AC tidak terlalu berat, kebiasaan buruk ini perlu dihindari. Caranya, cobalah membuat pengingat di depan pintu dengan memasang sticker atau pengingat lainnya, agar setiap kali membuka pintu siapapun yang masuk tidak akan lupa untuk menutup pintu.

Baca Juga: Cara Bongkar AC Tanpa Buang Freon yang Benar

Jika Anda suka dengan artikel penyebab AC mudah rusak ini, silakan bagikan ini ke teman-teman sosial media Anda. Atau, ingin memberi tanggapan, silakan tinggalkan komentar Anda di bawah.

Dapatkan konten menarik lainnya dengan follow akun sosial media kami.

Instagram : @Dutaserviceac | FP Facebook : Duta Jaya Technic – Professional Service

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.