Beranda HVACR Penyebab AC Berisik dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Penyebab AC Berisik dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

392
0
AC Berisik

AC berisik memang sangat mengganggu. Suara aneh yang dikeluarkannya tidak hanya membuat suasana jadi bising tapi juga membuat kita kesulitan untuk berkonsentrasi, sulit beristirahat, atau bahkan mungkin jadi lebih mudah uring-uringan.

Apa penyebab AC berisik dan bagaimana cara mengatasinya?

Setiap unit air conditioner biasanya menggunakan teknologi peredam suara untuk menjaga tingkat kebisingan agar berada di bawah 55 desibel. Walau demikian, beberapa unit mungkin ada yang tingkat kebisingannya masih berada di atas 55 dB.

Sejak pertama kali membeli, tentu Anda sudah familiar dengan suara atau kebisingan yang dihasilkan oleh unit penyejuk udara di rumah Anda atau di kantor, bukan? Nah, jika suatu saat Anda mendengar suara tidak biasa dari mesin penyejuk udara, entah itu unit outdoor ataupun indoor, pastikan Anda segera mematikan AC terlebih dahulu–lalu panggil teknisi untuk memeriksanya.

Baca Juga: Penyebab AC Mati Total dan Cara Memperbaikinya

Suara bising pada AC jangan diabaikan! terlebih apabila suaranya terdengar sangat berisik. Tidak hanya karena suara tersebut mengganggu, tapi Anda juga harus mempertimbangkan kemungkinan kerusakan yang lebih parah apabila sistem penyejuk udara terus dihidupkan dan dipaksa bekerja.

Tanpa memeriksa mesin kondensor, seringkali kita tidak bisa mengetahui dengan pasti apa penyebab AC berisik. Terlebih, apabila kita bukanlah ahlinya. Walau demikian, ada beberapa suara-suara umum yang kerap terdengar dari unit air conditioner, yang dapat diidentifikasi untuk mengira-ngira bagian manakah yang bermasalah?

Setidaknya, ada 4 masalah paling umum yang ditemukan pada AC berisik, diantaranya adalah:

  1. Suara AC bercuit (mencicit) atau menggeret
  2. Suara seperti benda yang berbenturan
  3. Suara bersuit, dan
  4. AC berdengung

Penyebab AC mengeluarkan suara mencicit atau berdecit

Ketika AC dinyalakan, segera Anda akan mendengar suara mencicit yang melengking keras yang berasal dari logam, yang tidak akan berhenti sampai AC dimatikan.

Penyebab AC berisik yang satu ini bisa diakibatkan karena bantalan motor kipas yang sudah mulai rusak sehingga perlu diganti dengan motor kipas AC baru.

Terdengar suara seperti benturan logam

Setidaknya, ada dua penyebab mengapa AC mengeluarkan suara benturan. Yang pertama akibat kerusakan pegas pendukung pompa refrigerant dan yang kedua bisa diakibatkan karena masalah pada kipas kompresor.

Apabila Anda mendengar unit outdoor mengeluarkan suara keras ketika dimatikan atau ketika sedang hidup, hal tersebut bisa diakibatkan karena pegas kompresor internal sudah mulai kehilangan kemampuannya.

Di dalam kompresor AC, yaitu bagian yang memompa refrigerant, terdapat pompa yang dipasang pada pegas pendukung. Apabila pegas rusak, pompa otomatis tidak tersangga.

Pada saat pompa tersebut beroperasi, bunyi berisik tersebut biasanya tidak terdengar. Karena pada saat beroperasi, momentum ini akan membuat AC terdengar seolah-olah tidak bermasalah. Namun apabila AC dimatikan atau dihidupkan, momentum tersebut akan hilang hingga membuat pompa goyah dan membentur casing kompresor. Hal inilah yang menciptakan suara benturan.

Baca Juga: Mengatasi AC Sering Mati Hidup Sendiri

Apabila benturan tersebut terdengar ketika AC sedang dihidupkan, mungkin masalahnya bisa pada kipas. Karena bagian-bagian pada kipas kondensor bisa saja terlepas dan berbenturan dengan bagian dinding unit outdoor.

Penyebab AC mengeluarkan suara bersiul

Apabila Anda mendengar AC mengeluarkan suara siulan bernada tinggi selama 10-15 menit setelah AC pertama kali dinyalakan. Tanda-tanda lainnya yang biasanya menyertai suara siulan dari AC adalah, AC akan jadi lebih sering mati lalu hidup kembali. Penyebabnya masalah ac ini biasanya diakibatkan karena kompresor mengalami tekanan refrigerant yang terlalu tinggi.

Beberapa unit AC memiliki sensor yang dapat mematikan sistem jika mendeteksi tingkat tekanan internal terlalu tinggi. Sensor tersebut akan mematikan dan menghidupkan AC terus-menerus apabila tekanan refrigerant terlalu tinggi.

Penyebab suara AC berdengung

Suara dengung pada AC biasanya terdengar konstan pada kondensor, baik itu ketika unit sedang bekerja ataupun tidak. Penyebabnya bisa karena masalah kelistrikan pada sistem, atau bisa juga disebabkan karena faktor lainnya seperti:

  • Motor kipas kondensor. Apabila kipas outdoor tidak berputar saat blower di dalam bekerja, Anda akan mendengar bunyi berdengung di bagian kondensor
  • Kerusakan pada thermostat atau contactor relay switch. Contactor relay switch adalah saklar bertegangan rendah yang berada di bagian dalam kondensor. Saklar ini dikendalikan oleh thermostat. Jika saklar atau thermostat rusak, AC akan mengeluarkan suara dengungan
  • Sambungan listrik antar bagian ada yang putus. Sambungan listrik yang kendor atau putus bisa menyebabkan busur listrik (electrical arcing) yang akan membuat AC berdengung

Penyebab AC berisik lainnya

Baut longgar

Apabila baut longgar, otomatis unit AC akan bergetar saat beroperasi. Masalah AC yang satu ini bisa dengan mudah Anda atasi dengan mengencangkan baut yang longgar.

Sabuk atau belt AC longgar

Kelonggaran tidak hanya bisa terjadi pada baut saja, belt atau sabuk AC juga bisa mengalami kelonggaran apabila sudah digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Suara berisik yang keluar akibat belt AC yang longgar bisa Anda atasi dengan menggantinya dengan yang baru.

Penempatan AC yang tidak rata

Unit outdoor maupun unit indoor harus ditempatkan di tempat yang rata agar bisa bekerja secara maksimal atau agar tidak mudah rusak. Khusus untuk unit outdoor, selain di tempel di tembok, unit ini biasanya juga akan di dudukan atau didukung dengan menggunakan bracket.

Baca Juga: Apakah Bisa Indoor dan Outdoor AC Split Beda Merk, Simak Berikut ini!

Apabila AC dipasang pada bracket atau tembok tidak rata, hal tersebut dapat menyebabkan AC jadi berisik setiap kali hidup. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu memindahkan unit ke tempat yang rata atau meratakan bracket agar mesin bisa bekerja normal.

Itulah beberapa penyebab AC berisik dan cara mengatasinya. Apabila Anda merasa kesulitan untuk mengidentifikasi sumber suara, jangan ragu untuk memanggil teknisi AC profesional yang akan membantu Anda menemukan penyebab masalah dan mengatasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.