Beranda HVACR Apakah Bisa Indoor dan Outdoor AC Split Beda Merk, Simak Berikut ini!

Apakah Bisa Indoor dan Outdoor AC Split Beda Merk, Simak Berikut ini!

23498
44

Apakah digunakan jika indoor dan outdoor AC beda merk ? Jawabannya tentu saja sangat bisa, namun dalam praktiknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar AC tersebut dapat bekerja sesuai dengan yang kita harapkan.

Indoor dan outdoor berbeda merk yang saya maksud misalnya ada sebuah AC merk Panasonic 1 PK dengan kondisi unit outdoor rusak, namun untuk unit indoor masih bagus atau normal. Kemudian unit outdoor tersebut saya ganti dengan merk SHARP, tetapi masih dalam ukuran yang sama yaitu 1 PK.

Hal tersebut tidak masalah dan AC dapat bekerja mendinginkan ruangan dengan maksimal. Perlu kita ingat, tips ini hanya berlaku untuk AC konvensional dan tidak untuk AC yang sudah menggunakan teknologi inverter.

Karena pada kelistrikan AC inventer berbeda dengan AC konvensional pada umumnya, bahkan untuk sesama AC inventer sendiri pun kadang tidak kompatibel.

..Sehingga kita tidak bisa sembarangan mengkanibal AC inverter, kalau pun bisa tentu perlu beberapa perubahan dimana ini harus dilakukan oleh teknisi ahli di bidangnya.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan AC yang Sudah dilengkapi Teknologi Inverter

Lain halnya untuk AC konvensional, yang rata-rata sama semua untuk sistem kelistrikannya, sehingga kita pun bisa dengan mudah mengkanibal indoor dan outdoor AC beda merk sekali pun.

Walaupun begitu, seperti yang sudah saya katakan di awal tadi bahwa ada beberapa hal atau syarat yang perlu diperhatikan dalam menggunakan indoor dan outdoor AC yang berbeda merk.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk mengganti unit indoor maupun outdoor dengan merk yang berbeda antara lain :

1. Ukuran ( PK ) harus sama dengan merk AC sebelumnya

Hal pertama yang perlu anda perhatikan untuk mengganti indoor atau outdoor yang berbeda merk adalah ukuran PK AC tersebut. Pastikan PK indoor atau outdoor yang rusak sama dengan ukuran indoor atau outdoor yang masih normal.

Misalnya indoor 0,5 PK dengan outdoor 0,5 PK, indoor 1,5 PK dengan outdoor 1,5 PK dan seterusnya.

Hal ini bertujuan agar nanti dingin yang dihasilkan oleh AC tersebut tetap maksimal, karena volume evaporator indoor sesuai dengan kapasitas mesin kompresor dalam mendinginkan pada suatu ruangan.

2. Tipe gas Refrigerant ( FREON ) harus sesuai dengan tipe Freon AC sebelumnya.

Tidak kalah penting yaitu memperhatikan jenis freon AC yang mau kita pasang. Usahakan kita mengganti unit indoor atau outdoor dengan tipe freon sama dengan AC sebelumnya. Sehingga nantinya baik indoor maupun outdoor yang sudah kita ganti bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Misalnya jika indoor atau outdoor AC sebelumnya menggunakan freon R22, maka kita juga harus mengganti indoor atau outdoor tersebut yang sudah menggunakan freon R22, begitu pun untuk tipe jenis freon R32 dan R410a.

Baca Juga : Perbedaan Tipe Freon R22, R32, R410a dan R290 Pada AC Split

Kalau pun tidak ada pilihan lain, sebenarnya kita bisa saja menggunakan indoor atau outdoor yang berbeda jenis freon nya. Misalnya saja indoor tadinya menggunakan outdoor AC dengan tipe freon R22, lalu kita menggantinya dengan outdoor yang memakai freon R32.

…Namun konsekuensi yang harus kita tanggung yaitu indoor tidak akan bertahan lama, kerusakan yang sering terjadi bocor freon di bagian evaporator indoor.

Kenapa bisa begitu ? karena freon R32 memiliki tekanan yang sangat kuat dibanding dengan freon R22. Sehingga indoor yang tadinya memakai freon R22 tidak kuat menahan tekanan freon R32 tersebut.

3. Pastikan daya listrik yang dibutuhkan AC sesuai daya listrik yang ada di tempat Anda.

Salah satu syarat agar AC dapat bekerja dengan optimal yaitu pastikan daya listrik di tempat anda mampu atau cukup untuk menghidupkan AC tersebut.

Sehingga walaupun dalam waktu yang sama anda menggunakannya bersamaan dengan alat elektronik lainnya tidak terjadi listrik turun atau jepret.

Baca Juga : Penyebab Listrik Selalu Turun Saat AC dinyalakan

Dalam hal ini kita berbicara untuk merencanakan mengganti unit outdoor AC dengan merk yang berbeda, jadi pastikan daya listrik yang dibutuhkan untuk outdoor yang baru sesuai dengan outdoor sebelumnya.

…Karena bisa saja outdoor yang lama sudah mendukung teknologi hemat listrik ( low watt ), namun untuk outdoor yang mau kita pasang belum menggunakan teknologi tersebut.

Namun rata-rata sih sama untuk kebutuhan listrik, asal kita menggantinya masih dalam ukuran PK yang sama, jadi untuk poin ini menurut saya tidak begitu pengaruh. Akan tetapi untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi juga perlu kita perhatikan juga, bukan ?.

Jadi kesimpulannya, jika unit indoor atau outdoor AC kita rusak, kita bisa menggantinya dengan unit second walaupun merk nya berbeda dengan unit sebelumnya. Walaupun begitu, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan juga, yang mana seperti yang sudah dijelaskan pada 3 poin di atas.

Kenapa harus dengan unit indoor atau outdoor yang second ? Karena dari segi biaya lebih murah, selain itu unit AC baru tidak ada yang di jual terpisah misalnya indoor dan outdoor sendiri-sendiri. Sehingga kalau mau yang baru otomatis harus beli AC satu set indoor dan outdoor.

Semoga postingan ulasan tentang indoor dan outdoor AC beda merk di atas bermanfaat, dan sedikit info jika anda membutuhkan unit Indoor maupun outdoor second bisa menghubungi tim kami melalui halaman kontak.

44 KOMENTAR

  1. Min, saya punya AC 1.5 PK, kalo selang AC yg terpasang untuk AC 1 PK, berpengaruh nggak sama angin yg dikeluarkan? Soalnya saya baru isi freon 4 hari yang lalu, sudah tidak dingin lagi….

  2. Kalau memasang AC autdoor nya 1 1/2 PK sementara indoor nya 1/2 PK dgn merk yg sama (sharp) apa kah bisa pak?

    • Tentu saja bisa, dengan harus memakai berbagai cara. Namun, kalau outdoor 1,5 PK dan indoor 0,5 PK kami tidak menyarankan. Karena, kapasitas indoor terlalu kecil bisa saja menyebabkan evaporator bocor karena tidak kuat menahan tekanan tinggi dari outdoor 1,5 PK.

      • Berbagai cara nya seperti apa ???

        • Dengan membuat sambungan pipa antara indoor / outdoor AC 1,5 PK ke 1 PK, mengingat kedua AC tersebut pipa instalasinya beda ukurannya.

      • Klw indoor e 1 pk outdoor y 3/4 pk beda merk bisa y pak

  3. Gan saya kemarin dpt AC merk LG 3/4pk, karna bocor kondensor almunium ,trus saya copot mesin kompresor pindah ke kondensor tembaga AC panasonic 2pk dgn mengganti kran valve 3/8 ,karna ada Masalah kaki 3 pengunci kompresor merk LG6 diameter cukup besar jd tdk masuk ke yg 1pk, yg jd pertanyaan apakah aman AC ?

  4. Mau bertanya saua punya AC panasonic R22 indoornya masih bagus namun outdoornya sudah rusak, apakah bisa saya ganti outdoornya dengan merek Samsung R410, jika bisa apa yang harus kami lakukan ?

    Pertanyaan ke dua R32 sama R410 bagus mana ya,

    Salam

    • Tentu saja bisa, namun resiko jika unit outdoor pakai freon R22 dan outdoor sudah pakai yang freon R32 nanti evaporator indoor jadi rawan bocor. Karena, tekanan freon R32 lebih kuat dibanding R22. Jadi, kalau dari kami lebih menyarankan mending indoor juga diganti dengan yang sudah menggunakan freon R32.

      Untuk perbandingan freon R32 dan R410, kami juga sudah pernah menulis artikelnya, silakan kakak baca disini : https://dutaserviceac.com/perbedaan-refrigerant-freon-r32-r22-dan-r410a/

  5. Min mau tanya sy pake freeon r 32..dicek freeon kurang..klo sy tambahkan r22 ap pengaruhnya yaa…??tolong ya min..

  6. Pak, indoor saya ukuran 1,5pk. Apakah bisa outdoornya diganti jadi 2pk? Apakah berpengaruh menjadi lebih dingin? Mohon infonya

    • Sebenarnya bisa saja mas, namun kami tidak menyarankan. Karena, resikonya unit indoor jadi bocor freon karena tidak kuat menahan tekanan gas freon pada kompresor 2 PK, terlebih jika tadinya antara indoor dan outdoor tersebut tipe freon yang digunakan berbeda. Atau, bisa juga dipasang dengan catatan pipa instalasi harus panjang, hal ini untuk mengurangi tekanan freon agar tidak terlalu kuat.

      Kalau saran kami, mending diganti dengan ukuran PK yang sama, dan jenis freon yang digunakan juga sama. Walaupun berbeda merek pun gak masalah. Terima kasih

  7. mohon info .. saat ini saya pakai ac 1 PK freon R22… rencana nya mau saya ganti unit indoor nya pakai ukuran 1,5 pk yang diperuntukan untuk freon r32… apakah tidak bermasalah ?? terima kasih sebekumnya…

    • Tidak masalah, namun resiko-nya jika unit indoor lebih besar PK nya dari pada unit outdoor biasanya tidak bisa dingin maksimal.

  8. Apakah bisa indor ac 1 Pk r410a pakai outdor ac 1 pk r22

    • Bisa saja mas, asal unit indoor nya bukan unit indoor AC inverter. Karena AC inverter dan AC konvensional itu beda system ya mas. Namun, kami lebih menyarankan untuk mengganti dengan tipe yang sama dan ukuran PK yang sama.

  9. Mas mau tanya bagaimana mau di cocok kan unit indoor standart 1.5 PK , sama unit outdoor 1.5 PK inventer ya mas , kalo boleh mohon petunjuk nya mas , tq

    • Hallo mas, kalau setahu kami tidak bisa ya mas jika unit indoor standard kemudian outdoor nya inverter. Karena, tipe standard dan inverter itu beda sistem.

    • Khairunas Ibrahim

      Mas mau tanya klu outdoor acnya 3/4 pk apa bisa diganti indoor 1/2 pk atau indoor 1 pk ya. mana yg bagus ya. tks

      • Kalau pertanyaannya BISA atau TIDAK, tentu saja bisa ya mas. Karena ukuran pipa instalasi-nya pun sama. Namun, nanti hasilnya bisa saja kurang maksimal. Kami lebih menyarankan untuk menganti dengan ukuran ( PK ) yang sama antara indoor dan outdoor mas. Terima kasih, semoga dapat membantu.

  10. Misi gan.. Saya mau tanya saya pake indoor LG inverter dan outdoor konvensional, apakah bisa?

    • Hallo mas, setahu kami AC inverter dan konvensional tidak bisa di kanibal atau beda merk, karena sistem pada AC inverter beda dengan AC konvensional. Itu setahu dan pengalaman kami ya mas. Terima kasih

  11. Gan saya ada ac 1pk,mau ganti kompresor 0.5pk apakah bisa? (Ac non inverter)

    • Indoor 1 PK dengan outdoor 1 PK bisa kok mas jika memang ruangannya tidak begitu lebar, namun resikonya biasanya tidak bisa dingin maksimal karena evapator indoor tidak sesuai dengan unit outdoor. Kami tetap menyarankan untuk menggantinya dengan ukuran ( PK ) yang sama ya mas. Terima kasih

  12. Muchtar Antonio

    Gan, saya mau tanya. Unit indoor saya Daikin inverter Thailand kondisinya sudah pada keropos di evapnya. Kalau saya beli indoornya saja tapi Daikin inverter Malaysia apakah ukuran pipa dan sistem instalasi kelistrikannya sama?

    • Ukuran pipa biasanya sama selama kapasitas PK nya masih sama, namun perlu dipastikan juga apakah sistem kelistrikannya sama mengingat negara tempat produksinya berbeda. Hal ini tentunya lebih baik langsung ditanyakan ke penjualnya tempat mas mau beli indoor tersebut.

  13. Gan mau cari yg jual indoornya aja dimana ya area cikarang

    • Di tempat kami ada kok kak, tapi kalau untuk ke Cikarang kami tidak bisa.

  14. Pak,saya punya ac 1/2 pk sharp low watt R32,,indoor mau saya ganti dengan daikin 1/2 pk R32 juga,,untuk outdoor tetap,,apakah bisa mengingat daya listrikny selisih sedikit besar daikin,,terimakasij

    • Tetap bisa diganti, listrik tidak masalah karena unit outdoor menggunakan AC yang lama.

  15. Ukuran PKnya sama tetapi condensor dan kompresornya beda merk bisa, bisa atau tidak ya,,?? thank,,

  16. Min mw tanya ac saya indor 1pk outdoor 3/4 dampaknya ap min

    • Jika kapasitor indoor lebih besar dari outdoor, biasanya dingin pada evaporator indoor tidak merata / maksimal.

  17. Ac indoor 1/2 PK, unit outdoor 3/4 PK, kompresor mesin kadang hidup mati, kadang dingin, kadang hanya kipas indoor nya aja yg hidup, AC merk gree, itu kenapa ya min?

  18. Bagus Agung Pamudji

    Misi saya mau tanya, indoor saya 3/4 outdoor 1pk , apakah aman? Dan apa dampaknya jika dalam waktu lama?

    • Aman sih aman, namun untuk jangka panjang kami lebih menyarankan untuk menggunakan dalam satu ukuran ( PK ) yang sama, walaupun ini beda merek. Dampak jangka panjangnya, tagihan listrik akan seperti AC 1 PK karena outdoor menggunakan 1 PK, dan unit indoor bisa saja bocor freon karena kapasitasnya lebih kecil dengan unit outdoor, artinya tetap bisa digunakan namun tidak sesuai atau tidak direkomendasikan. Terima kasih

  19. Mau nanya AC saya outdoor daikin 0,5pk r22 tetapi indoor Aqua 0,5pk r32 bisa tidak ? Dan akan terjadi masalah tdk ?

    • Kalau outdoor nya R22 dan indoor nya R32 asal tipe AC nya sama-sama standard masih bisa. Yang tidak disarankan jika outdoor nya R32 dan indoor nya R22, karena berisiko evaporator indoor bocor freon karena tidak kuat menahan tekanan freon R32.

  20. Mohon info, kalau AC General yang lama, keluaran awal 2000an pake Freon jenis yang mana, R22, R32, atau R410? Sayang sekali di unit outdoornya sudah tidak ada kode modelnya. Terimakasih…

    • Untuk AC keluaran awal 2000an kebanyakan masih menggunakan refrigerant R22 ya Mas.

  21. Oh, satu lagi, kalau saya punya indoor Daikin FTE25JV1 masih bagus… Kalau yang ini jenis freon yang dipakai yang mana? Terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.