Beranda Artikel Mengenal Freezer Box dan Kegunaanya, Simak Berikut ini!

Mengenal Freezer Box dan Kegunaanya, Simak Berikut ini!

33
0
Mengenal Freezer Box

Freezer box adalah lemari pembeku berbentuk kotak kubus atau persegi panjang dengan pintu akses di bagian atas. Freezer box standar biasanya menyediakan kapasitas penyimpanan antara 100 s/d 160 liter. Meski demikian, tersedia juga freezer mini berkapasitas 50 liter dan freezer besar dengan kapasitas hingga 1.300 liter.

Lemari pembeku akan mengubah cara anda belanja, memasak, dan makan. Dengan ruang penyimpanan yang luas, anda bisa membeli bahan makanan dalam jumlah banyak sekaligus, khususnya ketika harganya sedang murah. Dengan Begitu, Anda tidak akan khawatir kehabisan stok makanan hingga berminggu-minggu.

Cadangan bahan makanan yang banyak akan memudahkan anda masak apapun dan kapanpun anda mau. Freezer juga akan memudahkan anda mengkonsumsi makanan-makanan sehat setiap waktu. Selain bermanfaat untuk menyimpan makanan, apa saja kegunaan freezer box lainnya?

Baca Juga: 10 Rekomendasi Freezer Harga 2 Jutaan Terbaik 2021

Kegunaan Freezer Box

1. Bisa menyimpan daging seekor kambing atau sapi

Membeli seekor kambing atau sapi untuk disembelih sendiri umumnya lebih sering dilakukan oleh penjual daging, orang hajatan, hingga pemilik restoran atau rumah makan besar.

Membeli dan menyembelih sendiri hewan seperti sapi ataupun kambing tentu jauh lebih murah daripada membeli kiloan di pasar. Dengan adanya freezer box, Anda tak perlu khawatir.

2. Untuk menyimpan buah musiman

Ada banyak jenis buah-buahan musiman yang biasanya dijual dengan harga miring ketika sedang musim. Menyimpan berbagai jenis buah di dalam freezer bisa membantu kita mengawetkannya hingga berbulan-bulan.

Dengan adanya lemari pembeku, kita bisa mengkonsumsi buah meski tidak sedang musim. Selain bermanfaat untuk menyimpan buah-buahan musiman, lemari pembeku juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan tomat yang sudah direbus dan dikupas untuk membuat saus hingga berbagai macam sayuran.

3. Bisa digunakan untuk membuat es batu

Apakah freezer box bisa untuk buat es batu? Ini adalah salah satu pertanyaan yang kerap ditanyakan oleh calon pembeli ketika akan membeli upright atau chest freezer. Dan jawaban untuk pertanyaan ini adalah, “ya!” freezer bisa digunakan untuk membuat es batu.

4. Bisa difungsikan sebagai kulkas

Suhu freezer bisa di-setting sesuai dengan kebutuhan. Jika tidak ada bahan makanan yang dibekukan, Anda bisa memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai kulkas atau lemari pendingin.

5. Bisa menyimpan lebih banyak es krim

Meski kita bisa menyimpan es krim di dalam kulkas 2 pintu. Namun untuk menyimpan dalam jumlah besar untuk stok ataupun untuk dijual tentu akan sangat merepotkan.

Sebaliknya, dengan adanya chest freezer berukuran besar, kita bisa menyimpan es krim dalam jumlah yang banyak untuk stok maupun untuk dijual.

6. Tempat menyimpan obat-obatan

Tidak hanya bisa digunakan untuk menyimpan makanan, freezer juga bisa digunakan untuk menyimpan obat-obatan agar tidak rusak.

Baca Juga: Cara Menyimpan Daging Ayam di Freezer yang Benar

Macam-macam Jenis Freezer Box

1. Chest Freezer

Chest Freezer
Chest Freezer

Ini adalah jenis lemari pembeku yang paling mudah kita jumpai. Keunggulan chest freezer diantaanya adalah:

  • Kapasitasnya besar
  • Hemat listrik
  • Harganya murah
  • Interior-nya berbentuk kotak tanpa sekat sehingga sangat mudah untuk menyimpan bahan makanan berukuran besar
  • Penutupnya berada di bagian atas sehingga lebih mudah dibuka-tutup dan memudahkan kita menjangkau makanan di bagian dalam

Disamping memiliki sejumlah kelebihan, terdapat juga beberapa kekurangan chest freezer yang patut untuk dipertimbangkan, seperti misalnya:

  • Ukurannya sangat besar sehingga membutuhkan ruang yang tidak sedikit
  • Freezer jenis ini biasanya tidak dilengkapi dengan kipas sehingga suhunya tidak konsisten
  • Area bagian bawah freezer cenderung lebih dingin. Karena seperti yang kita tahu, udara dingin lebih berat dibandingkan dengan udara hangat

2. Upright Freezer

Upright Freezer
Upright Freezer

Bentuk freezer ini serupa dengan kulkas standar yang sering kita jumpai di rumah-rumah. Upright freezer atau lemari es model tegak biasanya dilengkapi dengan rak yang akan memudahkan kita menyusun dan mengatur makanan.

Selain hadir dengan desain satu pintu, upright freezer juga tersedia dalam desain 2 pintu (yang biasanya) sebelah-menyebelah (side by side), serta berbentuk kabinet yang diperuntukkan untuk menggantung daging. Kabinet upright freezer untuk menggantung daging biasanya disebut Meat Hanging Cabinet.

Kekurangan lemari pembeku jenis ini diantaranya adalah, harganya cenderung mahal. Kadang bisa dua kali lipat dari harga chest freezer.

Meski agak malah, namun lemari es ini tidak membutuhkan terlalu banyak ruang, cocok untuk penggunaan rumah tangga, desain vertikalnya memudahkan kita mengakses makanan.

3. Display Freezer

Display Freezer
Display Freezer

Ini adalah lemari pembeku dengan pintu transparan yang kerap digunakan untuk jualan es krim atau frozen food. Dengan pintu transparan, isi yang ada di dalam freezer lebih mudah dilihat.

Pintu transparan tersebut juga sangat bermanfaat untuk kebutuhan rumah tangga ataupun restoran karena chef bisa mengambil dengan cepat apapun yang mereka butuhkan.

4. Portable Freezer

Portable Freezer
Portable Freezer

Freezer portable adalah lemari pembeku berukuran kecil dan berbobot ringan. Ukurannya yang kecil dan ringan akan memudahkan kita memindahkan dan membawanya ke mana-mana. Freezer ini juga dilengkapi dengan adaptor AC atau DC atau keduanya.

5. Drawer Freezer

Drawer Freezer
Drawer Freezer

Drawer freezer atau lemari pembeku berbentuk laci sering dijumpai di dapur dapur berukuran besar dan dapur dapur restoran. Freezer jenis ini didesain untuk memudahkan juru masak.

Pada umumnya drawer freezer terdiri atas beberapa laci yang terbuat dari baja tahan karat. Freezer jenis ini hadir dalam berbagai ukuran dan bentuk. Ada yang berbentuk dan berukuran seperti kabinet.

..Dan, ada juga yang di desain dengan permukaan bagian atas berbentuk seperti meja yang dapat difungsikan layaknya sebuah meja masak pada umumnya.

Baca Juga: 10 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Lemari Es (Freezer)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.