Beranda Plumbing 3 Kegunaan Pompa Air yang Luar Biasa di Rumah

3 Kegunaan Pompa Air yang Luar Biasa di Rumah

100
0
Kegunaan Pompa Air

Pompa air merupakan salah satu alat yang sangat penting bagi kebutuhan rumah tangga. Sebagian besar keluarga di Indonesia memakai pompa air untuk menyediakan kebutuhan air bersih.

Kebutuhan akan air bersih tentunya merupakan kebutuhan yang paling mendasar bagi rumah tangga. Kita memerlukan air bersih untuk mandi, memasak, mencuci, membersihkan rumah, air minum, dan sebagainya.

Bagi yang memiliki sumur sebagai sumber air bersih untuk kebutuhan rumah tangga, atau bagi yang tinggal di daerah yang belum dilalui saluran air ledeng, pompa air rasanya menjadi alat rumah tangga yang wajib dimiliki. Berikut adalah 3 kegunaan pompa air di rumah.

1. Menyedot air dari sumber air

Beberapa daerah di Indonesia belum terjangkau saluran air PAM atau air ledeng. Meskipun pada beberapa kota sebagian besar masyarakat menggunakan air PAM dan tidak memiliki sumur, namun masih banyak daerah yang menggunakan sumur sebagai satu-satunya sumber air bersih bagi rumah tangga.

Pada daerah tertentu, sumur dapat memiliki kedalaman beberapa meter saja. Namun pada daerah dengan tingkat kekeringan tinggi, kadang kita harus menggali berpuluh-puluh meter untuk mendapatkan sumur yang menghasilkan air bersih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya.

Pompa air akan berguna untuk menyedot air bersih dari dalam sumur. Jenis dan tingkat kekuatan pompa air disesuaikan dengan tingkat kedalaman sumur. Sumur yang lebih dalam tentunya akan memerlukan pompa air yang lebih kuat untuk menyedot air dan menyalurkannya untuk kebutuhan rumah.

Bagi yang memiliki sumur yang cukup dangkal, memang air bersih dapat diambil secara manual dengan timba. Namun menggunakan pompa air akan jauh lebih efisien karena akan lebih hemat tenaga dan waktu.

Pompa air juga dapat digunakan untuk menyedot air dari sumber lainnya, misalnya mata air atau air sungai.

Baca Juga: Penyebab Pompa Jet Pump Tidak Keluar Air Padahal Mesinnya Nyala

2. Menyalurkan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga

Selain untuk menyedot air dari sumbernya, kegunaan pompa air yang penting adalah untuk menyalurkan air untuk dapat digunakan bagi kebutuhan rumah tangga. Untuk dapat digunakan, tentu kita memerlukan air bersih untuk dapat mengalir dari kran tempat cuci piring, kran kamar mandi, dan sebagainya.

Pompa air akan menyedot air bersih dan mendorongnya atau menyalurkannya menuju kran air di rumah kita. Untuk menyalurkan air bersih dari sumber air dapat dilakukan secara langsung dan tidak langsung dengan tandon.

Jika kita memilih untuk menggunakan pompa air untuk mengalirkan air secara langsung ke kran di rumah kita, maka kita perlu menyalakan pompa air setiap kali akan menggunakan kran.

Cara lainnya adalah dengan memakai tangki air atau tandon. Saat dinyalakan, pompa air akan menyedot air dan mengalirkannya ke dalam tangki air dengan kapasitas yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga paling tidak dalam sehari penuh.

Saat tangki air penuh, pompa air dimatikan. Kemudian saat kita membutuhkan, air bersih akan mengalir dari tangki air menuju kran. Cara kedua ini lebih praktis dan hemat listrik, karena kita tidak perlu menyalakan pompa air berkali-kali.

Baca Juga: 6 Cara Menghemat Listrik Pompa Air yang Layak dicoba

3. Sebagai sumber air bersih alternatif untuk menghemat tagihan air

Pompa air tidak hanya dimiliki oleh yang tidak memiliki akses air ledeng. Banyak yang memiliki saluran air PAM tetapi juga memiliki sumur dan pompa air untuk menghemat biaya tagihan pemakaian air bulanan.

Tagihan pemakaian air ledeng memang kadang dapat menjadi sangat tinggi. Kadang aliran air ledeng di beberapa daerah juga sering terganggu dan mati selama beberapa hari. Di saat inilah kita membutuhkan sumber air lain dan pompa air.

Memakai pompa air sama mudahnya dengan memakai air ledeng. Tetapi menggunakan air bersih dari pompa air akan lebih menghemat biaya bulanan dan sumber air sudah pasti tersedia kapanpun selama sumur tidak kering.

Setelah mengetahui 3 kegunaan pompa air yang luar biasa di rumah Anda, tentu kini Anda tidak perlu ragu untuk memakai pompa air sebagai alat untuk menyediakan air bersih di rumah. Dengan memakai pompa air, Anda dapat memiliki akses air bersih yang mudah, hemat biaya bulanan, dan dengan jumlah yang melimpah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.