Beranda Plumbing Penyebab Pompa Jet Pump Tidak Keluar Air Padahal Mesinnya Nyala

Penyebab Pompa Jet Pump Tidak Keluar Air Padahal Mesinnya Nyala

2675
0
Penyebab Pompa Jet Pump Tidak Keluar Air Padahal Mesinnya Nyala

Masalah pompa jet pump tidak keluar air padahal mesinnya nyala tentu tidak bisa kita anggap hal yang sepele. Pasalnya, air merupakan salah satu kebutuhan utama kita yang harus terpenuhi.

Jika Anda punya uang Rp50 ribu pada hari ini, mungkin Anda masih bisa beli makan di warung untuk mengatasi rasa lapar Anda. Namun, jika hari ini mesin pompa Anda tidak keluar airnya, terlebih Anda tidak menggunakan tampungan air ( toren ), pastinya Anda harus menunda kegiatan mencuci, mandi, dan aktivitas MCK Anda.

Mungkin Anda juga pernah dengar kata-kata “Air merupakan sumber kehidupan manusia”. Itulah mengapa jika pompa air Anda tidak keluar airnya, secepat mungkin harus Anda memperbaikinya agar bisa normal kembali.

Secara garis besar, mesin jet pump nyala tapi tidak mau keluar air umumnya disebabkan oleh beberapa faktor, yang mana diantaranya akan kami bahas pada artikel ini.

Namun sebelum kita lanjut, Anda juga bisa membaca artikel kami yang membahas masalah umum pada pompa air. Kami telah mengupas banyak hal mengenai permasalahan yang sering terjadi pada mesin pompa air, khususnya jet pump.

Baca Juga: Masalah Umum Pada Pompa Air dan Cara Mengatasinya

..dan langsung saja, berikut ini hal-hal yang menyebabkan pompa air tidak keluar air padahal mesinnya nyala.

1. Ketersediaan sumber air menipis

Jika mesin nyala dengan suara yang tidak seperti biasanya, misalnya lebih berisik, bisa jadi mesin tersebut tidak menghisap air dari sumbernya.

Hal ini bisa jadi karena ketersediaan sumber air tidak ada, sehingga air akan berhenti mengalir meskipun mesinnya nyala.

Untuk memastikan apakah ketersediaan air di dalam sumur mencukupi atau tidak, kita bisa memasang stop kran pada saluran pipa keluar. Kemudian buka stop kran mulai dari bukaan terkecil hingga terbuka penuh.

Jika pada bukaan kecil air mau keluar walaupun minim, lalu air menjadi tidak mengalir saat stop kran dibuka penuh, bisa dipastikan ini karena ketersediaan air di dalam sumber tidak mencukupi untuk di sedot oleh pompa.

Masalah seperti ini sering terjadi pada saat musim kemarau, di mana banyak sumber air yang mengalami kekeringan. Sehingga jika ingin pompa air kita normal kembali, harus dilakukan pengeboran yang lebih dalam lagi pada sumur tersebut.

2. Kesalahan dalam pemasangan pipa hisap

Pemasangan pipa hisap yang salah juga mengakibatkan pompa air tidak keluar air walaupun mesin nyala. Kesalahan tersebut misalnya pipa hisap terlalu ke dasar sumur sehingga terlalu berisiko tertimbun lumpur atau kotoran endapan sumur, sehingga foot valve tersumbat.

Kesalahan lainnya masih ada kebocoran atau sambungan pipa yang tidak tepat, sehingga daya vakum pompa tidak ada walaupun mesin nyala normal.

…Atau, pemasangan tusen klep yang salah, misalnya terbalik juga dapat menyebabkan air tidak keluar.

3. Gearbox mesin pompa Anda ada yang pecah “rompal”

Biasanya pada pompa air terdapat gearbox yang akan berputar seiring dengan motor dynamo. Gearbox ini berputar sebagai sumber daya untuk menyedot air dari dalam sumur.

Jika gearbox ini pecah tentu daya hisap yang dihasilkan pun berkurang, sehingga tidak kuat untuk menghisap air dari dalam sumur tersebut.

Batu kerikil yang ikut terhisap bersama dengan air dari dalam sumber biasanya yang menyebabkan gearbox ini pecah atau “rompal”.

Anda bisa memperbaikinya dengan membawa pompa tersebut ke tukang reparasi pompa air, biasanya Teknisi akan mengganti gearbox yang pecah dengan yang baru.

4. Sumber air tertutup tanah akibat longsor

Jika tadi tidak ada ketersediaan air di dalam sumber, namun pada poin ini sumber air ada tapi tertutup tanah akibat longsor. Biasanya ini terjadi pada daerah yang sering mengalami banjir.

Masalah ini bisa kita identifikasi dengan melakukan beberapa hal, yakni ketika pompa kita pancing menggunakan air, maka pipa terpenuhi air namun jika mesin pompa dinyalakan air dari dalam sumber tidak kuat “ngangkat” ke atas.

Solusi paling tepat untuk masalah ini yakni harus dilakukan pengeboran pada sumber air tersebut. Ini dilakukan agar tanah akibat longsor yang menutup mata air bisa ke angkat ke atas semuanya.

5. Spesifikasi pompa air tidak sesuai dengan kedalaman sumur

Spesifikasi mesin pompa air juga akan mempengaruhi seberapa besar air yang akan keluar nantinya. Misalnya kedalaman sumur di tempat Anda 45 meter, namun pompa yang Anda gunakan hanya memiliki daya hisap 10 meter, mustahil rasanya jika air bisa keluar dengan normal.

Oleh sebab itu, penting bagi kita memilih mesin pompa air yang sesuai dengan kedalaman sumur di tempat kita. Agar tidak salah pilih, kami pun juga sudah menulis tips memilih pompa air yang sesuai kebutuhan.

Baca Juga: 6 Tips Mudah Memilih Pompa Air Untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Di atas sudah kami sampaikan hal-hal yang menyebabkan pompa jet pump tidak keluar air padahal mesinnya nyala, yang tentunya ini berdasarkan dari pengalaman yang kami temukan di lapangan.

Jika Anda mau menambahkan, atau ada yang ingin ditanyakan silakan sampaikan melalui kolom komentar. Jangan lupa jika artikel ini bermanfaat, silakan share ke teman-teman sosial media Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.