Beranda Panduan Cara Vakum AC Baru Freon R32 atau R410a Yang Benar

Cara Vakum AC Baru Freon R32 atau R410a Yang Benar

2621
2
cara vakum ac

Sudah seharusnya seorang Teknisi mengerti bagaimana cara vakum AC yang benar. Baik itu AC baru atau bekas, dan juga baik itu AC yang menggunakan freon R22, R32 atau pun R410a. Karena, hal ini dapat mempengaruhi kinerja AC tersebut untuk waktu yang akan datang.

Seperti yang kita ketahui, saat ini semua produk AC keluaran terbaru menggunakan refrigerant R32 atau R410a, sejak diberlakukannya peraturan pemerintah tentang larangan penggunaan HCFC-22 atau R22 pada sektor refrigerasi Air-conditioner.

Sebagai praktisi mesin pendingin, wajib kita ketahui juga bahwa pemasangan AC yang memakai refrigerant R32 atau R410a harus melalui proses vakum dengan menggunakan alat vacuum pump terlebih dahulu. Artinya, tidak bisa menggunakan cara lama yakni hanya dengan “air purging”.

Hal ini dikarenakan oli yang digunakan pada refrigeran R32 dan R410a beda dengan oli yang dipakai pada refrigerant R22. Tentang alasan kenapa pasang AC sekarang harus di vakum, kami pun juga sudah pernah mengulasnya secara detail.

Baca Juga: Kenapa Pasang AC Harus di Vacum? Ini Jawabannya

Sedangkan di artikel ini, kami akan bagikan tentang bagaimana cara vakum AC yang benar dengan menggunakan alat vakum, baik itu untuk AC baru atau pun bekas. Perlu kami ingatkan, bukan maksud kami untuk menggurui rekan-rekan semua, namun kami hanya ingin bebagi pengalaman barang kali apa yang kami bagikan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Karena, banyak sekali rekan-rekan yang belum tahu cara vakum AC dengan vacuum pump yang menanyakannya melalui email. Sehingga, semoga artikel ini bisa menjawab semua pertanyaan yang teman-teman tanyakan melalui email tersebut.

..dan langsung saja, berikut langkah demi langkah proses vakum AC, dan jangan lupa persiapkan alat-alat yang dibutuhkan terlebih dahulu.

Peralatan yang harus dipersiapkan sebelum memvakum AC

  • Mesin vakum ( Vacuum pump )
  • Kunci pas atau kunci inggris
  • Manifold
  • Napel connector R32 / R410a ( jika diperlukan )
  • Kabel Roll ( jika diperlukan )

Cara vakum sistem AC saat pemasangan AC baru

  • Buka baut napel pengisian refrigerant pada kompresor atau unit outdoor.
  • Hubungkan selang warna biru charging manifold ke saluran pengisian freon pada kompresor, selang warna kuning ke tabung refrigerant yang digunakan untuk pengisian nanti, dan selang warna merah ke mesin vacuum pump.
  • Buka kran tekanan rendah ( warna biru ) dan kran tekanan tinggi ( warna merah ) pada manifold.
  • Nyalakan mesin vacuum pump dan tunggu kurang lebih selama 30 menit, atau sampai jarum pada analizer tekanan rendah ( warna biru ) di manifold menunjukan angka -30 PSI.
  • Jika sudah, tutup kedua kran baik tekanan rendah dan tekanan tinggi di manifold, lalu matikan mesin vacuum pump.
  • Amati jarum analizer yang ada di manifold kurang lebih selama 15 menit, pastikan posisi jarum tetap di -30 PSI, jika naik itu artinya sistem ada yang bocor.
  • Jika selama 15 menit jarum manifold tidak naik, selanjut bisa Anda buka katup tekanan rendah dan tinggi pada kompresor menggunakan kunci “L”.

Catatan : Proses vakum ini dilakukan ketika semua pipa instalasi sudah terkoneksi dengan unit indoor dan outdoor, dan posisi unit Air-conditioner dalam keadaan mati juga katup tekanan rendah dan tinggi dalam keadaan tertutup.

Nah, cukup mudah bukan caranya, sekarang bagaimana jika kondisi unit sudah dipasang sebelumnya, lalu terjadi kebocoran freon. Artinya, di dalam sistem tidak terdapat tekanan gas refrigerant, atau memvakum unit AC bekas.

Cara vakum AC bekas menggunakan mesin vacuum pump

  • Pastikan pipa instalasi sudah terkoneksi dengan unit indoor dan outdoor.
  • Buka baut napel pengisian freon, dan juga ketup tekanan rendah dan tinggi menggunakan kunci “L”.
  • Hubungkan selang warna biru charging manifold ke saluran pengisian freon pada kompresor, selang warna kuning ke tabung refrigerant yang digunakan untuk pengisian nanti, dan selang warna merah ke mesin vacuum pump.
  • Nyalakan mesin vacuum pump dan tunggu kurang lebih selama 30 menit, atau jarum pada analizer tekanan rendah ( warna biru ) di manifold menunjukan angka -30 PSI.
  • Jika sudah, tutup kedua kran baik tekanan rendah dan tekanan tinggi di manifold, lalu matikan mesin vacuum pump.
  • Amati jarum analizer yang ada di manifold kurang lebih selama 15 menit, pastikan posisi jarum tetap di -30 PSI, jika naik berarti sistem ada yang bocor.

Catatan : Sama, proses vakum ini dilakukan ketika unit dalam keadaan mati

Bagaimana menurut Anda, cukup mudah bukan cara vakum AC baik pada unit baru atau bekas di atas ?. Dengan adanya panduan singkat ini, semoga semakin banyak Teknisi yang sadar akan pentingnya vakum, khususnya AC yang menggunakan refrigeran R32 atau R410a.

Selain itu, karena juga banyak manfaatnya untuk keberlangsungan AC tersebut, yang mana beberapa diantaranya dapat membuat unit Air-conditioner lebih awet, dan juga membuat kinerja mesin jadi lebih optimal.

Baca Juga: Manfaat Vakum Pada Pemasangan AC, Apa Pengaruhnya?

Sekian panduan singkat cara vakum AC dari kami semoga bermanfaat atau menambah wawasan kita semua. Seperti biasa, jika ada pertanyaan silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah.

2 KOMENTAR

  1. Mohon infonya….

    Kami ada pakai beberap AC Split Duct 2 PK Daikin R 22 . Pertanyaannya kenapa Low pressurenya klo di kasi 70 PSI Compressornya Mati seperti overload/overheat.

    Terimakasih

    • Hal ini bisa juga disebabkan karena mesin kompresor sudah mulai lemah, sehingga tidak mampu jika di isi dengan tekanan freon sebanyak 70 PSI. Kalau boleh tahu maksimal ampere nya berapa ya mas ? Saran kami, jika mau isi freon sebaiknya juga diperhatikan ampere-nya yang biasanya tertera di nameplate mas. Terima kasih, semoga dapat membantu..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.