Beranda Artikel Rekomendasi AC untuk Kamar Kost yang Irit Listrik

Rekomendasi AC untuk Kamar Kost yang Irit Listrik

rekomendasi ac untuk kamar kost

Kos-kosan (kost/kos) adalah alternatif tempat tinggal yang murah bagi siapapun yang membutuhkan hunian sederhana dan terjangkau. Kost sendiri banyak dibutuhkan oleh pelajar, mahasiswa, hingga sebuah keluarga.

Pada umumnya, sebuah kamar kos-kosan hanya berukuran 3 x 3 m. Walaupun tidak sedikit diantaranya yang berukuran lebih kecil (2 x 3 m) atau lebih besar dari 3 x 4 m.

Bagi mereka yang mampu dan menginginkan pendingin udara yang lebih dari sekedar kipas angin, membeli AC mini untuk kamar kos atau AC kecil dengan fitur Low Watt serta teknologi inverter adalah pilihan tepat.

Pilihan AC yang cocok untuk kamar kos

Sesuaikan dengan ukuran kamar

AC 0.5 PK atau AC dengan kemampuan 5000 Btu atau yang lebih rendah merupakan pilihan paling ideal untuk kamar berukuran kecil seperti misalnya 2 x3 m, 3 x 3 m, atau paling besar 3 x 4 m bagi Anda yang tinggal sendirian atau berdua.

Jika Anda tinggal dengan anggota keluarga yang jumlahnya lebih dari 2 orang, maka kapasitas AC yang dibutuhkan juga biasanya lebih besar. Misal, jika Anda tinggal di sebuah kosan berukuran 3 x 4 meter dengan anggota berjumlah 3-4 orang, maka memilih AC dengan kapasitas 3/4 PK akan sangat ideal.

Jika Anda memilih AC dengan teknologi inverter. AC Inverter 1 PK akan tetap bisa bekerja secara efisien dan hemat listrik sekalipun digunakan pada ruangan yang berukuran kecil seperti kamar 3 x 3 meter contohnya.

Karena tidak seperti ada standar, AC inverter akan menggunakan daya sesuai kebutuhan saja. Jadi, apabila suhu ruangan sudah tercapai, kompresor air conditioner akan otomatis berjalan lambat sehingga kebutuhan daya-nya pun akan menurun.

Baca Juga: Tips Menghitung Kapasitas AC Ruangan Paling Jitu

Periksa daya listrik yang tersedia

Di samping harus mempertimbangkan kemampuan AC, Anda juga harus mempertimbangkan jumlah daya yang tersedia. Jika di kos-kosan hanya tersedia daya listrik sebesar 450 watt atau 900 watt, maka memilih AC dengan fitur Low Watt atau yang dilengkapi teknologi inverter adalah pilihan tepat.

AC Low Watt merupakan pilihan ideal karena kita bisa tetap menikmati AC sambil menghidupkan beberapa perangkat elektronik lainnya seperti televisi, rice cooker, atau kulkas sekalipun jika daya yang tersedia hanya 900 watt.

Pertimbangkan anggaran yang Anda miliki

Harga AC kecil untuk kamar kost tidak selalu murah dan terjangkau. Terlebih, apabila perangkat elektronik ini dilengkapi dengan teknologi terbaru dan fitur yang lengkap seperti fitur Low Watt hingga teknologi inverter. Disamping itu, AC dari merk-merk populer seperti Samsung, LG, Gree, hingga Daikin umumnya berharga sedikit lebih mahal dibandingkan dengan AC merk Panasonic, Uchida (Maspion), atau Sharp.

Pilih yang mudah dibongkar pasang

Karena tinggal di kos-kosan yang notabenenya bukan milik sendiri, maka memilih produk elektronik yang mudah dibongkar pasang serta mudah dipindah-pindah adalah pilihan tepat.

AC portable sangat direkomendasikan karena, selain penggunaanya yang sangat mudah. AC model ini juga tidak membutuhkan banyak tempat, sehingga bisa meletakkannya di mana saja. Selain itu, portabilitasnya akan memudahkan Anda untuk memindahkan dan membawa AC apabila pindah kos.

Rekomendasi AC untuk kamar kost yang irit listrik

Polytron Neuva Deluxe 2 series harga 2 jutaan konsumsi daya 450 watt

AC murah harga Rp 2 jutaan ini menggunakan refrigerant R410A dengan cooling capacity 0.5 PK. Air conditioner yang relatif murah ini dilengkapi dengan fitur anti karat pada bagian evaporator dan kondensor, Turbo mode, Auto self-diagnosis, auto kompresor protection, sleep mode, auto restart, auto swing louver, fuzzy logic control, timer (24 jam), serta fitur display front panel.

Daikin seri FTKC harga Rp 5 jutaan dengan konsumsi daya minimal 260 watt

Jika Anda menginginkan AC dengan konsumsi daya yang lebih rendah, Anda bisa melirik AC Daikin ini. Akan tetapi, harga belinya di awal relatif mahal.

Buat Anda yang berencana tinggal di kos-kosan selama 3-4 tahun saja, sebaiknya pertimbangkan harga beli + biaya listrik. Lalu, bandingkan dengan beberapa pilihan AC lainnya yang kami rekomendasikan.

AC yang telah dilengkapi dengan teknologi inverter ini sangat cocok apabila digunakan untuk kos-kosan yang menyediakan daya listrik sangat rendah.

Sejumlah fitur unggulan yang dibawa oleh Daikin AC single split Smile Inverter seri FTKC ini diantaranya adalah: Pemurni udara, 3D air flow, mode eco, kisi-kisi bersudut lebar, self-diagnosis, kontrol menggunakan Wi-Fi, serta fitur auto restart.

Baca Juga: Rekomendasi AC Tipe Standard dari Berbagai Merk

AC Gree C3 Deluxe Low Watt harga Rp 3 jutaan dengan kebutuhan daya listrik 290 watt

Selain unggul pada kebutuhan dayanya yang sangat hemat, AC Low Watt ini juga telah dilengkapi dengan triple protection yaitu, tahan api, tahan bocor dan anti temperatur tinggi.

Sejumlah fitur yang disematkan pada AC Gree Eco friendly ini antara lain:

Dilengkapi dengan filter kesehatan, filter HD, pembersih otomatis, teknologi drainase yang efisien, self-diagnosis, auto restart, turbo mode, soft fan, dan lain-lain.

Kami merekomendasikan AC Gree C3 Deluxe Low Watt untuk dipasang di kos-kosan karena selain kebutuhan daya-nya yang hemat, tegangan awalnya juga rendah.

Sharp (Sayonara Panas) J60 Series AH-AP5UHL harga 3 jutaan dengan konsumsi daya 330 watt

AC dengan kapasitas pendingin 1/2 PK ini telah dilengkapi dengan Plasmacluster Ion HD 7000 dan menggunakan refrigerant type R32 . AC dengan harga yang relatif murah ini juga telah dilengkapi dengan Jetstream G9 yang dapat mendinginkan ruangan lebih cepat dan dapat mempertahankan udara dingin lebih lama.

Sangat cocok untuk di-install di kos-kosan yang terasa sangat panas karena dindingnya langsung terkena sinar matahari atau karena minim ventilasi.

Baca Juga: Tipe AC Sharp Plasmacluster, Apa Fitur Unggulannya ?

AC LG (T06EV4) Dual Cool 0.5 PK harga Rp 3 jutaan kebutuhan daya 490 watt (150-560 watt)

Rekomendasi AC untuk kamar kost yang irit listrik lainnya adalah LG T06EV4. Penyejuk udara ini sangat cocok bagi Anda yang tinggal di kamar kos agak luas dan membutuhkan AC 1/2 PK dengan kapasitas pendingin hingga maksimal 6500 Btu/h. LG Dual Cool tipe T06EV4 ini telah dilengkapi dengan fitur watt control. Sehingga, sangat hemat listrik. Apabila dipasang dengan benar, AC LG ini bisa bekerja dengan daya minimal 150 watt saja.

LG T06EV4 model dual inverter ini hadir dengan garansi 10 tahun serta bisa menghemat energi hingga 70% dan bisa mendinginkan ruangan lebih cepat hingga 40% dibandingkan AC standar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.