Beranda Artikel 3 Aplikasi Remote AC Universal Android Terbaik, Wajib Coba!

3 Aplikasi Remote AC Universal Android Terbaik, Wajib Coba!

aplikasi remote ac

Beberapa waktu yang lalu kami pernah menulis artikel tentang cara menyalakan AC tanpa remote. Meski bisa dilakukan, namun cara tersebut dirasa kurang praktis. Tidak hanya disebabkan karena kita diharuskan bisa menjangkau unit indoor AC, tapi juga diharuskan membuka casing AC. Cara tersebut tentu saja hanya direkomendasikan apabila dalam keadaan kepepet. Misalnya karena sensor tidak merespon, karena penempatan unit yang kurang pas, atau akibat mata sensor tertutup sesuatu.

Namun apabila remote AC di rumah rusak, tiba-tiba kehabisan baterai, atau mungkin Anda lupa di mana terakhir kali meletakkannya, jangan khawatir. Karena ada banyak aplikasi remote AC universal berbasis Android maupun iOS yang dapat digunakan.

Akan tetapi, aplikasi tersebut rata-rata hanya bisa digunakan pada perangkat yang menyediakan IR Blaster atau port infrared. Nah, untuk mengetahui apakah HP Anda mendukung port infrared, silakan lihat spesifikasinya terlebih dahulu.

Yang jelas, sebagian besar hp merk Xiaomi telah menyediakan port infrared sehingga, rata-rata dapat digunakan sebagai remote TV, AC, STB (A/V receiver), kipas angin, DVD player, projector, kamera, hingga TV box. Selain hp Xiaomi, beberapa contoh hp yang menyediakan infrared port diantaranya adalah Samsung S4/S5/S6/S6 Edge/Note 3/Note 4, Huawei Mate 20 Pro, Huawei Mate 10 Pro, Honor 20 dan 20 Pro, Huawei P30 Pro, Huawei Honor 3/6/6 plus, HTC One Series, hingga LG G5.

Baca Juga: Cara Mengatur Remote AC Agar Bisa Dingin Secara Maksimal

Kami memilih beberapa aplikasi di bawah ini, tidak hanya karena kemampuannya yang mengagumkan dan cukup memuaskan serta mendukung perangkat merek yang relatif lengkap, tapi juga menawarkan antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan serta tidak dibanjiri iklan, sehingga tidak terlalu mengganggu.

1. Mi Remote Controller (developer: Xiaomi Inc)

Mi Remote Controller

Karena sebagian besar HP Xiaomi membawa fitur infrared port atau IR Blaster maka tidak mengherankan apabila perusahaan ini juga membuat aplikasi remote yang sangat lengkap dan mudah digunakan.

Dalam berbagai kesempatan, saya yang juga kebetulan punya perangkat Xiaomi, sering menggunakannya sebagai remote TV, Mi Box, dan sesekali saya gunakan untuk menyalakan atau menghidupkan AC.

Menariknya, hampir semua merek AC bisa dihidupkan dengan menggunakan aplikasi ini. Mulai dari AC Samsung, Daikin, Panasonic, hingga merk AUX. Tak hanya itu, merk AC tidak terkenal pun banyak yang didukung oleh aplikasi ini.

2. Remote AC Universal (Developer: Raafiya)

Remote AC Universal

Aplikasi remote AC Android yang kedua yang cukup bagus dan mudah digunakan adalah Remote AC Universal yang dibuat oleh developer Raafiya. Aplikasi ini mendukung hampir semua merk AC, mulai dari Samsung, Mitsubishi,LG, GREE, AUX, Sharp, Toshiba, Daewoo, Elektrolux, NEC, dan berbagai pilihan merk lainnya.

Seperti halnya Mi Remote, Remote AC Universal ini juga mendukung home screen shortcut sehingga. Remote bisa dengan mudah diletakkan di menu utama smartphone agar lebih mudah diakses dan dibedakan berdasarkan merk maupun penempatan AC di rumah.

3. Remote Control Universal (by: Lean Remote)

Remote Control Universal

Tidak seperti aplikasi buatan Raafiya yang dirancang secara khusus untuk AC, aplikasi yang satu ini mirip-mirip dengan Mi remote. Karena, tidak hanya dapat digunakan untuk menghidupkan atau menyalakan AC saja, tetapi juga dapat digunakan untuk perangkat elektronik lain seperti TV, DVD player, Google Chrome-Cast, Blu-Ray player, top box, serta bisa juga digunakan sebagai remote perangkat HDMI.

Baca Juga: Panasonic Comfort Cloud, Aplikasi Cerdas Untuk Pendingin Udara

Selain mendukung infrared port, aplikasi ini juga mendukung jaringan Wi-Fi. Sehingga, bisa digunakan pada perangkat atau HP apapun untuk mengontrol macam-macam elektronik yang support konektivitas Wi-Fi.

Itulah 3 aplikasi remote AC universal terbaik yang dapat Anda pilih dan gunakan apabila kebetulan remote AC di rumah atau di kantor rusak, kehabisan baterai, atau hilang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.