Beranda Panduan Tips Ahli agar AC Rumah Awet dan Tahan Lama

Tips Ahli agar AC Rumah Awet dan Tahan Lama

269
0
Tips Ahli agar AC Rumah Awet dan Tahan Lama

Cara menjaga agar AC awet atau tahan lama sebenarnya tidak terlalu sulit. Kita hanya membutuhkan sedikit usaha untuk melakukan perawatan sehingga unit air conditioner indoor ataupun outdoor bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Pendingin atau penyejuk udara yang lebih kita kenal dengan istilah AC, adalah salah satu teknologi yang memiliki manfaat sangat besar dan sangat dibutuhkan di era modern ini. Terlebih, apabila kita tinggal di daerah-daerah yang cuacanya cenderung panas atau di tempat-tempat yang minim sirkulasi udara seperti di apartemen contohnya.

AC sangat bermanfaat untuk mendinginkan rumah atau ruangan, tempat kerja, menjaga kebersihan udara, hingga membuat kita merasa nyaman dan betah selama berada di ruangan ber-AC.

Baca Juga : Dampak Asap Rokok Terhadap AC dan Harus Kita Hindari

Kerusakan pada AC bisa terjadi kapan saja dan penyebabnya pun bermacam-macam. Kerusakan tidak hanya akan mengganggu kenyamanan Anda, tapi juga akan membuat Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk perbaikan, atau mungkin terpaksa harus membeli unit yang baru.

Harga AC bagi sebagian orang tidaklah murah. Oleh sebab itu, mengetahui cara menjaga agar AC rumah awet dan tahan lama adalah sebuah keharusan. Agar penyejuk udara yang Anda miliki di rumah atau di kantor bisa tahan lama, Anda bisa mengikuti beberapa tips dari ahli berikut ini.

Tempatkan unit outdoor di tempat yang terlindungi

Menempatkan unit penyejuk udara di tempat-tempat yang teduh adalah salah satu cara paling mudah atau paling sederhana yang bisa Anda coba untuk memperpanjang masa pemakaian. Family Handyman, adalah salah satu website terbaik yang banyak berbagi tips dan trik seputar cara menjaga AC rumah agar tetap awet dan tahan lama. Mereka menyarankan untuk menempatkan unit di tempat yang naung.

Manfaatnya adalah untuk mengurangi beban kerja pada unit. Karena pada dasarnya, menempatkan peralatan elektronik seperti AC di tempat-tempat yang panas cenderung membuat mesinnya bekerja lebih keras.

Jika Anda menempatkan unit outdoor di tempat yang rendah, pastikan unit tersebut bebas dari gangguan tanaman atau pepohonan serta rumputan seperti alang-alang.

Letakkan di tempat yang terbuka, bukan di tempat yang sempit

Masih menurut situs Family Handyman, unit outdoor harus ditempatkan di tempat yang terbuka agar unit pendingin bisa menyedot udara lebih mudah.

Apabila ditempatkan di tempat-tempat yang sempit seperti di lorong yang sirkulasi udaranya tidak terlalu baik, hal tersebut dapat menyebabkan mesin AC bekerja dua kali lebih keras. Kondisi tersebut sudah pasti akan mempersingkat atau memperpendek umur mesin.

Luangkan waktu untuk membersihkan unit indoor maupun outdoor

Apapun bentuk peralatan elektronik yang Anda miliki di rumah. Jika Anda ingin membuatnya awet dan tahan lama, maka Anda harus menyediakan waktu untuk membersihkannya secara rutin. Entah itu laptop, kulkas, kipas angin, hingga AC, perlu dibersihkan secara rutin dari debu atau kotoran, gulma, dedaunan, puing-puing atau tanaman pengganggu yang mungkin tumbuh di sekitar unit outdoor.

Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk membersihkan berbagai peralatan elektronik yang Anda miliki di rumah, khususnya AC, Anda bisa menggunakan jasa service AC profesional untuk melakukan pembersihan dan perawatan secara rutin.

Membersihkan mesin AC secara reguler akan membuat mesin tetap berfungsi dengan baik dan tidak mudah rusak. Disamping itu, kebersihannya yang terjaga juga akan membuat kinerja AC lebih efisien sehingga tidak ada beban berlebihan.

Apabila rumah Anda kebetulan berada di pinggir jalan raya yang ramai dilalui oleh kendaraan, dekat dengan pabrik yang mengeluarkan debu dan kotoran seperti pabrik kayu, atau dekat dari jalan-jalan berdebu, Anda disarankan untuk membersihkan unit lebih sering. Pasalnya, kondisi lingkungan tersebut akan membuat mesin air conditioner lebih mudah kotor. Setidaknya, lakukan pembersihan sekali sebulan.

Bagi Anda yang tinggal di tempat-tempat yang lingkungannya agar bersih dan tidak berdebu, Anda bisa menjadwalkan pembersihan unit outdoor maupun indoor setidaknya tiga bulan sekali.

Ganti filter secara rutin

Filter yang kotor dapat memperpendek masa pakai AC. Oleh sebab itu, filter perlu dibersihkan secara rutin atau diganti secara berkala. Para ahli atau tukang servis yang berpengalaman, umumnya sangat merekomendasikan kita untuk mengganti filter setiap 30-60 hari.

Sepintas, mengganti filter tampaknya adalah sebuah pemborosan. Tapi apabila dihitung-hitung. Dalam jangka panjang, mengganti filter secara rutin bisa membantu menghemat banyak uang karena AC akan menjadi lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Sekali setahun lakukan pemeriksaan secara menyeluruh

Setahun sekali, lakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada mesin penyejuk udara yang Anda miliki untuk memastikan bahwa semuanya baik-baik saja. Jika tidak bisa melakukannya sendiri, jangan ragu untuk meminta bantuan tenaga ahli atau tukang servis AC profesional.

Baca Juga : Kapan Service Besar atau Overhaul Pada AC Perlu dilakukan?

Nyalakan AC dengan temperatur yang konstan

Sering merubah suhu udara pada AC tidak hanya merepotkan tapi juga akan membuat AC jadi cepat rusak. Memang benar, tidak semua orang sepakat dengan suhu tertentu ketika berada di ruangan yang sama. Cobalah mencari jalan tengah, dengan memilih suhu AC yang tepat agar tidak terlalu sering di-naik/turunkan.

Salah satu cara yang bisa Anda coba untuk mengurangi perbedaan pendapat mengenai suhu AC pada sebuah ruangan adalah, dengan menerapkan sistem zonasi. Metode ini biasanya berhasil untuk membuat semua merasa senang dengan suhu tertentu yang dianggap ideal dan dapat memberikan kenyamanan serta efisiensi yang optimal.

Sesuaikan kapasitas AC dengan ukuran ruangan

Tips ahli yang satu ini sudah pasti sering Anda dengar, bukan? Karena menempatkan sebuah air conditioner dengan kapasitas yang terlalu rendah pada sebuah ruangan, dapat mengakibatkan mesin bekerja lebih keras dan hidup lebih sering.

Agar AC tidak bekerja terlalu keras, pastikan Anda membeli unit air conditioner dengan kapasitas yang tepat berdasarkan pengukuran yang benar.

Jika Anda belum tahu bagaimana cara memilih kapasitas AC yang tepat berdasarkan ukuran ruangan tertentu, Anda bisa melihat artikel yang telah kami tulis sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.