Beranda HVACR Cara Mengatasi Sensor AC Terkena Air

Cara Mengatasi Sensor AC Terkena Air

199
21

Cara Mengatasi Sensor AC Terkena Air – Apabila anda seorang teknisi kendala seperti ini mungkin sering anda temui, yaitu AC tiba-tiba tidak bisa di nyalakan dengan remote setelah kita service.

Sebelum kita bahas Cara Mengatasi Sensor AC Terkena Air, ada baiknya kita ketahui dulu beberapa penyebab AC tidak bida diremote, yaitu di antaranya sebagai berikut :

* Tidak ada arus listrik / terputusnya instalasi lisrik yang dari PLN ke unit AC.

* Mungkin remote AC anda rusak / batrai habis.

* Sensor AC lemah / rusak sehingga tidak dapat menangkap signal dari remote control.

* Sensor AC terkena air.

Pada kesempatan kali ini akan coba jelaskan sedikit Tip Cara Mengatasi Sensor AC Terkena Air sehingga mengakibatkan AC tidak dapat di nyalakan dengan menggunakan remote.

Okee..langsung saja marik kita simak bareng-bareng tipsnya :
  1. Lap mata sensor dengan menggunakan tisu atau kain halus dan kering.
  2. Apabila dengan cara pertama tidak bisa, coba keringkan mata sensor AC dengan menggunakan hair dryer.
  3. Apabila dengan cara kedua tetap juga belum bisa, coba cabut soket connection sensor yang ke modul, lalu pasang kembali, barangkali soketnya longgar.

Apabila dengan ketiga cara di atas masih belum bisa, kemungkinan besar sensor AC sudah rusak dan harus di ganti. Untuk cara memperbaiki nya coba periksa modul elektronik-nya.

…atau kalau anda tidak begitu paham dengan elektronik modul / VCB, cobalah minta tolong sama teknisi TV atau yang lebih paham dengan modul elektronik minta untuk memeriksa dan pastikan bahwa modul elektroniknya baik-baik saja.

Saya saranin sebelum AC di service, anda coba coba nyalakan AC dengan terlebih dahulu, pastikan AC berjalan dengan normal.

Oke sekian sedikit Tips Cara Mengatasi Sensor AC Terkena Air dari saya, dan mungkin dari rekan-rekan yang lain juga mempunyai cerita yang sama, tetapi punya tips / cara yang lain untuk mengatasinya, bisa teman-teman tambahkan di kolom komentar di bawah ini.

GoodLuck dan Salam Dingin

21 KOMENTAR

  1. Makasih Infonya Gan, Nemu juga artikel yang saya cari

  2. gan… ac saya tdk bisa diremot dan kemungkinan besar adalah sensor ac terkena air. Sensor AC itu letaknya dimana gan?

    • Alimin # kalo untuk sensor AC letaknya biasanya di modul AC atau kalo nggak yang dekat yang ada lampu LED nya ya pak.

  3. Pak. AC saya ada 2 merek Panasonic baru 2 taun.dan yg satunya baru 1 taun .Dinginnya hanya sebentar dan cuman hawa seperti kipas angin.ketika itu terjadi Mesin outdoornya mati ,yg nyala cuman fan outdoornya . Solusinya bagaimana ya ?

    • Bapak Ichal # Apakah AC nya udah di service / cuci ya pak ?kalo seperti itu bisa AC nya kotor jadi mesin cepat panas, dan juga bisa karena ampere (kekuatan mesin) udah tinggi pak, jadi perfoma kompresor sudah kurang bagus pak.
      terima kasih sudah berkunjung dan semoga dapat membantu.

  4. mohon copy paste artikelnya, tq, Lakhon bali

    • wahyu # silahkan, asal jangan lupa disertai link sumber nya mas.

  5. Sensor indoor AC LG ane kyaknya krodit tuh, jadi ane buka aja tutupnya (ac telanjang), sensor ane copot … sementara ngidupin ane short jumper pin TCC dengan ground (kabel biru dan orange), atau liat di sensornya yg arah ke pencetan manual mana yg untuk ngidupin, trims

  6. Om..ada ga indikasi sensor ac diakalin tkg servis seolah rusak n hrs diganti..krn di rmh orgtua sy, ac br pke 2bln sdh hrs gnt sensor ac stelah servis..sbelumnya 2 unit ac lama (2th pke) pun problemnya sama oleh tkg servis tsb..total biaya yg dikluarkan utk gnt sensor skitar 800rb

    • Ben Mustofa # Kalo untuk itu kami kira nggak ada ya Pak, kalo masih baru 2 bulan kok udah rusak, itu kan ada garansi nya, mending Bapak menghubungi tempat dimana Bapak beli kemaren ya Pak.

  7. Alhamdulillah artikelnya membantu. Trimakasih

  8. pak remot ac saya gak bisa jarak jauh bisanya dari deket aja. kira kira apanya tu pak…/

    • kalau itu bisa dari baterai remote nya lemah, dan juga bisa karena sensor AC nya lemah tidak bisa merespon ya pak. saran saya coba ganti baterai remote nya dengan yg baru terlebih dahulu ya pak. Terima kasih

  9. Ac saya merk lg, setelah dicuci remote nya ngak jadi. Saya sdh ganti sensornya tapi ngak bisa juga, bagaimana solusinya

    • Apakah sudah bisa dipastikan kalau remote nya normal ? Kalau tadi sebelum di cuci bisa di remote, dan setelah di cuci jadi tidak bisa di remote, kemungkinan ada yang kena air entah pada sensor atau modul, atau juga bisa soket-soket nya kurang erat.

  10. MAS AC GAK DPT DI REMOT UDAH SAYA CEK REMOT BAGUS CUMA PD SENSOR KAKI PTS SATU DAN DAH SAYA GANTI TAPI TIAP KABEL MODUS CAYA PSNG DI MANUAL AJA JADI GAK DPT APALAGI REMOT MINTA INFO MAS HRS GEMANA

    • Dari cerita mas mungkin itu ada soket / kabel yang putus pada sensor nya ya maksudnya ? Kalau memang benar begitu solusinya harus ganti sensor yang sama dengan bawaan nya, juga sama untuk soketnya. Jika tidak sama tentu tidak akan bisa.

  11. Tolong penjelasanya gan ac saya pake remot klo on fan mati tp lampu indikator on….klo remot off lampu indikator mati tp fan nyala kira2 knp ya gan mksh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.