Beranda Panduan Cara Membersihkan Filter AC Tanpa Bantuan Teknisi

Cara Membersihkan Filter AC Tanpa Bantuan Teknisi

108
0
Cara membersihkan filter ac

Jika Anda belum tahu bagaimana cara membersihkan filter AC, mungkin artikel ini bisa membantu Anda. Karena dikesempatan ini kami akan memandu Anda bagaimana membersihkan filter AC yang bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan Teknisi.

Seperti yang kita tahu, Air-conditioner atau sering kita sebutnya AC adalah alat yang dapat menurunkan suhu pada suatu ruangan, sehingga ruangan tersebut menjadi sejuk atau dingin. Tidak hanya itu, manfaat perangkat ini juga bisa membuat udara dalam suatu ruangan menjadi lebih bersih.

Hal ini karena pada unit indoor AC dilengkapi dengan filter udara. Sehingga, udara akan terus bersikulasi dan debu maupun partikel-partikel kecil yang berterbangan di udara akan menempel pada filter tersebut.

Seiring berjalannya waktu dan AC juga sering digunakan, maka membuat filter tersebut akan dipenuhi dengan berbagai macam kotoran yang terbawa oleh udara.

Jika kotoran tersebut dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, tentu hal ini bisa berdampak buruk untuk kinerja AC maupun kesehatan penggunanya. Itulah sebabnya kenapa kita sebagai pengguna mesin pendingin ruangan diwajibkan untuk melakukan maintenance perawatan setiap dua atau tiga bulan sekali.

Waktu yang tepat untuk membersihkan filter AC

Namun, jika kita menunggu dua atau tiga bulan untuk membersihkan filter udara, kami rasa itu waktu yang cukup lama. Sehingga banyak yang menyarankan sebaiknya filter dibersihkan setiap dua minggu sekali. Untuk membersihkan filter AC pun tidak membutuhkan alat yang rumit, Anda bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan Teknisi.

..dan tanpa menunggu lama, inilah langkah-langkah membersihkan filter AC yang bisa Anda lakukan secara mandiri untuk memaksimalkan kinerja AC.

Cara membersihkan filter AC secara mandiri

  • Langkah pertama silahkan buka tutup (cover) bagian depan unit indoor AC, dengan cara menarik kedepan dibagian sisi kanan dan kiri menggunakan kedua tangan.
  • Selanjutnya, jika sudah berhasil terbuka, silahkan ambil kedua filter yang ada di unit indoor tersebut untuk dibersihkan.
  • Kemudian silahkan bersihkan filter tersebut, yakni bisa menggunakan vacuum cleaner (jika ada) atau bisa juga Anda cuci menggunakan air dan sabun. Lalu, bilas sisa-sisa sabun kemudian keringkan menggunakan lap kering.
  • Langkah selanjutnya, jika filter sudah benar-benar bersih dan kering, silahkan Anda pasang kembali di unit indoor seperti semula.
  • Terakhir, silahkan tutup kembali cover bagian depan unit indoor yang tadi dibuka, dan jangan lupa Anda lap bagian indoor agar bersih. Karena, mungkin saja bekas tangan Anda menempel pada unit indoor saat Anda membuka dan menutupnya tadi.

Selamat, sampai di sini Anda sudah berhasil membersihkan filter AC secara mandiri tanpa bantuan Teknisi. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman dan kerabat disekitar Anda.
—-

Sekedar informasi, jika saat ini Anda berdomisili di daerah Jakarta Selatan, dan membutuhkan jasa service perawatan untuk AC, Anda bisa menggunakan jasa dari tim kami dengan cara hubungi tim kami melalui halaman kontak kami.

..atau, bisa juga langsung memesannya melalui chat di WhatsApp dengan Admin kami, melalui tombil di bawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.