Meskipun banyak peralatan elektronik yang digunakan, tentu semua orang ingin menghemat tagihan listrik dirumahnya.

Salah satu barang elektronik rumah tangga yang banyak digunakan yaitu kulkas. Untuk dapat beroperasi, tentu perangkat ini membutuhkan daya listrik.

Dalam pemakaiannya, kulkas harus terus terhubung dengan daya listrik, tentu jika kita tidak tahu cara menggunakannya yang tepat, ini dapat membuat tagihan listrik membengkak.

Nah, agar bisa lebih hemat listrik ketika menggunakan kulkas, silakan simak beberapa tips yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1. Letak kulkas

Untuk menghindari kerusakan dan peningkatan energi akibat panas berlebih, pastikan posisi kulkas memiliki ventilasi yang cukup.

Letak kulkas yang tanpa celah akan membuat kompresor tidak bisa melepas panas. Alhasil kulkas akan bekerja lebih keras, dan tidak dipungkiri bisa berakibat overheat (kerusakan pada kompresor).

Untuk itu, baiknya kulkas diletakan ditempat yang paling sejuk dan beri jarak minimal 5 – 10 centimeter dari dinding, dan juga jauh dari sumber panas.

Sumber panas yang dimaksud ialah seperti kompor gas, oven, radiator, sinar matahari secara langsung, dan sebagainya.

Baca juga: Jangan Biasakan Menaruh Barang di Atas Kulkas, Ini Akibatnya!

2. Mengatur suhu

Mengatur suhu kulkas bisa menjadi cara lain agar lebih hemat listrik. Meskipun cara ini sebenarnya menyesuaikan kondisi suhu ruang di dalam kulkas.

Salah satu parameter yang bisa Anda terapkan yakni mengatur suhu antara 4 derajat celcius hingga 5 derajat celcius. Sementara untuk bagian freezer sekitar -18 derajat celcius.

Baca juga: Cara Menyimpan Daging Ayam di Freezer yang Benar

3. Lakukan servis perawatan berkala

Untuk kulkas satu pintu, akan terjadi penumpukan bunga es di bagian freezer seiring penggunaannya. Sehingga Anda harus membersihkannya ketika bunga es tersebut sudah terlalu banyak.

Selain itu, Anda juga perlu membersihkan coil kondensor yang terletak di bagian belakang kulkas secara teratur. Tujuannya, agar suhu panas yang dihasilkan oleh mesin kompresor dapat terbuang lebih maksimal.

Pastikan karet-karet pintu kulkas merekat sempurna ketika kulkas ditutup, hal ini juga bisa menekan konsumsi listriknya.

Baca juga: Cara Membersihkan Bunga Es Pada Kulkas 1 Pintu Yang Benar

4. Penggunaan sehari-hari

Tips menghemat listrik pada kulkas selanjutnya yaitu dengan mengurangi durasi pintu kulkas terbuka.

Mungkin ini terlihat sepele, namun kadang sering diabaikan. Karena, pintu kulkas yang sering terbuka menyebabkan udara dingin yang ada keluar dan udara hangat dari luar masuk ke dalam kulkas.

Sehingga, hal tersebut membuat mesin kompresor bekerja lebih keras lagi untuk mengembalikan suhu ke kondisi semula.

Selain itu, jangan memasukan makanan atau minuman yang masih panas ke dalam kulkas.

Alangkah baiknya biar dingin dulu, baru kemudian Anda bisa memasukannya ke dalam kulkas.

Jumlah makanan atau barang yang berada di dalam kulkas juga berpengaruh terhadap konsumsi listrik.

Intinya jangan mengisi kulkas terlalu banyak atau sedikit. Sesuaikan kapasitasnya aja.

Terakhir, apabila Anda berserta keluarga hendak bepergian dalam jangka waktu yang cukup lama, sebaiknya kosongkan kulkas, bersihkan, lalu matikan daya listriknya.

Baca juga: 10 Kesalahan dalam Menggunakan Freezer (Lemari ES)

Untuk diketahui, kami juga menyediakan jasa servis kulkas untuk area Jakarta Selatan. Sehingga, apabila kulkas Anda bermasalah Anda bisa menggunakan jasa dari kami.

Caranya, bisa hubungi admin kami melalui halaman kontak, atau bisa juga langsung chat lewat WhatsApp di bawah ini.

Kami memiliki tim yang berkompeten dan profesional, selain itu kami juga memberi jaminan garansi setelah servis. Terpenting, Anda juga bisa konsultasi terlebih dulu sebelum akhirnya Anda memakai layanan dari kami.

Share.
Rudhi Hadhi

Teknisi yang juga suka menulis di Internet. Semoga apa yang saya tulis di website ini bisa bermanfaat.

Leave A Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× Chat di WhatsApp
Exit mobile version