Sebagai pengguna AC, sudah selayaknya kita mengetahui tanda – tanda AC di rumah butuh segera di servis. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan yang lebih serius, dan biaya perbaikan yang lebih besar.

Mengingat AC ini juga sama seperti piranti elektronik lainnya, yang mana bisa rusak seiring waktu pemakaian. Sehingga jangan sampai harus menunggu rusak dulu baru panggil teknisi untuk servis.

Oleh sebab itu, sebaiknya AC di servis atau dibersihkan setiap dua atau tiga bulan sekali. Biar pun AC tersebut masih dingin, namun tetap butuh perawatan secara rutin.

Jadi, jika tidak ingin AC rusak lebih parah, mulai sekarang buang jauh-jauh anggapan ‘AC perlu di servis jika sudah tidak dingin’.

Untuk diketahui juga, AC yang butuh segera di servis pun juga ada tanda-tandanya tertentu.

..dan berikut ini ciri-ciri AC jika sudah perlu perbaikan sekarang juga yang dapat dengan mudah kita kenali.

1. AC kurang dingin dan bahkan tidak dingin sama sekali

Apabila suhu dingin yang dihasilkan oleh AC sudah mulai berkurang, dan bahkan tidak dingin sama sekali, ini menandakan AC tersebut harus di servis sekarang juga.

Hal tersebut biasanya disebabkan oleh banyak faktor, beberapa diantaranya bisa karena: AC kotor, tekanan freon kurang, mesin kompresor sudah bermasalah, dan masalah yang lainnya.

Sehingga, teknisi perlu melakukan pemeriksaan secara langsung secara menyeluruh untuk mengetahui apa faktor penyebabnya yang lebih detail.

Baca juga: Tips Mengatasi AC Tidak Dingin Lengkap A Sampai Z

2. Mengeluarkan udara panas

Alih-alih udara dingin yang keluar, jika udara yang keluar dari unit indoor panas, ini pertanda AC perlu segera di servis.

Masalah ini biasanya disebabkan karena mesin kompresor tidak bekerja, sehingga proses pendinginan pun juga tidak terjadi. Alhasil malah udara panas yang keluar dari AC.

3. Hembusan angin pelan

Seberapa kencang angin yang akan keluar dari unit indoor AC dapat kita atur melalui remote kontrol. Kita hanya perlu menekan tombol ‘Fan Speed’ pada remote, dan atur hembusan angin AC sesuai kebutuhan.

Namun, jika hal tersebut sudah kita lakukan dan tidak memberikan hasil apapun alias kipas fan tetap berputar pelan, hal bisa karena terlalu banyak debu atau kotoran yang menempel pada baling-baling kipas.

Tentu ini akan memberi beban kipas fan untuk berputar lebih kencang. Faktor lainnya bisa karena : kapasitor fan lemah, motor dinamo lemah, dan juga masalah di PCB modul.

4. AC bocor atau netes air

Tentu Anda sudah familiar dengan masalah AC bocor netes air, karena ini merupakan masalah umum yang biasa terjadi pada AC rumah.

Kondisi ini pun juga menjadi pertanda jika AC butuh segera di servis. Hal ini disebabkan karena saluran pembuangan tersumbat kotoran atau AC sudah terlalu kotor.

Selain itu, penyebab AC bocor juga bisa kerena kondensasi, yang mana spon pembungkus pipa sudah tidak bisa menampung tetesan air akibat dari proses pendinginan.

5. Mengeluarkan bau tak sedap

Saat memasuki ruangan ber-AC, harapannya tentu ruangan tersebut terasa sejuk dan udara yang dihirup wangi.

Namun, apabila sebaliknya misalnya AC malah mengeluarkan bau tak sedap, ini juga menandakan AC perlu segera dibersihkan.

Penyebab bau tak sedap tersebut bisa karena ada bangkai binatang di dalam unit AC, yang paling sering yaitu bangkai cicak. Faktor lainnya bisa karena adanya kebocoran freon dibagian evaporator unit indoor.

Baca juga: Apa Penyebab AC Bau dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

6. Lampu indikator kedap-kedip

Apabila unit AC mengalami masalah, biasanya akan memberi tanda melalui lampu indikator yang berkedip. Untuk mengetahui kerusakannya dibagian mana, juga perlu pemeriksaan secara langsung.

Kerusakan ini bisa terjadi pada bagian unit indoor dan unit outdoor, dan ini juga menandakan AC tersebut perlu segera dilakukan perbaikan, agar kerusakan yang lebih parah tidak terjadi.

7. Boros energi

Untuk bisa beroperasi mendinginkan ruangan, tentu AC membutuhkan daya listrik sesuai dengan kapasitasnya.

Namun, jika tiba-tiba daya yang diperlukan melonjak dan membuat tagihan listrik di rumah meningkat drastis ketika memakai AC, bisa jadi ini menandakan AC sedang bermasalah dan perlu segera di servis.

Biasanya ini disebabkan karena mesin AC bermasalah, yaitu ampere kompresor tinggi. Sehingga, daya listrik yang masuk melebihi batas maksimal.

Baca juga: Penyebab Ampere Kompresor AC Tinggi dan Solusinya

8. AC sering mati hidup sendiri

Selanjutnya, AC yang sering mati hidup sendiri juga menjadi tanda AC rumah butuh segera di servis.

Hal ini terjadi akibat dari komponen thermistor yang sudah tidak bisa mempertahankan suhu yang kita atur melalui remote. Alhasil, saat sensor thermistor terkena sedikit suhu dingin sudah memutus arus yang ke mesin kompresor.

Lalu, AC lebih sering mati hidup (standby) sebelum ruangan dingin atau mencapai suhu yang sudah kita tentukan sebelumnya.

Baca juga: Tips Mengatasi AC Sering Mati Hidup Sendiri

9. Suhu dingin yang keluar tidak konsisten

Jika suhu dingin yang dihasilkan AC tidak konsisten, alias kadang dingin kadang tidak, hal ini juga termasuk ciri-ciri AC perlu di servis.

Penyebabnya bermacam-macam, namun biasanya ini akibat dari AC yang tidak di vakum saat pemasangan awal. Tujuan vakum sendiri untuk membersihkan udara dan uap air pada sistem AC.

Sehingga, agar yang bersikulasi pada sistem AC benar-benar gas refrigerant yang tidak tercampur udara maupun uap air.

Selain membuat dingin yang dihasilkan tidak konsisten, hal ini juga bisa memperpendek usia pemakaian AC tersebut. Bahkan, jika saat pemasangan awal tidak di vakum, garansi AC juga tidak bisa di klaim.

Oleh sebab itu, pilihlah teknisi instalasi AC profesional yang menjalankan SOP pemasangan AC yang benar.

Pesan juga : Jasa Service AC di Jakarta Selatan Profesional

10. AC tidak bisa di remote

Untuk memudahkan pengguna saat menyalakan dan mematikan, AC dibekali remote kontrol. Namun jika tiba-tiba AC tidak bisa di remote baik untuk on-off atau sekedar mengatur suhu, maka bisa jadi ini tanda AC butuh perbaikan.

Umumnya hal ini bermasalah pada bagian sensor yang ada di unit AC, dan sensor pada remote. Akan tetapi, periksa juga kualitas baterai pada remote AC tersebut.

Anda bisa mengganti baterai tersebut dengan yang baru jika memang diperlukan.

Baca juga: Penyebab AC Tidak Bisa di Remote, dan Solusinya

11. Sudah di isi freon, tapi selang beberapa hari sudah tidak dingin

Apabila sudah isi freon, namun tidak bertahan lama sudah tidak dingin, hal ini kemungkinan karena ada kebocoran freon.

Kebocoran freon bisa terjadi di bagian pipa instalasi, indoor unit, atau outdoor unit. Agar tidak rusak lebih parah, maka ini juga butuh tindakan perbaikan segera.

Biasanya teknisi akan memeriksanya terlebih dahulu untuk mencari titik kebocorannya, dan jika sudah ketemu baru dilakukan perbaikan dan pergantian jika diperlukan. Kemudian, baru AC bisa di isi freon kembali.

Baca juga: Penyebab AC Bocor Freon Yang Biasa Sering Terjadi

12. Usia AC sudah lebih dari 10 tahun

Umumnya AC memiliki masa pamakaian maksimal 10 tahun, lebih dari itu AC akan mengalami berbagai masalah secara berulang.

Jadi, jika AC Anda sudah lebih dari 10 tahun, ini pertanda waktunya Anda untuk mengupgrade AC tersebut dengan yang baru. Pilihlah AC yang sesuai kebutuhan, dengan fitur-fitur terkini.

Baca juga: Rekomendasi AC untuk Kamar Kost yang Irit Listrik

Nah, itulah tanda AC rumah butuh segera di servis, semoga dengan mengetahui tanda-tanda ini pengguna bisa lebih memperhatikan AC miliknya, dan kemudian rutin melakukan perawatan AC.

Share.
Admin

Spesialis Service | Maintenance | Repair | Sales | Trade-in Air Conditioner and Home Appliances.

Leave A Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× Chat di WhatsApp
Exit mobile version