Bagi pengguna air sumur dan sebagian pengguna air PDAM, pompa air memiliki peranan yang sangat penting dalam aktivitas sehari-hari. Terutama untuk memudahkan proses MCK hingga memasak.

Tak mengherankan apabila banyak orang berusaha untuk membeli pompa air terbaik dan berkualitas agar kegiatan di rumah tangga tidak terganggu.

Namun, sebaik apapun peralatan elektronik tetap saja memiliki kelemahan tertentu yang kadang-kadang tidak kita ketahui, terutama bagi pengguna baru dan mereka mereka yang awam dengan pompa air.

Baca juga: 6 Tips Mudah Memilih Pompa Air Untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Dari sekian banyak masalah yang sering terjadi pada pompa air merk Shimizu, Sanyo, Panasonic, dan merk-merk lainnya, berikut adalah masalah yang paling umum ditemukan dan cara mengatasinya.

..dan berikut ini beberapa masalah umum serta cara mengatasi masalah pada pompa air (water pump) yang paling sering terjadi.

Air tidak mengalir padahal pompa menyala

Tidak hanya sering dialami oleh mereka yang baru memasang pompa, masalah ini juga kerap dialami oleh pemilik pompa lama. Mesin pompa air yang hidup dan berbunyi tapi tidak mengeluarkan air biasanya disebabkan karena:

  • Tidak ada sumber air. Di musim kemarau, biasanya sumur konvensional maupun sumur bor bisa saja mengalami kekeringan sehingga tidak ada air yang naik ketika pompa dihidupkan. Untuk masalah ini, kita bisa mengetahuinya dengan mendengarkan suara pada pompa air. Pompa air yang terdengar normal, tidak lambat, tidak berdengung, dan dinamonya berputar, menandakan bahwa tidak tersedia air yang akan disedot dengan menggunakan water pump.
  • Sumur terlalu dalam. Setiap pompa memiliki spesifikasi tertentu yang memungkinkannya untuk menyedot air pada kedalaman tertentu. Oleh sebab itu, sebelum membeli pompa air. Ada baiknya Anda mempertimbangkan kedalaman sumur kemudian pilihlah pompa air yang spesifikasinya bisa digunakan untuk menyedot air pada kedalaman maksimal. Jika pompa yang Anda gunakan saat ini tidak memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan, Anda bisa segera mengganti dan membeli yang baru yang daya hisapnya lebih dalam.
  • Pipa bocor. Kebocoran bisa saja terjadi pada pipa penyedot di bagian bawah. Kebocoran ini biasanya terjadi pada sambungan pipa yang menyebabkan air sulit untuk bergerak naik.
  • Kerusakan pada klep pompa air. Tusen klep berfungsi untuk menahan air agar tidak kembali ke dalam sumur. Apabila klep rusak, maka air akan kembali ke dalam sumur dan paralon atau pipa pun menjadi kosong. Untuk bisa menaikkan air, biasanya kita harus memancingnya dengan menuangkan air pada mesin.
  • Pompa air atau pipa tersumbat. Apabila sumber air tersedia dan tidak ada kebocoran pada pipa, bisa saja air tidak mengalir disebabkan karena adanya sumbatan.

Suara pompa air berdengung dan tidak ada tekanan

Pompa air yang berdengung dan tidak ada tekanan biasanya disebabkan oleh tiga hal yaitu:

  • Dinamo tidak berputar. Dinamo pompa yang tidak berputar bisa disebabkan karena bareng atau kleker yang sudah kering.
  • Pompa berkerak dan kotor. Penumpukan residu atau kerak serta kotoran pada pompa dapat menyebabkan putaran motor terganggu dan melambat. Hal ini akan memicu bunyi dengung pada mesin.
  • Tegangan listrik yang tidak stabil. Jika tegangan listrik di rumah Anda naik turun, hal tersebut juga disinyalir bisa menyebabkan mesin pompa berdengung.
  • Kerusakan pada kapasitor. Kapasitor adalah kumparan yang berfungsi untuk membantu memutar motor pada pompa. Kapasitor mesin pompa air rusak bisa diganti dan harganya pun sangat murah.

Pompa otomatis tidak mati saat keran ditutup

Beberapa penyebab pompa air hidup terus bahkan setelah semua keran air ditutup diantaranya adalah:

  • Ada kebocoran pada pipa. Kebocoran pada pipa kecil maupun besar dapat menyebabkan pompa tidak segera mati atau hidup sendiri setelah semua keran ditutup. Jika setelah diperiksa ternyata tidak ada kebocoran pada pipa, sebaiknya coba cek pada klep.
  • Kerusakan pada tusen klep. Seperti yang telah disampaikan di atas, tusen klep pada mesin air juga bisa mengalami kerusakan sehingga tekanan air menurun

Mesin pompa air hidup/mati terus-menerus

Pompa air yang terus-menerus hidup mati (ceklak-ceklek) sering terjadi ketika kita tidak membuka keran atau bisa juga terjadi sesaat setelah kita menutup keran. Apa saja penyebabnya?

  • Ada kebocoran pada pipa. Pengaturan tekanan air pada mesin yang tinggi akan menyebabkan mesin mudah hidup sekalipun ada kebocoran kecil.
  • Tabung air pada mesin bocor atau penuh. Tabung pada mesin pompa air sangat mudah mengalami kebocoran apabila sudah lama digunakan. Kebocoran kecil bisa memicu mesin hidup mati sendiri secara terus menerus. Untuk mengatasinya, Anda bisa menambal kebocoran lalu kosongkan air yang ada pada tabung

Pompa air harus dipancing setiap kali dihidupkan

Jika setiap kali menghidupkan pompa air, air tidak mengalir dan terus-menerus minta dipancing, masalah ini bisa diatasi dengan cara:

  • Apabila terdapat kebocoran pada rangkaian pipa hisap. Kebocoran pada pipa hisap yang masuk ke dalam sumur akan menyebabkan pipa tersebut kosong.
  • Kerusakan pada klep. Klep mesin pompa air yang rusak akan menyebabkan pompa air tidak mampu menahan air pada pipa penghisap.

Baca juga: Penyebab Pompa Air Mati Total, Simak Cara Mengatasinya Berikut Ini

Nah, di atas sudah kami sampaikan berbagai masalah umum yang biasa sering terjadi pada mesin pompa air. Jika Anda punya pengalaman yang lain, silahkan tulis di kolom komentar di bawah ya!.

Share.
Husnul Khotimah

Suka menulis dan berbagi di internet, semoga bermanfaat. :-)

20 Komentar

  1. Stevandy on

    Pompa saya, tidak bunyi sama sekali gaya berdengung, ketika dinamo di putar manual, dan di nyalakan, hanya menyala sedetik,setelahnya mati lagi, dulu Ama tukangnya di pancing terus, padahal air di pompa masih penuh,

  2. Isfar on

    Pompa saya dalam kurun waktu 15 jam, masih bisa nyala otomatis secara otomatis. Tp lebih dari 15 jam jika otomatis nyala, harus dipancing dulu baru bisa nyedot. Itu kenapa ya?

    • Admin on

      Jika masalahnya kalau tidak dipancing air tidak keluar, bisa jadi ini bermasalah di tusen klep-nya. Sehingga saat mesin pompa mati air di dalam pipa habis turun ke bawah, karena tusen klep tidak menampung air di dalam pipa

    • Uto on

      Mau nanya kak, agar gimana baiknya ya cara untuk buat awet mesin air?
      Tepatnya pada penghidupan keran. Katanya kalau keran di matiin dan mesinnya tetap nyala, nanti lama” bakal rusak dan meledak. Apakah bgttu?
      Lalu bagaimana dgan penggunaan keran yang dihidupkan setengah? Kebetulan pipa air saya ada dua keran. Satunya shower dan satunya bak. Apakah baik” saja jika kita mematikan keran utama dan menghidupkan salah satunya?

      • Admin on

        Hallo, kalau boleh tahu ini yang dimaksud untuk pompa utama atau pompa pendorong ya ? Jika pompa pertama, kami sarankan untuk menggunakan ledeng / toren penampungan air agar penggunaan pompa utama bisa lebih awet, sedangkan kalau untuk pompa pendorong, kami sarankan untuk menggunakan otomatis yang bagus, mungkin bisa pakai otomatis digital yang mana memiliki kemampuan yang lebih bagus daripada otomatis biasa. Terimakasih, semoga dapat membantu ya.

  3. darsono edy wuryanto on

    Pompa air saya setelah bisa menyedot apabila kondisi kran tertutup tetapi saat dibuka kran airnya maka air dapat keluar dengan kencang namun hanya beberapa saat saja setelah itu pompa tdk dapat menyedot lagi dan kran kembali harus ditutup hingga terbunyi pompa menyedot kembali.
    jadi harus dilakukan buka tutup kran air.
    Apa yang harus saya lakukan dalam perbaikan ini, dimana suction head 8 meter

    • Admin on

      Hal tersebut bisa karena debit air di dalam sumber sudah menipis, solusinya coba pakai stop kran, agar air tetap bisa keluar walupun kecil tapi stabil.

  4. Achmad Noviskan on

    Mesin air otomatis nyala terus padahal keran sudah ditutup kenapa ya

  5. Lia on

    Saya baru ganti klep pompa. Ternyata setelah beberapa jam bunya pompanya berdengung dan harus dipancing supaya airnya keluar padahal klep baru saja diganti. Begitu berulang-ulang kali terjadi. Apakah permasalahannya? Karena saya tanya tukang pompa yg mengganti klep pompa saya tersebut dia menjawab tidak tahu. Mohon penjelasannya.

    • Admin on

      Hal ini bisa jadi karena pemasangan tusen klep nya kurang tepat, sehingga terjadi kebocoran dan akhirnya air tidak bisa tertampung di dalam pipa. Sebaiknya di angkat kembali pipa nya, dan di cek bagian tusen klepnya kembali.

  6. Jahidin on

    Pompa air saya tiap dinyalakan, listrik anjlok seperti ada yg koslet. Kenapa ya apa penyebabnya ?

    • Admin on

      Biasanya ini karena korslet dibagian motor dinamo nya mas.

  7. Lydia on

    Mesin pompa air sy kalau dihidupkan ceklak ceklek bunyinya, mesti hidupkan keran 2 buah baru lancar suaranya, lalu kl pas ceklak ceklek listriknya jg ikutan gt jg jd lampunya kedap kedip. Knp ya pak?

  8. Febrio on

    Mesin satelit sy nyala normal, tapi tidak keluar air
    Penyebabnya apa ya min

  9. Tomi on

    Mesin saya tidak menyimpan air dlam mesin nya… tapi dlam paralon air ada sehinga arus di pancing dulu dan mancing nya juga ngak prlu banyak air cuma butuh sedkit air saja
    Inti nya dlam mesin ngak ada nyimpan air itu penyebab nya apa ya minn
    Terimakasih

    • Admin on

      Hal tersebut biasanya karena tusen klep pada pipa bagian bawah rusak, sehingga tidak bisa menyimpan air. Alhasil, harus di pancing mas.

      Solusinya, pipa tersebut harus di angkat kemudian diperiksa kondisi tusen klep nya, jika rusak bisa langsung diganti mas.

  10. Sandjaya Sissumar on

    saya beli Shimizu Ps 135 2 bulan lalu. bekerja sangat baik. sy gunakan utk mesin pendorong , utamanya digunakan utk shower (mandi). kalo tdk digunskan sy matikan. Tiba2 mesin tdk bs mendorong waktu mau dipake, wlpn skakelar msh on. aku liat gak ada mslh pada kelistrikan tp mesin tidak nyala. Bagian dinamo sangat panas. bgmn memperbaikinya spy ba digunakan lg? trmksh

    • Admin on

      Hallo, Pak Sandjaya, jika melihat penjelasan bapak bahwa motor dinamo sangat panas, ada kemungkinan pompa tersebut terbakar pada bagian motor dinamo sehingga mengakibatkan overheat. Solusinya tentu motor dinamo tersebut harus di gulung ulang agar pompa bisa digunakan kembali.

      Namun, saran kami sebaiknya mintalah teknisi yang sudah berpengalaman yang dekat dengan tempat tinggal bapak, agar dilakukan pemeriksaan dan untuk mencari tahu apa masalah yang sebenarnya. Terimakasih, semoga bisa membantu Pak Sandjaya.

Leave A Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× Chat di WhatsApp
Exit mobile version