Kulkas buntu sudah menjadi masalah umum dan sering terjadi. Bahkan ini bisa terjadi untuk semua unit pendingin, baik itu kulkas 1 atau 2 pintu, freezer, showcase, chiller, dan yang lainnya.

Untuk diketahui, sebuah unit lemari es menggunakan bahan pendingin yang disebut gas refrigerant. Di mana refrigerant ini akan terus bersikulasi melalui pemipaan sistem pendingin.

Sederhananya, kompresor merubah refrigerant dari tekanan rendah ke tekanan tinggi. Setelah melalui kompresor, refrigerant masuk ke kondensor untuk didinginkan.

Selanjutkan, refrigerant masuk ke filter dan mengalir melalui pipa kapiler untuk menuju ke evaporator, dan kemudian kembali lagi ke kompresor.

Siklus ini akan terus berulang selama kulkas tersebut dihidupkan atau digunakan.

Namun, diameter pipa kapiler ini cukup kecil sehingga kadang membuat sirkulasi refrigerant tidak lancar dan bahkan mampet. Maka dari itu, sebagian banyak kebuntuan refrigerant terjadi dibagian pipa kapiler.

Akan tetapi, juga sering ditemukan kulkas mampet terjadi pada bagian filter. Di mana seiring pemakaian di dalam filter tersebut terlalu banyak kotoran, sehingga menyebabkan kebuntuan.

Baca juga: Penyebab Kulkas Tidak Dingin Yang Harus Anda Ketahui!

Penyebab kulkas buntu

Penyebabnya tidak lain karena kotoran dan partikel kecil lainnya yang ada di dalam sistem pendingin. Faktor lainnya bisa karena pelumas yang sudah mulai mengental.

Selain itu, apabila sudah diperbaiki namun kembali buntu, hal ini bisa disebabkan oleh kerak ketika pengelesan proses penyambungan pipa.

Di mana sebelumnya pipa tersebut terdapat bekas pelumas kemudian tidak dibersihkan terlebih dulu.

Alhasil, bekas pelumas tersebut menjadi kerak akibat pemanasan ketika melakukan pengelasan atau penyambungan pipa.

Lebih dari itu, proses perbaikan juga tidak dilakukan flushing menggunakan mesin vakum juga bisa menyebabkan kebuntuan refrigerant (freon).

Karena hal tersebut mengakibatkan refrigerant tercampur dengan udara dan uap air. Sehingga, sangat penting mem-vakum sistem pendingin sebelum mengisi refrigerant.

Baca juga: Manfaat Vakum Pada Pemasangan AC, Apa Pengaruhnya?

Macam-macam kebuntuan refrigerant

Kulkas mampet setidaknya ada dua macam, yaitu kulkas buntu total dan buntu sebagian. Hal ini bisa saja terjadi baik dibagian pipa kapiler maupun filter.

Buntu total

Artinya siklus refrigerant benar-benar buntu dan terhenti pada sisi tekanan tinggi (kondensor). Alhasil, mesin kompresor bekerja lebih berat dan panas.

Karena kompresor terlalu panas, maka overload terbuka (memutus arus) dan kompresor mati. Kemudian apabila suhu pada kompresor sudah mulai dingin, kontak overload akan tertutup dan kompresor kembali hidup.

..dan ini akan terus terjadi secara berulang dan menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin.

Baca juga: Fungsi Overload Kulkas Yang Harus Anda Ketahui!

Buntu sebagian

Apabila pipa kapiler atau filter buntu sebagian, maka yang terjadi tidak jauh beda dengan yang buntu total. Hanya saja jeda antara kompresor mati dan hidup lebih agak lama, karena sebagian refrigerant masih bisa bersirkulasi.

Bagian dalam kulkas pun masih terasa dingin, namun tidak sampai bisa untuk membuat es batu. Melain hanya dingin seperti lemari pendingin yang khusus untuk minuman.

Akibat sirkulasi refrigerant mampet

Akibat dari masalah ini tentu kulkas menjadi tidak dingin, atau kalau pun dingin tidak akan maksimal. Artinya dibagian freezer tidak sampai beku seperti kulkas normal.

Bahkan, apabila tidak segera diperbaiki tidak menutup kemungkinan akan terjadi kerusakan yang lebih serius. Misalnya kinerja kompresor lemah alias tidak maksimal seperti sebelumnya.

Tanda-tanda sirkulasi refrigerant pada kulkas buntu

Illustrasi perbaikan kulkas buntu

Apabila kulkas mendadak tidak dingin, dan untuk memastikan apakah terjadi kebuntuan atau tidak, setidaknya bisa kita kenali dengan ciri-ciri seperti berikut ini.

1. Body samping kanan kiri (kondensor) tidak panas

Apabila bagian body samping kanan dan kiri (kondensor) terasa panas ketika dipegang, hal ini menunjukan kulkas tersebut normal.

Namun, apabila sebaliknya, hal ini pertanda kulkas tersebut ada yang mampet pada bagian jalur sirkulasi refrigerant.

Baca juga: Cara Mengatasi Body Samping Kulkas Nyetrum Ketika dipegang

2. Filter dingin saat dipegang

Kondisi filter kulkas yang normal juga sama seperti kondensor, di mana akan terasa panas jika dipegang.

Namun, jika filter tersebut malah terasa dingin, bisa jadi kulkas mengalami kebuntuan freon.

3. Tidak ada suara “kemricik” di bagian dalam kulkas

Untuk kulkas normal umumnya apabila kita perhatikan dibagian dalam akan terdengar seperti suara “kemricik”. Suara tersebut berasal dari gas refrigerant yang sedang bersikulasi.

Namun, apabila coba kita perhatikan tidak ada suara “kemricik”, padahal mesin kompresor hidup, hal ini juga menjadi tanda sirkulasi refrigerant mampet.

Karena tidak ada refrigerant yang bersirkulasi, maka juga tidak terdengar suara “kemricik” dibagian dalam kulkas.

4. Tidak adanya bunga es

Kulkas normal akan mengeluarkan bunga es dibagian evaporator. Apabila tidak ada, bisa jadi proses pendinginan tidak terjadi dan ini bisa pertanda sirkulasi freon kulkas buntu.

Baca juga: Cara Membersihkan Bunga Es Pada Kulkas 1 Pintu Yang Benar

5. Evaporator tidak dingin secara merata

Apabila dingin pada evaporator tidak merata, dan untuk membuat es batu pun tidak bisa sampai beku, bisa jadi sirkulasi freon mengalami buntu sebagian.

Alhasil, bagian freezer tidak sampai beku melainkan hanya dingin seperti kompartemen kulkas yang bagian bawah.

6. Kompresor sering mati hidup

Apabila kompresor sering mati hidup tidak seperti biasanya, dan diikuti kondisi interior kulkas kurang dingin, ini juga bisa menjadi tanda kulkas mampet.

Baca juga: Penyebab Kompresor Kulkas Mati Hidup dan Solusinya

7. Ketika di check memakai manifold, tekanan freon menunjukan NOL

Apabila kita coba periksa tekanan refrigerant menggunakan manifold, dan jarum pada manifold menunjukan angka NOL, bisa jadi sirkulasi freon tidak berjalan.

Angka NOL pada menifold bukan menandakan freon habis (kecuali ada kebocoran), melainkan karena sirkulasi refrigerant terhenti pada sisi tertentu. Bisa terhenti di sisi kondensor, filter, dan pipa kapiler.

Setelah tahu kulkas mampet, lalu apa yang meski dilakukan?

Hal yang perlu dilakukan, apabila Anda punya keahlian dibidang mesin pendingin, bisa memeriksanya terlebih dulu.

Namun, apabila Anda tidak memiliki basic dibidang pendingin, tidak disarankan untuk melakukan tindakan perbaikan sendiri, karena dikwatirkan kerusakan bisa semakin parah.

Langkah yang tepat yaitu bisa dengan meminta bantuan vendor jasa servis kulkas yang sudah berkompeten dibidangnya, dan tentunya yang dekat dengan tempat tinggal Anda.

..dan untuk Anda yang tinggal di Jakarta Selatan, bisa juga meminta bantuan dengan teknisi kami. Di mana tim kami sudah berpengalaman lebih dari ± 10 tahun dibidang mesin pendingin dan tata udara.

Kami pastikan tim kami berkompeten, dan juga kami memberi jaminan garansi minimal 30 hari. Jika berminat dengan jasa servis kulkas dari kami, silahkan hubungi Tim CS kami melalui halaman kontak.

Atau, juga bisa memesannya melalui chat WhatApps di bawah ini. Segara hubungi tim kami, dan Anda juga bisa berkonsultasi tentang masalah kulkas secara gratis.

Di atas sudah kami jelaskan tentang apa penyebab dan tanda-tanda kulkas buntu, berikut dengan tindakan apa yang harus dilakukan. Biar bermanfaatnya tidak hanya untuk Anda saja, silahkan share tulisan ini ke rekan-rekan di sosial media Anda.

Setiap teknisi tentu punya pengalaman sendiri, mungkin apa yang kami tulis ini juga berbeda dengan pengalaman rekan-rekan teknisi yang lain.

Jika punya pengalaman yang lain, silahkan tulis pada kolom komentar dan mari diskusi untuk menambah wawasan kita agar lebih banyak.

Share.
Rudhi Hadhi

Teknisi yang juga suka menulis di Internet. Semoga apa yang saya tulis di website ini bisa bermanfaat.

Leave A Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× Chat di WhatsApp
Exit mobile version