Beranda HVACR Mengenal Heat Pump Water Heater Alternatif Pemanas Air Murah dan Hemat

Mengenal Heat Pump Water Heater Alternatif Pemanas Air Murah dan Hemat

89
0

Setiap kali membutuhkan dan ingin membeli sesuatu, kita pasti berusaha untuk memperoleh yang terbaik dan harganya murah. Begitu pula dengan pemanas air (water heater). Tak jarang, kita akan berusaha membandingkan antara beberapa pilihan water heater yang tersedia dan membaca sejumlah review untuk menambah referensi agar tak salah pilih.

Hal tersebut memang sangat penting dan sangat perlu untuk dilakukan. Karena melalui review dan pengalaman orang lain lah kita bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan sebuah produk.

Agar tak salah memilih mesin pemanas air untuk dipasang di rumah, ada baiknya Anda membaca juga artikel kami yang membahas tips membeli water heater.

..Atau, Anda juga bisa membaca referensi beberapa pilihan water heater terbaik, yang telah kami tulis sebelumnya sebagai tambahan referensi. Sehingga, Anda bisa dengan mudah mengetahui perbedaan atau kelebihan dan kekurangan pemanas air listrik, gas, serta pemanas air tenaga surya.

Membandingkan water heater listrik, gas, dan solar water heater memang harus dilakukan. Karena, setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, begitu juga dengan sumber daya yang tersedia di rumah mereka.

Mengenal heat pump water heater

Berbicara soal pemanas air, disamping mempertimbangkan gas water heater, electric water heater, atau pemanas air tenaga surya, ada baiknya Anda juga mempertimbangkan heat pump water heater (pompa pemanas air) yang dikenal sebagai salah satu alternatif pemanas air murah untuk rumah dan hotel.

Saya yakin banyak diantara Anda yang bertanya-tanya tentang produk ini. Apalagi jika ini adalah kali pertama Anda mendengarnya.

Sebenarnya, apa sih yang dimaksudkan dengan heat pump water heater?

Jika harus dijelaskan secara sederhana, heat pump adalah sebuah pemanas yang bekerja dengan cara memindahkan panas dari suatu tempat (lingkungan) ke tempat yang lain. Dalam kasus ini, panas yang ada di luar rumah akan dipindahkan ke komponen utama untuk digunakan memanaskan air.

Banyak juga yang menyebut heat pump sebagai sebuah alat yang berfungsi untuk memanaskan air dengan daya listrik yang lebih hemat dibandingkan dengan conventional electric water heater.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Pemanas Air Untuk Kamar Mandi

Alat pemanas ini memang tidak begitu populer di rumah-rumah, akan tetapi, di hotel-hotel alat untuk menghasilkan air panas ini lebih sering dipilih dan digunakan.

Alasan utamanya sudah pasti karena lebih hemat listrik, sehingga untuk penggunaan dalam jumlah banyak, heat pump water heater merupakan pilihan paling tepat.

Prinsip kerja heat pump water heater

prinsip kerja heat pump water heater
Image by Heatpumpindonesia.com

Cara kerja Alat pemanas air ini adalah kebalikan dari cara kerja sebuah alat penyejuk ruangan (air conditioner). Adapun cara kerjanya adalah:

  • Udara panas yang berada di lingkungan akan diserap menggunakan kipas lalu disalurkan menuju evaporator
  • Selanjutnya evaporator akan memproses dan mengubah refrigerant cair menjadi gas hingga terjadi penguapan dan menghasilkan kalor
  • Selanjutnya, kalor akan diserap lalu disalurkan menuju kompres
  • Pada kompresor, refrigerant yang berasal dari evaporator akan dinaikkan tekanan dan temperaturnya. Kemudian akan dialirkan menuju kondensor (pemanas)
  • Memanfaatkan kondensor, refrigerant yang telah dinaikkan suhu dan tekanannya tersebut akan dilepaskan dalam bentuk cair ke air yang akan dipanaskan. Sehingga, air pun akan mengalami kenaikan suhu (menjadi panas)

Air panas yang dihasilkan selanjutnya bisa didistribusikan ke tangki penampungan air panas (tank storage) atau didistribusikan ke tempat-tempat lainnya seperti dapur dan kamar mandi

Keunggulan heat pump water heater dari pemanas air konvensional

Seperti yang telah diungkapkan di atas, alasan utama mengapa banyak orang memilih sebuah produk biasanya disebabkan karena harganya yang murah serta kualitasnya yang bagus disamping hemat daya. Karena semakin rendah daya yang dibutuhkankan untuk menjalankan pemanas air ini, maka akan semakin hemat pula pengeluaran dalam jangka pendek atau jangka panjang.

Sangat efisien

Sudah bukan rahasia lagi apabila pompa pemanas air 3 kali lebih efisien dibandingkan dengan pemanas air konvensional yang menggunakan energi listrik ataupun gas. Bahkan, heat pump water heater juga disebut-sebut jauh lebih efisien jika dibandingkan dengan solar water heater (pemanas air tenaga surya).

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai tingkat efisiensi pemanas air alternatif ini, Anda bisa melihat poin-poin di bawah ini.

  • Water heater lebih efisien 75% dibandingkan dengan electric water heater
  • Lebih efisien 60% dibandingkan dengan gas water heater
  • 40% lebih efisien dibandingkan dengan pemanas air tenaga surya

Proses instalasi yang mudah

Pemanas air tenaga surya (solar water heater) dikenal sebagai salah satu pilihan yang paling hemat daya dan minim perawatan. Tapi sayangnya, selain harganya mahal, proses pemasangannya juga terkenal sangat ribet.

Sebaliknya, heat pump water heater dikenal sangat simple sehingga proses instalasinya pun jadi mudah dan tidak membutuhkan tempat yang terlalu luas.

Tidak terlalu bergantung pada cuaca

Sekalipun ada pengaruhnya, namun heat pump water heater tetap bisa bekerja pada kondisi cuaca yang agak dingin sekalipun. Walau demikian, alat ini tentu saja akan bekerja lebih efisien dan baik apabila cuaca di lingkungan sangat panas.

Lebih aman

Satu yang paling mengkhawatirkan ketika menggunakan pemanas air listrik adalah, kesetrum. Sekalipun saat ini sudah banyak pemanas air tenaga listrik yang sudah dilindungi dengan fitur anti-shock (anti nyetrum), Tapi tetap saja kondisi tersebut kerap membuat kita yang menggunakannya merasa was-was.

Baca Juga: 3 Penyebab Water Heater Tidak Panas yang Sering Terjadi

Sebaliknya, kekhawatiran tersebut tidak akan Anda alami apabila menggunakan heat pump water heater karena cara kerja alat ini, memisahkan antara air dan tegangan listrik sehingga, resiko tersengat arus listrik tidak akan terjadi.

Dapatkan konten menarik lainnya dengan follow akun sosial media kami.

Instagram : @Dutaserviceac | FP Facebook : Duta Jaya Technic – Professional Service

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.