Kerusakan AC bocor air merupakan masalah yang sering terjadi pada unit pendingin ruangan. Sehingga, hampir dipastikan semua pengguna pendingin ruangan ini pernah mengalaminya.

Hal ini pun juga bukanlah kerusakan yang serius. Akan tetapi jika dibiarkan dan tidak segera diperbaiki maka bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

Oleh sebab itu, disarankan untuk segera dilakukan tindakan perbaikan jika AC sudah mulai meneteskan air dibagian unit indoor.

Karena, AC bocor air selain memberi dampak negatif secara teknis, juga bisa mengganggu kenyamanan pengguna. Misalnya, air ‘ngrembes’ di dinding, terlebih dinding ini sudah memakai wallpaper.

Tentu ini bisa merusak dan menurunkan kualitas wallpaper tersebut, bukan? Selain itu, jika AC dipasang tepat di atas jendela, air AC akan menetes ke gorden dan membuatnya basah.

Belum lagi ini bisa membuat lantai menjadi basah dan ‘becek’, tentu saja ketika AC bocor ini bisa menggangu kenyamanan penghuni rumah atau kamar.

Baca juga: Penyebab AC Bocor Freon Yang Biasa Sering Terjadi

Penyebab ac bocor air dan solusinya

Pada intinya AC bocor diakibatkan dari saluran pembuangan yang tidak lancar, dan hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa diantaranya seperti berikut ini:

1. Saluran pembuangan tersumbat kotoran

Seiring dengan digunakannya AC tersebut, hal ini membuat AC menjadi kotor. Kotoran seperti debu maupun partikel kecil lainnya akan menempel dibagian evaporator, kemudian akan mengalir bersama air dari proses pendinginan melalui saluran pembuangan.

Lama kelamaan kotoran tersebut akan menumpuk dan menyumbat saluran pembuangan, sehingga air tidak bisa terbuang lewat saluran pembuangan tersebut.

Solusinya..
Kita harus membersihkan saluran pembuangan tersebut agar semua kotoran yang menyumbatnya terbuang keluar. Caranya bisa dengan menembakan air bertekanan tinggi ke lubang saluran pembuangan.

2. Instalasi saluran pembuangan kurang rendah

Supaya air pembuangan mengalir dengan lancar, pastikan ujung pipa pembuangan air dibuat semakin rendah dari pusat saluran pembuangan yang ada di unit indoor.

Dan jika saluran pembuangan menggunakan selang, harap pastikan tidak ada bagian selang yang ‘ketekuk’.

Karena hal tersebut bisa mengakibatkan proses pembuangan air AC tidak lancar dan menyebabkan AC bocor air dibagian unit indoor.

Solusinya..
Untuk menyelesaikan masalah ini, kita harus membuat instalasi pembuangan yang melandai. Artinya, ujung pipa atau selang pembuangan harus semakin rendah dari pusat pembuangan yang berada di unit indoor.

Pastikan juga tidak ada selang pembuangan yang ‘ketekuk’, dan hindari pemasangan instalasi yang tertalu banyak belokan.

3. Bagian talang belakang AC kotor

Untuk menampung tetesan air dari evaporator sebelum dialirkan ke saluaran pembuangan, AC menggunakan dua talang di unit indoor.

Talang tersebut tepatnya berada di sisi depan dan belakang. Karena talang ini fungsinya untuk menampung dan mengalirkan air, lama kelamaan kotoran seperti debu akan mengendap di situ.

Untuk talang di sisi depan mungkin akan lebih mudah dibersihkan ketika AC di servis. Namun, untuk yang sisi belakang ini tidak bisa dibersihkan apabila posisi AC masih terpasang di dinding.

Karena tidak bisa dibersihkan, lama kelamaan kotoran tersebut akan mengendap, lalu menyebabkan air tidak bisa mengalir ke lubang saluran pembuangan dan akhirnya luber keluar.

Solusinya..
Apabila AC bocor karena bagian talang belakang kotor, maka ini memerlukan tindakan servis besar (overhaul). Di mana unit indoor harus diturunkan, kemudian dibongkar semua lalu dibersihkan satu per satu.

Baca juga: Kapan Service Besar atau Overhaul Pada AC Perlu dilakukan?

4. AC bocor karena kondensasi

Ketika proses pendinginan berlangsung, maka akan terjadi kondensasi dibagian pipa instalasi. Di mana ia akan mengeluarkan embun atau bintik-bintik air.

Air embun tersebut akan diserap oleh spon pembungkus (armaflex) pipa. Namun, seiring dengan lamanya AC digunakan daya serap pembungkus pipa juga akan menurun.

Yang terjadi, karena ‘armaflex’ sudah tidak lagi bisa menyerap air maka akan mengakibatkan kondensasi, kemudian air akan menetes jatuh ke lantai.

Solusinya..
Untuk khasusnya ini, Anda perlu mengganti ‘armaflex’ tersebut dengan yang baru. Kemudian kita balut menggunakan dactipe lem atau lakban sampai benar-benar rapat, agar kondensasi tidak terjadi lagi.

5. Posisi unit indoor tidak sejajar

Lubang pembuangan air pada AC itu ada dua, yakni berada di sisi kanan dan kiri. Kita bisa menentukan lubang pembuangan mana yang akan dipakai, sesuai kebutuhan dan lokasi AC akan dipasang.

Misalnya lubang pembuangan bagian sisi kanan yang akan kita pakai, maka yang bagian sisi kiri harus kita tutup. Apabila ketika pemasangan unit indoor sisi kanan lebih tinggi dari sisi kiri, maka ini akan menyebabkan saluran pembuangan tidak lancar.

Solusinya..
Agar AC tidak bocor akibat posisi indoor yang tidak sejajar, maka gunakanlah waterpass untuk memastikan unit indoor sudah terpasang dengan benar.

Supaya air mengalir lebih lancar, buatlah sisi lubang pembuangan yang digunakan lebih rendah sedikit. Contohnya: lubang pembuangan sisi kanan yang akan dipakai, maka sisi kanan indoor AC harus lebih rendah sedikit dari sisi kiri.

Baca juga: Bagaimana Pemasangan AC Untuk Kamar Tidur yang Benar?

6. Saluran pembuangan tersumbat es

Untuk proses pendinginan, AC memakai bahan pendingin gas refrigerant (freon). Setiap AC juga memiliki takaran tekanan freon berbeda-beda, biasanya sesuai dengan besar kecilnya kapasitas (PK) AC tersebut.

Apabila tekanan freon ini tidak sesuai, misalnya kurang dari yang seharusnya, maka akan terjadi bunga es.

Jika dibiarkan, bunga es ini lama kelamaan menumpuk dan menjadi es yang akhirnya menyumbat saluran pembuangan. Alhasil, AC bocor air kemudian juga kurang dingin.

Bunga es terjadi apabila tekanan freon berada dikisaran tekanan 30-50 PSI untuk jenis refrigerant R22.

Solusinya..
Untuk langkah perbaikannya harus dipastikan dulu apakah freon berkurang tersebut karena masih wajar, atau karena ada kebocoran.

Jika ada kebocoran freon, maka di cari dulu di mana titik bocornya, lalu diperbaiki kemudian baru bisa di isi freon kembali.

Akan tetapi, jika berkurangnya ini masih dalam batas wajar, bisa langsung dilakukan penambahan gas refrigerant.

Baca juga: Penyebab Indoor AC Keluar Bunga Es, Berikut Solusinya!

Bolehkah AC bocor tetap dinyalakan?

Dalam hal ini harus dilihat seberapa parah bocor air pada AC tersebut. Jika bocornya hanya berupa tetesan kecil, tidak mengapa jika AC tetap dinyalakan.

Namun, jika bocornya sudah parah dan sampai mengenang di lantai, kami lebih menyarankan jangan dinyalakan terlebih dulu, dan segera lakukan tindak perbaikan.

Karena dikwatirkan hal ini menyebabkan konsleting di unit indoor, dan malah memperparah kerusakan AC tersebut.

Resiko tetap menyalakan AC yang bocor air

Apabila tetap ingin menyalakan AC yang masih dalam kondisi bocor, maka ada beberapa resiko yang harus ditanggung, yakni:

  • Tembok dinding basah
  • Wallpaper dinding bisa rusak
  • Lantai jadi becek dan banyak genangan air
  • Gorden jendela basah
  • Lebih parahnya lagi, mengakibatkan konsleting di unit indoor jika bocornya sudah parah

Baca juga: AC Tidak Dingin Setelah di Service, Apa Penyebabnya?

Tips agar indoor AC tidak netes air

Agar AC di rumah tidak bocor, sebaiknya lakukan tips berikut ini:

1. Rawatlah AC Anda secara rutin yakni dengan melakukan servis setiap dua hingga tiga bulan sekali.

2. Pastikan pemasangan instalasi pembuangan AC dilakukan dengan benar.

3. Pastikan pemasangan unit indoor sejajar dan presisi, dan buatlah bagian lubang pembuangan sedikit lebih rendah.

4. Pilihlah vendor jasa servis atau pemasangan AC yang profesional dan berkompeten dibidangnya.

5. Pilihlah penyedia jasa servis dan pemasangan AC yang memberikan jaminan garansi, sehingga jika AC bocor setelah di servis Anda bisa klaim garansi tersebut tanpa harus keluar biaya lagi.

Di atas sudah kami sampaikan apa saja yang jadi penyebab AC bocor air, di mana ini bisa akibakan oleh beberapa faktor. Sehingga untuk memastikan bocor karena apa, tentu juga diperlukan pemeriksaan secara langsung.

Untuk diketahui juga, sebagai penyedia jasa profesional, kami juga melayani servis perbaikan AC termasuk untuk perbaikan AC bocor.

Tim kami sudah berkompeten di bidang mesin pendingin, dan sudah berpengalaman lebih dari ± 7 tahun. Sehingga Anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan jasa dari kami.

Selain itu, kami juga memberi jaminan garansi minimal 30 hari untuk semua layanan kami.

Jika berminat, bisa langsung hubungi kami melalui tombol chat WhatApps di bawah ini, ya!

Namun mohon maaf, untuk saat ini area kerja kami hanya melayani wilayah Jakarta Selatan saja. Sehingga untuk Anda yang tinggal di luar wilayah tersebut, masih belum bisa menggunakan layanan servis AC dari kami.

Share.
Rudhi Hadhi

Teknisi yang juga suka menulis di Internet. Semoga apa yang saya tulis di website ini bisa bermanfaat.

Leave A Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× Chat di WhatsApp
Exit mobile version