Tips Menggunakan AC Agar Hemat Listrik Paling Ampuh

Tips Menggunakan AC Agar Hemat Listrik – Rasanya tidak nyaman jika aktivitas kita sering didalam ruangan dan tidak memakai AC. Selain memberi kenyamanan sehingga kita betah berlama-lama didalam suatu ruangan, AC juga dikenal sebagai sirkulasi udara yang efektif sehingga udara yang kita hirup tetap bersih dan sehat.

Dibalik ia memberi kenyamanan, ada dampak yang sangat tidak kita sukai, yaitu banyaknya daya listrik yang dipakai. Sehingga ini akan membuat pengeluaran bulanan untuk membayar tagihan listrik cukup merogoh kocek yang cukup dalam.

Tips Menggunakan AC Agar Hemat Listrik

Namun sobat tenang saja, karena pada kesempatan ini saya akan mencoba berbagi tips menggunakan AC agar hemat listrik, yang tentukan ini akan sedikit menggurangi pengeluran sobat untuk membayar tagihan listrik setiap bulannya jika sobat benar-benar mengikuti tips berikut.

Tips Menggunakan AC Agar Hemat Listrik Paling Ampuh

1. Tentukan Ukuran AC Yang Sesuai Dengan Ruangan

Ukuran AC harus sesuai dengan ruangan yang akan dipasangin AC. Jangan sampai kapasitas AC terlalu kecil sehingga dingin tidak maximal, atau sebaliknya jika terlalu besar tentu daya listrik yang dibutuhkan akan semakin banyak.

Bagaimana caranya ? silahkan baca artikel : Tips Menghitung Kapasitas AC Ruangan Paling Jitu

2. Tempatkan AC Pada Ruangan Tertutup

Menempatkan AC pada ruangan tertutup juga merupakan salah satu langkah menghemat daya listrik untuk AC. Karena jika ditempatkan pada ruangan terbuka atau pintu yang sering terbuka akan membutuhkan kerja mesin cukup lama untuk bisa mendinginkan ruangan. Sehingga mesin tidak bisa stundby dan akan nyala terus tentu ini akan membutuhkan daya listrik yang lebik banyak.

Kecuali jika ruangan tersebut untuk tempat umum, seperti perkantoran pasti orang akan silih berganti yang datang dan pergi. Tentu ini sangat tidak mungkin jika sobat ingin menghemat listrik pada AC tersebut.

3. Setting Suhu Temperature Sesuai Kebutuhan

Standart setting suhu pada remote adalah 20”C, karena jika terlalu tinggi bisa membuat mesin cepat mati / stundby. Sehingga kompresor juga akan lebih sering start, tentu pada saat start inilah yang membutuhkan daya listrik yang lebih daripada saat mesin nyala terus.

Namun ini bukan berarti sobat tidak boleh mengatur suhu lebih rendah dibawah 20”C. Sobat bisa gunakan suhu yang paling rendah agar ruangan lebih cepat dingin, kemudian nanti jika dirasa sudah dingin sobat tinggal naikan suhu temperatur tersebut.

4. Bersihkan Filter Udara Seminggu Sekali

Saya sarankan sobat mencuci filter udara yang ada pada indoor seminggu sekali. Selain ini membantu agar AC tetap dingin dan hemat listrik, ini juga supaya udara pada ruangan tersebut tetap bersih dan sehat.

Caranya cukup mudah, sobat bisa buka cassing indoor bagian atas kemudian ambil filternya, lalu sobat cuci dengan sabun. Setelah bersih jangan lupa keringkan terlebih dahulu, baru kemudian sobat pasang kembali. Lebih jelaskan silahkan lihat gambar dibawah ini.

Buka Tutup Indoor AC

5. Lakukan Service Perawatan Tiga Bulan Sekali

Ini yang biasanya pengguna AC sepelekan atau selalu lupa. Mentang-mentang AC masih dingin tidak di service padahal sudah waktunya service perawatan. Selain mencegah kerusakan dini, membersihkan AC secara rutin juga dapat menghemat listrik. Pasalnya jika AC kotor maka kerja mesin akan menjadi berat dan membuat daya listrik yang dibutuhkan juga semakin tinggi.

Saya rekomendasikan untuk cuci AC jika untuk perumahan tempat tinggal 3 bulan sekali, sedangkan untuk perkantoran 2 bulan sekali. Namun jika tempat AC memungkinkan cepat kotor misalnya di pinggir jalan, sebainya 2 bulan sekali untuk rumah dan 1 bulan sekali untuk kantor.

Jangan lupa sobat baca juga : Mengapa AC Harus di Service Padahal Masih Dingin

6. Jangan Merokok di Ruangan Yang Menggunakan AC

Merokok pada ruangan yang menggunakan AC, dan pada saat itu juga AC sedang dinyalakan dapat membuat AC cepat kotor. Sehingga jika AC tersebut kotor bisa membutuhkan daya listrik yang lebih banyak. Selain itu juga dapat mencemari udara yang sobat hirup. Oleh sebab itu hindari merokok pada saat AC dinyalakan supaya sobat bisa lebih hemat listrik untuk AC.

7. Gunakan AC Sesuai Kebutuhan

Maksudnya yaitu nyalakan AC jika sobat memang berada pada ruangan tersebut dan pintu sobat tutup rapat, jangan sampai AC dibiarkan nyala pada saat sobat tidak ada di ruangan tersebut. Oleh kerena itu pastikan semua AC begitu juga peralatan elektronik sobat dimatikan semua jika ingin bepergian keluar rumah.

Oke sobat, itulah sedikit tips menggunakan AC agar hemat listrik yang bisa sobat coba. Pada dasarnya AC membutuhkan daya lisrtik yang tinggi itu pada saat start saja, nanti kalau sudah berjalan beberapa menit akan turun daya yang dibutuhkan.

Sekarang juga banyak dipasaran AC yang menggunakan teknologi low watt atau inverter, sobat bisa baca artikel tentang kekurangan dan kelebihan AC inverter jika berniat untuk membeli AC tersebut.

Sekian dulu artikel kali ini, jangan lupa share jika menurut sobat bermanfaat. Jangan sungkan-sungkan juga untuk meninggalkan komentar dibawah jika ada yang belum sobat mengerti.

Leave a Reply