Tips Cara Merawat Kulkas Supaya Awet

cara merawat kulkas

Pada artikel kali ini saya akan mencoba berbagi tips cara merawat kulkas supaya awet dan mencegah kerusakan dini. Sehingga di harapkan lemari es tersebut bisa bertahan lebih lama.

Mesin pendingin jenis lemari es / kulkas memang sudah tidak asing di kalangan masyarakat. Terutama bagi mereka yang mempunyai usaha warung, toko, restaurant, dan sejenisnya. Karena alat elektronik satu ini memudahkan setiap penggunanya untuk menyimpan bahan makanan atau minuman supaya tetap bisa di gunakan untuk beberapa hari ke depan.

Lemari pendingin ini termasuk jenis peralatan elektronik rumah tangga (Home Appliance), yang mana memliki fungsi untuk memperlambat datangnya bakteri atau pembusukan ke dalam suatu bahan makanan dan minuman yang kita simpan. ( baca : review lemari es dua pintu dengan ornamen motif bunga )

Untuk cara perawatan nya cukup mudah, maka mari kita simak beberapa tips berikut ini.

Cara Merawat Kulkas Agar Awet dan Tahan Lama

  1. Jaga Kebersihan Kulkas

Usahakan selalu menjaga kebersihan kulkas dengan cara membersihkan minimal satu bulan sekali baik di dalam body atau di luar body kulkas, guna untuk mencegah kulkas berkarat. Dengan begitu, maka daya tahan kulkas terhadap waktu dan cuaca akan selalu terjaga.

  1. Jangan Pernah Menusuk Body Dalam Kulkas dengan Benda Tajam

Apabila anda menggunakan kulkas 1 pintu, jangan sekali-kali membersihkan bunga/gumpalan es yang ada di dalam freezer dengan benda tajam. Karena dapat mengakibatkan kebocoran pada bagian evaporator (bocor freon). Untuk hal ini anda cukup mencabut power kulkas dan diamkan beberapa menit tunggu sampai bunga-bunga es tersebut mencair, kemudian silahkan anda bersihkan sisa kotoran yang ada menggunakan lap bersih, setelah selesai anda bisa mencolokkan power pada stop kontak listrik kembali.

  1. Gunakan Stapol (Stabilizer)

Usahakan menggunakan stapol / stabilizer, hal ini untuk mengantisipasi apabila terjadi tegangan tinggi atau tegangan rendah. Sehingga arus listrik yang masuk ke dalam mesin tetap dalam tegangan 220 Volt. Jika mesin kompresor mendapat aliran listrik yang tidak normal, tentu bisa mempercepat daya kekuatan dari kompresor tersebut melemah. ( baca : Inilah yang menyebabkan kulkas tidak dingin )

  1. Cabutlah Power Kulkas saat Terjadi Pemadaman Listrik

Biasanya apabila terjadi pemadaman listrik, dan pada saat listrik nyala kembali ini terjadi tegangan tinggi. Maka usahakan mencabut power kulkas guna menghindari terjadinya tegangan tinggi setelah listrik di nyalakan kembali tersebut.

Mungkin cukup sekian artikel tentang tips cara merawat kulkas supaya awet dari kami. Semoga apa yang kami bagikan di atas, bisa dengan mudah anda paham dan praktikan. Tidak ada salahnya jika anda sudi untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman di media sosial anda.
Terima Kasih

2 Comments

  1. Rina
  2. Sanken elektronik

Leave a Reply