Penyebab Pompa Air Mati Total, Simak Cara Mengatasinya Berikut Ini

Kerusakan pompa air mati total bukan perkara yang baru. Hal ini wajar dan sering kita temui pada semua jenis mesin air, baik pompa air jet pump, non jet pump dan juga pompa pendorong. Ada banyak sebab yang mengakibatkan hal ini terjadi, namun pada tulisan kali ini saya ingin mencoba menjabarkan beberapa khasus umum yang membuat sebuah mesin pompa air mati total.

Kita tahu untuk jenis pompa air dalam skala rumahan memakai daya listrik sebagai sumber tenaga. Dalam khasus ini, yang dimaksud mati total adalah pompa air tidak mau hidup sama sekali walaupun kabel power sudah kita colokan ke listrik. Lain halnya jika pompa air mati hidup, yang artinya mau hidup tapi sebentar mati, dan begitu seterusnya. Baca juga : Penyebab Pompa Air Sering Mati Hidup Sendiri.

Untuk melakukan perbaikan pun harus sesuai dengan apa gejalanya. Oleh sebab itu, wajib bagi kita mengetahui apa penyebab pompa air mati total terlebih dahulu. Dengan seperti itu, tentu ini dapat memudahkan kita untuk memeriksanya lebih lanjut. dan yang terpenting, supaya tidak salah dalam mengambil tindakan, yang mana malah membuat pompa air rusak lebih parah.

Tentu Anda pun hal yang demikian tidak ingin terjadi bukan ?. Karena jika kerusakan semakin parah, biaya yang Anda keluarkan juga semakin banyak. Oleh karenanya, berikut beberapa penyebab kenapa mesin pompa air mati total dan solusi untuk mengatasinya.

MOTOR DINAMO POMPA AIR TERBAKAR

Bukan tanpa sebab motor dinamo bisa terbakar, hal ini biasa terjadi disebabkan karena pompa air terkena air ( terendam ) setelah hujan deras. Penyebab lainnya yaitu karena konsleting listrik, pengaruh tagangan tinggi atau rendah. Ciri ciri yang sangat mudah kita kenali apabila dinamo pompa air terbakar yaitu tercium bau gosong, atau terdapat bekas terbakar pada dinamo tersebut.

Tanda lainnya apabila pompa air kita colokan ke listrik maka panel MCB listrik akan turun atau anjlok. Selain itu, kita juga bisa memeriksanya dengan bantuan alat multi tester. Caranya, silahkan simak berikut ini.

  • Posisikan range multi tester pada posisi oHm ( Ω ).
  • Tempelkan salah satu kabel dari multi tester ke kabel power pompa air ( boleh bergantian antara kabel yang ( + ) dan ( – ), kemudian kabel yang satunya ke body mesin pompa air tersebut ).
  • Perhatikan jarum pada display multi tester, apabila ada pergerakan naik atau saling berhubungan, itu berarti dinamo pompa air tersebut terbakar. Apabila tidak, maka artinya sebaliknya.

Solusi…
Untuk memperbaiki motor dinamo yang sudah terbakar tidak ada cara lain selain harus gulung dinamo ulang. Sayangnya tidak semua orang bisa mengerjakan hal ini, jadi kita bisa membawa mesin air tersebut ke tempat tukang gulung dinamo.

KAPASITOR MATI

Penyebab pompa air mati total selanjutnya adalah kapasitor lemah atau mati. Kapasitor di sini berperan sebagai alat tempat penyimpanan arus listrik yang bersifat sementara. Fungsinya, untuk menggerakkan motor dinamo saat pertama kali dinyalakan. Jadi, kurang lebih tidak jauh beda dengan kapasitor pada umumnya, seperti misalnya pada AC juga terdapat kapasitor. Baca juga : Pengertian dan Fungsi Kapasitor Pada AC Split.

Untuk memeriksa kapasitor kita juga bisa menggunakan bantuan multi tester. Hal ini bertujuan untuk mengetahui berapa ukuran mikro fared ( uF ) pada kapasitor tersebut. Bagaimana caranya ? silahkan simak langkah-langkah berikut ini.

  • Siapkan alat multi tester ( disarankan menggunakan multi tester digital yang sudah dilengkapi range untuk satuan uF )
  • Silahkan pilih range satuan mikro fared ( uF ) pada multi tester.
  • Tempelkan kabel dari multi tester ke salah satu socket pada kapasitor, dan begitu juga kabel yang satunya ke socket kapasitor yang satunya lagi.
  • Perhatikan berapa nilai ukuran kapasitor pada display multi tester. Apakah sesuai dengan nilai ukuran dari kapasitor tersebut, atau malah lebih rendah.

Catatan : Jika tidak ada multi tester digital dengan range uF, kita juga bisa menggunakan multi tester model analog dengan memanfaatkan oHm ( Ω ). Kemudian kita lihat apakah saling berhubungan atau tidak.

Solusi…
Apabila sudah ketahuan bahwa kapasitor tersebut mati atau lemah, untuk solusinya kita bisa menggantinya dengan yang baru. Kita bisa beli di toko yang menjual spare part mesin pompa air, dan tentunya ukuran kapasitor harus yang sesuai dengan yang kita ganti.

KABEL POWER / KELISTRIKAN PADA POMPA AIR PUTUS

Tidak ada yang tidak mungkin dalam dunia elektronik, salah satunya kabel putus. Penyebabnya bisa karena di makan tikus, atau ke makan usia karena sering terkena hujan dan panas. Dalam hal ini kita memang harus teliti betul dalam memeriksanya. Kalau dari pengalaman saya yang paling sering disebabkan oleh tikus yang kurang ajar, dan juga karena terjadi konsleting listrik. Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk menggunakan kualitas kabel yang terbaik.

Solusi…

Sebelumnya kita harus pastikan terlebih dahulu di mana posisi pas nya kabel tersebut putus. Caranya ya dengan mengurutkan kabel satu per satu. Sedangkan jika sudah ketemu, kita bisa menyambungnya lagi dan jangan lupa untuk menutup bekas sambungannya kembali menggunakan isolasi. Atau jika tidak mau repot mengurutkan kabel, dan ternyata kualitas kabel tersebut kurang bagus, kita juga bisa menggantinya dengan kabel baru atau membuat instalasi baru.

OTOMATIS POMPA AIR RUSAK

Pompa air Anda menggunakan otomatis yang menempel pada mesin, atau juga radar yang ada di atas penampungan air. Jika otomatis tersebut rusak juga bisa mengakibatkan mesin pompa air mati total. Misalnya saja sudah tidak bisa connect karena karat atau masalah lainnya.

Kita bisa melepas otomatis tersebut sementara, kemudian kita coba colokan kabel power mesin pompa air ke listrik. Nah, mesin mau hidup apa tidak, kalau ternyata mau hidup berarti otomatis nya yang rusak.

Solusi…
Untuk sementara waktu kita bisa melangsungkan pompa air tersebut tanpa otomatis. Dengan syarat, setelah kita selesai memakai air kita harus mencabut colokan pompa air. Namun, jika hal tersebut menyusahkan Anda karena harus colok cabut setiap mau memakai air, Anda juga bisa mengganti otomatis tersebut dengan yang baru.

Apabila masalah belum juga selesai, dan kebetulan Anda juga tinggal di Jakarta Selatan, Anda bisa minta bantuan dari tim Duta Jaya Technic untuk memperbaikinya. Silahkan hubungi kami melalui halaman layanan jasa service pompa air pada website ini.

Jangan lupa share pengalaman Anda dalam mengatasi pompa air mati total, atau mungkin ada hal yang ingin Anda tanyakan lewat kolom komentar di bawah. Anda juga bisa membagikan tulisan ini ke teman, kerabat atau saudara melalui tombol share sosial media yang tersedia. Selanjutnya silahkan baca kabar unik tentang : EntroSys Motorcycle Air Conditioning, AC Untuk Sepeda Motor.

Leave a Reply