Penyebab Mesin Pompa Air Mati Hidup dan Cepat Panas

Penyebab Mesin Pompa Air Mati Hidup – Seperti yang sudah kita ketahui, salah satu kebutuhan alat elektronik rumah tangga adalah mesin air. Alat ini mempunyai peranan sangat penting dalam kebutuhan hidup kita setiap hari. Khususnya dalam hal kebersihan dan untuk kebutuhan minum setiap hari.

Baca juga : Mengatasi AC Yang Sering Mati Hidup

Namun, apa bisa anda bayangkan jika ternya mesin tersebut rusak. Tentu ini akan menjadi masalah yang sangat menjengkelkan bukan. Mau mandi tidak ada air, mau mencuci pakai air tidak ada, mau masak juga seperti itu. Maka karenanya, pompa air masuk dalam ketegori kebutuhan alat elektronik sekunder. Artinya harus terpenuhi demi kenyamanan hidup kita setiap hari.

Penyebab Mesin Pompa Air Mati Hidup

Kerusakan mesin pompa air sering mati hidup biasanya di sebabkan oleh berberapa faktor, dan gejala-gejala tertentu. Untuk mengetahui hal tersebut, maka di kesempatan yang berhagia ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang penyebab mesin pompa air mati hidup. Apa saja faktor tersebut, silahkan baca artikel ini sampai habis.

Otomatis Rusak

Jika otomatis ini rusak, maka pompa air anda akan sering mati hidup. Kerusakannya biasanya tidak bisa di setting pada pressure switch. Hal tersebut menyebabkan setrum listrik kadang masuk ke mesin kadang tidak, sehingga pompa air anda mati hidup. Selain itu juga bisa listrik tidak masuk sama sekali. Sehingga mesin air mati tidak nyala sama sekali. Jika memang seperti itu, solusi terbaik yaitu anda ganti otomatis tersebut dengan yang baru.

Lubang Keran Air Terlalu Kecil

Tekanan air sangat kencang, tetapi lubang keran untuk keluar air terlalu kecil. Hal ini juga menjadi faktor penyebab mesin pompa air mati hidup. Biasanya lubang keran ini terlalu kecil karena di dalamnya terdapat filter. Sebaiknya anda ganti dengan keran yang mempunyai lubangnya cukup besar. Kalau anda tidak ingin mengeluarkan biaya untuk membeli keran. Anda bisa cukup dengan melepas filter tersebut.

Masalahnya bagaimana jika hal tersebut disebabkan oleh keran shower untuk mandi ? Jika demikian, anda tambahkan saja tusen klep pada pompa air anda. Tepatnya berapa di pipa air yang mau keluar dari pompa tersebut. Sehingga air yang keluar akan selalu stabil dan pompa air anda tidak mati hidup lagi.

Terjadi Kebocoran Pada Pipa Instalasi

Salah satu faktor mesin jet pump anda mati hidup berikutnya adalah pipa instalasi air di tempat anda bocor. Akibatnya air selalu keluar tidak stabil. Masalah ini hampir sama dengan point ke dua. Solusinya harus di cari titik kebocorannya dimana, kemudian di perbaiki. Namun masalahnya mencari kebocoran pada instalasi yang telah terpasang rapi itu tidak gampang. Sehingga saya menyarankan untuk memakai tusen klep saja, untuk menstabilkan keluarnya air.

Ukuran Pompa Air Tidak Sesuai Dengan Pipa Instalasi

Hal ini biasanya sering terjadi pada pompa air pendorong. Jika ukuran mesin air anda terlalu besar maka ini juga dapat membuat pompa air anda mati hidup. Katakanlah anda memakai mesin pendorong air 450 Watt, namun hanya di gunakan untuk sebuah rumah yang kecil. Tentu ini tekanan air tersebut menjadi kencang, namun di sisi lain pompa air tersebut akan mati hidup.

Oleh karena tersebut, kita harus benar pastikan bahwa ukuran pompa air sesuai dengan instalasi di tempat kita. Supaya kita tidak bolak-balik dan yang pasti agar kita tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya. Karena jika mesin air sudah kita beli, tentu kita tidak bisa mengembalikan atau menukarnya ke toko lagi.

Keran Air Tidak Terbuka Penuh

Apabila tekanan air memang kencang, maka keran air yang hanya terbuka setengah juga bisa menyebabkan mesin mati hidup. Ini disebakan karena air tidak stabil. Kecuali jika memang tekanan air yang keluar kecil. Jadi saya usahakan keran air selalu terbuka penuh jika anda hendak memakai air.

Itulah beberapa point penting yang biasa sering kita temui di lapangan. Khususnya untuk masalah kerusakan pada mesin air. Kemudian masalah apa yang timbul jika kita membiarkan kerusakan-kerusakan tersebut. Tentu ini sangat tidak baik, yaitu mesin air bisa menjadi cepat panas, juga bisa menyebabkan gulungan terbakar.

Jika sudah seperti itu, tentu anda akan mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk memperbaikinya. Oleh karena itu, jika anda sudah tahu penyebab-penyebabnya silahkan segera untuk memperbaikinya. Untuk rekomendasi saja, jika anda kebetulan tinggal di daerah Jakarta Selatan atau sekitarnya, dan membutuhkan jasa service pompa air yang profesional, anda bisa menggunakan jasa dari Duta Jaya Technic. Info selanjutnya anda bisa hubungi melalui halaman kontak kami.

Sekian dulu artikel dari saya, semoga bermanfaat apa yang telah saya sampaikan itu tadi. Semoga dengan anda mengetahui penyebab mesin pompa air mati hidup di atas, anda bisa memperbaikinya lebih dini. Jika anda suka dengan artikel ini, tidak ada salahnya untuk anda share ke teman-teman sosial media anda. Dan untuk update artikel terbaru dari kami, anda bisa berlangganan langsung via email.

Leave a Reply